Rangkuman Materi Cara Menghitung Diskon Harga Suatu Produk Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal Lengkap

Selamat datang bagi teman - teman di Materi Matematika, Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan teman teman di manapun kalian berada, tentang materi pelajaran matematika yang kami beri judul Rangkuman Materi Cara Menghitung Diskon Harga Suatu Produk Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal Lengkap, Semoga pembahasan yang kami tulis ini dapat menjadi acuan kalian semua dalam belajar Matematika .

Hubungan antar garis limit fungsi bunga pertumbuhan dan peluruhan bilangan bulat berpangkat barisan deret bangun datar ruang sisi lengkung bola cos kombinasi contoh soal yang cocok untuk pendekatan scientific open ended tes cerdas cermat statistika counting sin tan cacah model pembelajaran jigsaw pbl cerita tentang cosinus sbmptn dimensi tiga. Namun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Rangkuman Materi Cara Menghitung Diskon Harga Suatu Produk Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal Lengkap

lihat juga


Rangkuman Materi Cara Menghitung Diskon Harga Suatu Produk Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal Lengkap

Cara Menghitung Diskon Harga Suatu Produk - Saat mendatangi mall, supermarket atau pusat perbelanjaan lainnya, kalian pasti pernah melihat angka - angka yang dipajang dengan kata - kata diskon 20 %, diskon 50 %, sale 30% atau yang lainnya. Tahukah kalian, diskon tersebut merupakan potongan harga dari suatu produk yang dijual, dengan kata lain diskon artinya potongan harga. Dengan adanya diskon, kalian bisa membeli suatu barang/produk dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga aslinya karena harga barang tersebut dipotong sesuai dengan diskon yang berlaku pada produk tersebut. Untuk mengetahui berapa jumlah rupiah dari diskon suatu produk maka kalian harus bisa menghitung harga barang yang telah diberikan diskon. Untuk memahami cara tersebut, perhatikan baik - baik penjelasan di bawah ini mengenai materi tentang diskon atau potongan harga suatu produk.

Cara Menghitung Diskon Harga Suatu Produk Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal

Cara Menghitung Harga Barang Setelah Diskon

Cara menghitung harga suatu barang yang dikenakan diskon caranya tidaklah terlalu sulit, yang pertama kita harus menghitung terlebih dahulu jumlah diskon yang diberlakukan pada barang tersebut. Sebagai contoh, apabila harga suatu barang atau baju adalah Rp. 350.000, kemudian barang tersebut dikenakan diskon 25%, maka  :
Harga diskon = harga awal x persentase diskon
Harga diskon = Rp. 350.000 x 25%
                       = Rp. 350.000 x 25 / 100
                       = Rp. 87.500

Jadi, potongan harga dari baju tersebut sebanyak Rp. 87.500. Maka jumlah uang yang harus dibayar adalah :
Harga akhir = harga awal - harga diskon
                     = Rp. 350.000 - Rp. 87.500
                     = Rp. 262.500
Jadi, harga baju tersebut setelah dipotong diskon adalah Rp. 262.500

Untuk memperluas pengetahuan kalian tentang materi ini, perhatikan baik - baik beberapa contoh soal dan cara penyelesaiannya berikut ini.

Contoh Soal 1 :
Suatu hari Andi bersama ibunya pergi ke mall untuk membeli sepatu sekolah Andi, setelah di mall Andi menemukan sepatu yang ia inginkan dengan harga Rp. 215.000, kebetulan pada sepatu tersebut bertuliskan diskon 20%. Maka, berapakah harga sepatu tersebut yang sebenarnya?

Penyelesaian :
Diketahui :
Harga awal = Rp. 215.000
Harga diskon = harga awal x persentase diskon
                       = Rp. 215.000 x 20%
                       = Rp. 215.000 x 20 / 100
                       = Rp. 43.000
Jadi, jumlah diskon sepatu tersebut adalah Rp. 43.000

Ditanya harga akhir = ?
Maka :
Harga akhir = harga awal - harga diskon
                     = Rp. 215.000 - Rp. 43.000
                     = Rp. 172.000
Jadi, harga sepatu tersebut yang sebenarnya adalah Rp. 172.000

Contoh Soal 2 :
Pak Anwar ingin membeli sebuah lemari, setelah menemukan lemari yang ia inginkan Pak Anwar pun pergi menuju kasir untuk membayar lemari tersebut. Setelah diberikan potongan harga sebanyak 40% harga lemari tersebut menjadi Rp. 425.000. Hitunglah berapa harga awal lemari tersebut sebelum diberikan diskon.

Penyelesaian :
Diketahui :
Harga akhir = Rp. 425.000
Persentase diskon = 40%

Ditanyakan harga awal = ?
Maka :
Harga awal = 100 x harga akhir : besar persentase
                    = 100 x Rp. 425.000 : 40
                    = 42.500.000 : 40
                    = Rp. 1.062.500
Jadi, harga awal lemari tersebut sebelum dipotong diskon adalah  Rp. 1.062.500

Demikianlah pembahasan materi mengenai Cara Menghitung Diskon Harga Suatu Produk dilengkapi dengan pembahasan contoh soal, semoga kalian bisa memahami contoh - contoh soal yang telah diberikan sehingga artikel ini bisa membantu kalian dalam mengerjakan soal - soal yang berkaitan dengan diskon harga suatu barang / produk.
Blogger
Disqus

No comments