Rangkuman Materi Pengertian Relasi Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal Matematika SMP Kelas 8 Lengkap

Selamat datang bagi teman - teman di Materi Matematika, Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan teman teman di manapun kalian berada, tentang materi pelajaran matematika yang kami beri judul Rangkuman Materi Pengertian Relasi Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal Matematika SMP Kelas 8 Lengkap, Semoga pembahasan yang kami tulis ini dapat menjadi acuan kalian semua dalam belajar Matematika .

Hubungan antar garis limit fungsi bunga pertumbuhan dan peluruhan bilangan bulat berpangkat barisan deret bangun datar ruang sisi lengkung bola cos kombinasi contoh soal yang cocok untuk pendekatan scientific open ended tes cerdas cermat statistika counting sin tan cacah model pembelajaran jigsaw pbl cerita tentang cosinus sbmptn dimensi tiga. Namun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Rangkuman Materi Pengertian Relasi Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal Matematika SMP Kelas 8 Lengkap

lihat juga


Rangkuman Materi Pengertian Relasi Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal Matematika SMP Kelas 8 Lengkap

Dalam artikel sebelumnya telah dijelaskan materi mengenai Pengertian dan Contoh Himpunan Bagian. Maka pada artikel kali ini akan dilanjutkan dengan membahas materi tentang Pengertian Relasi Dilengkapi dengan Pembahasan Contoh Soal. Materi ini dipelajari ditingkat SMP yaitu kelas 8. Untuk memahami materi ini, perhatikan baik - baik penjelasan dan contoh soal di bawah ini.


Pengertian Relasi Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal Matematika SMP Kelas 8


Pengertian Relasi dan Cara Penyajiannya

Pengertian relasi

Dalam matematika, relasi merupakan sebuah pernyataan yang menentukan hubungan antara dua buah himpunan. Contoh, hubungan antara siswa dengan mata pelajaran yang mereka sukai atau hubungan antara siswa dengan warna kesukaannya.

Di bawah ini merupakan contoh soal dari relasi :
Tentukan relasi yang bisa menjadi penghubung antara himpunan A dan B berikut ini :
A = {1, 2, 3, 4, 5} dan  B = {1, 4, 9, 16, 25}

Penyelesaian :
Dari contoh soal di atas kita bisa menyimpulkan bahwa relasi yang bisa menghubungkan anggota himpunan A dengan anggota himpunan B adalah "akar dari" dengan uraian sebagai berikut :

1 merupakan akar dari 1
2 merupakan akar dari 4
3 merupakan akar dari 9
4 merupakan akar dari 16
5 merupakan akar dari 25


Cara Penyajian Relasi Matematika

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menggambarkan relasi, yaitu pertama dengan menggunakan diagram panah kemudian dengan menggunakan diagram kartesius dan yang terakhir dengan himpunan pasangan berurutan.

1. Diagram panah

Misalkan sebagai contoh sekelompok anak dengan hobi mereka masing - masing. Mereka adalah Hasan, Maria, Joni, dan Zahra. Mereka sedang membicarakan tentang hobi mereka. Hasan menyebutkan hobinya membaca buku, Joni hobi membaca dan berolahraga, zahra hobi memasak, dan Maria tidak menyebutkan hobinya.
Dari contoh tersebut, Hasan, Maria, Joni, dan Zahra merupakan himpunan sekelompok anak yang kita anggap sebagai himpunan A. Sedangkan membaca, memasak, dan olahraga merupakan himpunan dari hobi mereka yang kita anggap sebagai himpunan B. Himpunan sekelompok anak tersebut memiliki hubungan dengan himpunan hobi mereka melalui kegiatan "kesukaan" yang mereka lakukan. Artinya, kata 'suka' merupakan relasi yang menjadi penghubung antara sekelompok anak dengan kegiatan tersebut.

Dari contoh di atas kita bisa menggambarkan relasinya dengan menggunakan diagram panah. Maka hasilnya seperti pada gambar di bawah ini :
Pengertian Relasi Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal Matematika SMP Kelas 8


2. Diagram Kartesius

Contoh Soal :
Gambarlah diagram kartesius dari himpunan bilangan A = {4, 5, 6, 7} dan himpunan bilangan B = {0, 1, 2, 3, 4, 5}. Jika relasi himpunan A ke himpunan B adalah "lebih dari"

Penyelesaian :
Diketahui :
A = {4, 5, 6, 7}
B = {0, 1, 2, 3, 4, 5}

Relasi himpunan A ke himpunan B yaitu "lebih dari". Jadi, diagram kartesiusnya adalah sebagai berikut :
Pengertian Relasi Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal Matematika SMP Kelas 8

3. Himpunan pasangan berurutan

Kita ambil contoh dari himpunan pada diagram panah di atas yaitu himpunan sekelompok anak dengan himpunan hobi mereka masing - masing. Pasangan berurutannya adalah :
{(Hasan membaca, (joni membaca dan olahraga), (zahra memasak)}

Demikianlah pembahasan materi mengenai Pengertian Relasi Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal Matematika SMP Kelas 8. Semoga kalian bisa memahami penjelasan materi dan contoh soal yang diberikan dengan baik sehingga artikel ini bisa membantu kalian dalam menyelesaikan soal - soal yang berkaitan dengan materi ini.
Blogger
Disqus

No comments