Rangkuman Materi Cara Menyelesaikan Operasi Hitung Campuran Pada Bilangan Bulat Lengkap

Selamat datang bagi teman - teman di Materi Matematika, Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan teman teman di manapun kalian berada, tentang materi pelajaran matematika yang kami beri judul Rangkuman Materi Cara Menyelesaikan Operasi Hitung Campuran Pada Bilangan Bulat Lengkap, Semoga pembahasan yang kami tulis ini dapat menjadi acuan kalian semua dalam belajar Matematika .

Hubungan antar garis limit fungsi bunga pertumbuhan dan peluruhan bilangan bulat berpangkat barisan deret bangun datar ruang sisi lengkung bola cos kombinasi contoh soal yang cocok untuk pendekatan scientific open ended tes cerdas cermat statistika counting sin tan cacah model pembelajaran jigsaw pbl cerita tentang cosinus sbmptn dimensi tiga. Namun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Rangkuman Materi Cara Menyelesaikan Operasi Hitung Campuran Pada Bilangan Bulat Lengkap

lihat juga


Rangkuman Materi Cara Menyelesaikan Operasi Hitung Campuran Pada Bilangan Bulat Lengkap

Cara Menyelesaikan Operasi Hitung Campuran Pada Bilangan Bulat - Kesempatan kali ini, Belajar Matematikaku akan membahas materi mengenai operasi hitung campuran pada bilangan bulat. Materi ini seringkali muncul dalam soal - soal ujian baik ujian semester maupun ujian nasional (UN). Oleh karenanya, mempelajari dan memahami konsep operasi hitung campuran menjadi sangat penting untuk dipelajari. Dalam mengerjakan soal - soal materi seperti ini, kesalahan yang sering terjadi dilakukan oleh siswa adalah tidak mengetahui bagian mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Sebagai contoh :

Tentukan hasil dari (-8 + 12) x (-3 - 4) = ....
a. -4
b. -28
c. 12
d. -11

Dalam mengerjakan soal seperti di atas, terkadang masih saja ada kebingungan karena tidak mengetahui apakah harus menyelesaikan perkalian, penjumlahan, atau pengurangan terlebih dahulu. Hal pertama yang harus kalian perhatikan dalam menjawab bentuk soal seperti di atas adalah tanda kurung serta sifat - sifat operasi hitung bilangan bulat. Jika soal tersebut terdapat tanda kurung, maka operasi hitung yang ada dalam tanda kurung tersebut yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Akan tetapi, dalam beberapa soal kalian pasti menemukan operasi hitung campuran yang tidak diberi tanda kurung. Untuk memahami bentuk - bentuk soal seperti ini, perhatikan baik - baik penjelasan di bawah ini.

Sifat - Sifat Operasi Hitung pada Bilangan Bulat

1. Operasi penjumlahan ( + ) dan pengurangan ( - ) dianggap sama kuat, sehingga operasi yang terletak di sebelah kiri yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

Contoh :
(8 + 2) - 3 = 7
(5 - 3) + 6 = 8

2. Operasi perkalian ( x ) dan pembagian ( : ) dianggap sama kuat, artinya operasi yang terletak di sebelah kiri yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

Contoh :
(2 x 6) : 3 = 4
(8 : 4) x 5 = 10

3. Operasi perkalian ( x ) dan pembagian ( : ) posisinya lebih kuat dibandingkan operasi penjumlahan ( + ) dan pengurangan ( - ), sehingga operasi perkalian ( x ) dan pembagian ( : ) diselesaikan terlebih dahulu baru kemudian operasi penjumlahan ( + ) dan pengurangan ( - ).

Contoh :
15 + (8 x 3) = 15 + 24
                    = 39
18 - (5 x 3 : 5) + 7 = 18 - 3 + 7
                               = 22

Perhatikan contoh soal di bawah ini :
=> 23 x 5 + 9 : 3 = 118
=> 23 x (5 + 9) : 4 = 80,5
=> (23 x 5 + 9) : 4 = 31
=> 23 x (5 + 9 : 4) = 80,5

Dari contoh soal di atas, kita bisa melihat bahwa angka dan operasi hitungnya sama tetapi hasilnya berbeda. Hal ini dikarenakan hasil dari suatu operasi hitung bergantung kepada adanya tanda kurung di dalam soal tersebut. Jadi, kesimpulannya adalah dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Campuran Pada Bilangan Bulat, kalian harus memperhatikan adanya tanda kurung atau tidak dalam soal tersebut. Apabila ada tanda kurung, maka perhitungan yang ada di dalam tanda kurung tersebut yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Namun, apabila di dalam soal tersebut tidak terdapat tanda kurung, kalian harus mengikuti sifat - sifat operasi hitung bilangan bulat yang sudah dijelaskan diatas.

Demikianlah pembahasan materi kali ini, semoga kalian bisa memahami penjelasan dan contoh - contoh soal yang diberikan dengan mudah, sehingga membantu kalian dalam mengerjakan soal - soal operasi hitung pada bilangan bulat.
Blogger
Disqus

No comments