Rangkuman Materi Cara Mengubah Bilangan Pecahan Biasa Menjadi Bilangan Pecahan Campuran Lengkap

Selamat datang bagi teman - teman di Materi Matematika, Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan teman teman di manapun kalian berada, tentang materi pelajaran matematika yang kami beri judul Rangkuman Materi Cara Mengubah Bilangan Pecahan Biasa Menjadi Bilangan Pecahan Campuran Lengkap, Semoga pembahasan yang kami tulis ini dapat menjadi acuan kalian semua dalam belajar Matematika .

Hubungan antar garis limit fungsi bunga pertumbuhan dan peluruhan bilangan bulat berpangkat barisan deret bangun datar ruang sisi lengkung bola cos kombinasi contoh soal yang cocok untuk pendekatan scientific open ended tes cerdas cermat statistika counting sin tan cacah model pembelajaran jigsaw pbl cerita tentang cosinus sbmptn dimensi tiga. Namun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Rangkuman Materi Cara Mengubah Bilangan Pecahan Biasa Menjadi Bilangan Pecahan Campuran Lengkap

lihat juga


Rangkuman Materi Cara Mengubah Bilangan Pecahan Biasa Menjadi Bilangan Pecahan Campuran Lengkap

Cara Mengubah Bilangan Pecahan Biasa Menjadi Bilangan Pecahan CampuranPecahan biasa merupakan bentuk pecahan murni atau bilangan yang lebih kecil dari angka satu, sedangkan pecahan campuran merupakan gabungan dari bilangan bulat dan bilangan pecahan.
Jadi untuk mengubah pecahan biasa ke bentuk pecahan campuran kita harus melalui beberapa tahap. Yang perlu diketahui dalam mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran hanya bisa di lakukan ketika suatu pecahan biasa pembilangnya lebih besar dari penyebutnya, karna jika penyebutnya lebih besar maka pecahan tersebut tidak dapat di ubah ke dalam bentuk campuran.
Untuk lebih jelasnya perhatikan pembahasan soal di bawah ini,
Contoh :
Ubahlah bilangan bilangan berikut ke dalam bentuk pecahan campuran :
a. 17 /3
b. 34/5
Penyelesaian :
a. Untuk mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran kita bisa mengerjakannya melalui dua cara,

cara yang pertama:
Kalian harus mencari kelipatan dari bilangan penyebut yang mendekati pembilang dan tidak boleh lebih dari jumlah pembilang.
17 /3 = ?
kelipatan angka 3 (penyebut) yang mendekati 17 dan tidak boleh lebih dari 17 yaitu 15, maka :
17/3 = 15/3 + 2/3 (angka 2 diperoleh dari sisa pembilang dikurang kelipatan penyebut)
17/3 = 5 + 2/3 (angka 5 diperoleh dari hasil kelipatan yang mendekati pembilang dibagi penyebut)
17/3 = 5 2/3
jadi, pecahan campurannya adalah 5 2/3

cara kedua :
cara yang kedua yaitu dengan membagi pembilang dengan penuyebut kemudian mencari sisanya, kemudian sisa pembagian tersebut dituliskan dalam bentuk pecahan dengan penyebut yang sama, kemudian sisanya kita tulis ke dalam bentuk pecahan.
17/3 = 5 + 2/3
        = 5 2/3
Jadi pecahan campurannya adalah 5 2/3

Cara Mudah Mengubah Pecahan Campuran Menjadi Pecahan Biasa
Untuk mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa caranya lebih mudah karena kita cukup mengalikan bilangan bulat yang ada dengan penyebut kemudian ditambah dengan pembilang.
Rumus :
Rumus Pecahan Campuran Menjadi Pecahan Biasa
Contoh penggunaan rumus diatas :
Penggunaan Rumus
Semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus

No comments