Rangkuman Materi Contoh Soal Matematika Mengenai Relasi Dan Cara Penyelesaiannya Lengkap

Selamat datang bagi teman - teman di Materi Matematika, Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan teman teman di manapun kalian berada, tentang materi pelajaran matematika yang kami beri judul Rangkuman Materi Contoh Soal Matematika Mengenai Relasi Dan Cara Penyelesaiannya Lengkap, Semoga pembahasan yang kami tulis ini dapat menjadi acuan kalian semua dalam belajar Matematika .

Hubungan antar garis limit fungsi bunga pertumbuhan dan peluruhan bilangan bulat berpangkat barisan deret bangun datar ruang sisi lengkung bola cos kombinasi contoh soal yang cocok untuk pendekatan scientific open ended tes cerdas cermat statistika counting sin tan cacah model pembelajaran jigsaw pbl cerita tentang cosinus sbmptn dimensi tiga. Namun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Rangkuman Materi Contoh Soal Matematika Mengenai Relasi Dan Cara Penyelesaiannya Lengkap

lihat juga


Rangkuman Materi Contoh Soal Matematika Mengenai Relasi Dan Cara Penyelesaiannya Lengkap

Contoh Soal Matematika Mengenai Relasi Dan Cara Penyelesaiannya - Dalam artikel sebelumnya telah dijelaskan materi mengenai Pengertian Relasi Matematika. Dimana definisi relasi merupakan suatu pernyataan yang menghubungkan dua buah himpunan. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa contoh soal yang bisa kalian pelajari dengan baik.

Contoh Soal Matematika Mengenai Relasi dan Cara Penyelesaiannya

Contoh Soal 1:
Disuatu sekolah, ada beberapa siswa yang tergolong nakal sehingga nama mereka telah tercatat di dalam buku catatan seorang guru bimbingan konseling. Mereka adalah Rudi, Heru, Panji, Heryu, dan Edwar. Masing - masing dari orang tua mereka adalah Sarto, Toni, Komar, Lutfi, dan Arya. Suatu hari orang tua dari kelima murid tersebut dipanggil oleh sekolah untuk membicarakan masalah yang ada pada siswa - siswa tersebut dan hanya ada empat orang tua yang hadir. Diketahui bahwa Rudi adalah anak dari Sarto, Heru anak dari Toni, Panji anak dari Komar, dan Heryu anak dari Lutfi.

a. Sebutkan relasi yang mungkin dari himpunan murid dan himpunan orang tua.
b. Dari relasi di atas, adakah orang tua dari murid tersebut yang tidak hadir?
c. Dari relasi di atas, adakah murid yang tidak bersama orang tuanya.

Penyelesaian :
a. Relasinya adalah "Anak dari"
b. Orang tu dari murid tersebut yang tidak hadir adalah Arya.
c. Murid yang tidak bersama orang tuanya adalah Edwar.

Contoh soal 2 :
Diketahui himpunan A = {1, 2, 3, 4} dan himpunn B = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}. Jika dari himpunan A ke himpunan B dihubungkan dengan relasi "setengah dari" maka tentukanlah anggota himpunan A yang mempunyai kawan pada himpunan B!

Penyelesaian :
Anggota himpunan A yang "setengah dari" anggota himpunan B adalah 1, 2, dan 3 karena 1 merupakan setengah dari 2, 2 setengah dari 4, dan 3 stengah dari 6.

Demikianlah pembahasan materi mengenai Contoh Soal Matematika Mengenai Relasi Dan Cara Penyelesaiannya. Semoga kalian bisa memahami contoh - contoh soal di atas sehingga artikel ini bisa membantu kalian dalam menyelesaikan soal - soal yng berkaitan dengan materi relasi.
Blogger
Disqus

No comments