Memahami Persamaan Linear Dan Pertidaksamaan Linear

Selamat datang bagi teman - teman di Materi Matematika, Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan teman teman di manapun kalian berada, tentang materi pelajaran matematika yang kami beri judul Memahami Persamaan Linear Dan Pertidaksamaan Linear, Semoga pembahasan yang kami tulis ini dapat menjadi acuan kalian semua dalam belajar Matematika .

Hubungan antar garis limit fungsi bunga pertumbuhan dan peluruhan bilangan bulat berpangkat barisan deret bangun datar ruang sisi lengkung bola cos kombinasi contoh soal yang cocok untuk pendekatan scientific open ended tes cerdas cermat statistika counting sin tan cacah model pembelajaran jigsaw pbl cerita tentang cosinus sbmptn dimensi tiga. Namun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Memahami Persamaan Linear Dan Pertidaksamaan Linear

lihat juga


Memahami Persamaan Linear Dan Pertidaksamaan Linear

Persamaan Linear Dan Pertidaksamaan Linear

A. Persamaan linear 
Persamaan linear merupakan suatu persamaan polynomial yang memiliki pangkat tertinggi satu dan apabila digambarkan pada bidang cartesius akan membentuk garis lurus. Persamaan linear ada yang memiliki satu variabel, dua variabel, atau tiga variabel hingga n variabel.

Persamaan linear satu variabel dapat didefinisikan sebagai berikut :
“Persamaan berbentuk ax + b = 0 dengan a, b є R dan a ≠ 0 dan x adalah variabel real, a adalah koefisien x dan b konstanta.

Contoh : 2x + 4 = 0 

Persamaan linear dua variabel adalah persamaan berbentuk ax + by + c = 0 dengan a, b, c є R, a dan b tidak keduanya nol dimana x, y variabel real. A adalah koefisien x, b adalah koefisien y dan c adalah konstanta.

Contoh yang lainnya

Dalam persamaan linear baik itu persamaan linear satu variabel ataupun dua variabel memiliki beberapa sifat sebagai berikut : 

a. Penambahan dan pengurangan bilangan di kedua ruas persamaan linear tidak mengubah solusi persamaan tersebut. 

b. Perkalian bilangan tidak nol di kedua ruas pada persamaan l tidak mengubah solusi persamaan tersebut.
Pada persamaan linear himpunan penyelesaiannya adalah himpunan semua pasangan (x, y) yang memenuhi persamaan linear tersebut.

B. Pertidaksamaan Linear
Pertidaksamaan Linear hampir sama dengan persamaan linear. Pada pertidaksamaan linear juga terdapat pertidaksamaan linear satu variabel dan pertidaksamaan dua variabel dan n variabel.

 Pertidaksamaan linear satu variabel dapat dinyatakan dengan bentuk sebagai berikut :
ax + b < 0    atau   ax + b > 0    atau   ax +b ≤ 0  atau ax + b ≥ 0 dengan a adalah koefisien x, a ≠ 0 dan a є R, b adalah konstanta dan x adalah variabel real.

Pertidaksamaan linear dua variabel dapat dinyatakan dengan bentuk sebagai berikut :
ax + by + c < 0    atau   ax + by + c > 0    atau   ax + by + c  ≤ 0  atau ax + by +c ≥ 0 dengan a adalah koefisien x, b koefisien y,  a ≠ 0 dan a є R, c adalah konstanta dan x, y adalah variabel real.

Pada pertidaksamaan linear terdapat beberapa ciri-ciri sebagai berikut : 

a. Penambahan dan pengurangan bilangan di kedua ruas pertidaksamaan k, tidak mengubah solusi persamaan. 

b. Perkalian bilangan tidak nol di kedua ruas pada pertidaksamaan linear tidak mengubah solusi persamaan tersebut. 

Grafik persamaan linear satu variabel adalah sebuah garis lurus yang horizontal atau vertikal. Sedangkan grafik persamaan linear dua variabel adalah sebuah garis lurus yang mungkin memotong sumbu x dan sumbu y atau tidak memotong sumbu x tetapi memotong sumbu y atau hanya memotong sumbu y.
Blogger
Disqus

No comments