Rangkuman Materi Segitiga - Segitiga Yang Sebangun Lengkap

Selamat datang bagi teman - teman di Materi Matematika, Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan teman teman di manapun kalian berada, tentang materi pelajaran matematika yang kami beri judul Rangkuman Materi Segitiga - Segitiga Yang Sebangun Lengkap, Semoga pembahasan yang kami tulis ini dapat menjadi acuan kalian semua dalam belajar Matematika .

Hubungan antar garis limit fungsi bunga pertumbuhan dan peluruhan bilangan bulat berpangkat barisan deret bangun datar ruang sisi lengkung bola cos kombinasi contoh soal yang cocok untuk pendekatan scientific open ended tes cerdas cermat statistika counting sin tan cacah model pembelajaran jigsaw pbl cerita tentang cosinus sbmptn dimensi tiga. Namun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Rangkuman Materi Segitiga - Segitiga Yang Sebangun Lengkap

lihat juga


Rangkuman Materi Segitiga - Segitiga Yang Sebangun Lengkap

Segitiga - Segitiga Yang Sebangun - Dalam artikel sebelumnya telah dijelaskan materi mengenai Kesebangunan Pada Bangun Datar. Pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai kesebangunan pada segitiga dilengkapi dengan penjelasan mengenai syarat segitiga - segitiga yang sebangun. Untuk lebih jelasnya perhatikan baik - baik penjelasan materi berikut ini.

Syarat Segitiga - Segitiga yang Sebangun

Perhatikan baik - baik dua buah gambar segitiga berikut ini :

Syarat Segitiga - Segitiga yang Sebangun
Pada segitiga ABC dan DEF di atas, perbandingan antara sisi - sisi yang bersesuaian pada kedua segitiga tersebut dapat diuraikan sebagai berikut :
DE / AB = 4 / 8 = 1 / 2
EF / BC = 3 / 6 = 1 / 2
DF / AC = 5 / 10 = 1 / 2

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa AB / DE = BC / EF = AC / DF = 1 / 2

Jika kalian melakukan pengukuran pada sudut - sudut yang bersesuaian pada kedua segitiga tersebut, maka kalian akan menemukan bahwa :
Sudut A = Sudut D
Sudut B = Sudut E
Sudut C = Sudut F

Kesimpulannya, kesebangunan dari kedua buah segitiga dapat diketahui dengan mencari atau membuktikan bahwa perbandingan antara panjang sisi - sisi yang bersesuaian memiliki nilai yang sama.

Perhatikan gambar segitiga siku - siku di bawah ini :

Syarat Segitiga - Segitiga yang Sebangun
Pada segitiga siku - siku ABC dan DEF di atas, kita melihat bahwa Sudut A = Sudut D yaitu 900
Sedangkan Sudut B = Sudut E yaitu 600. Oleh karena itu, kita bisa menghitung sudut C dan sudut F dengan melakukan perhitungan :
Sudut C = Sudut F = 1800 - 900 - 600 = 300

Jika kita melakukan pengukuran terhadap panjang sisi - sisi yang ada pada kedua segitiga tersebut, maka hasil perbandingannya adalah :
AB / DE = BC / EF = AC / DF

Karena pada segitiga siku - siku ABC dan DEF panjang sisi - sisi yang bersesuaiannya juga memiliki ukuran yang sama besar, sehingga kesimpulannya segitiga ABC sebangun dengan segitiga DEF.

Maka dapat disimpulkan bahwa kesebangunan dari dua buah segitiga bisa diketahui dengan cara menunjukkan bahwa sudut - sudut yang bersesuaian diantara dua buah segitiga tersebut memiliki nilai yang sama besar. Sehingga, syarat aar dua buah segitiga bisa dikatakan sebangun adalah :

1. Perbandingan panjang sisi yang bersesuaian senilai
2. Dua pasang sudut yang bersesuaian sama besar.

Cukup sekian penjelasan materi mengenai Segitiga - Segitiga Yang Sebangun dan syaratt - syarat yang harus dipenuhi agar dua buah segitiga bisa dikatakan sebangun. Semoga kalian bisa memahami penjelasan materi di atas dengan mudah. Selamat belajar.
Blogger
Disqus

No comments