Rangkuman Materi Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Jajar Genjang Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal Lengkap

Selamat datang bagi teman - teman di Materi Matematika, Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan teman teman di manapun kalian berada, tentang materi pelajaran matematika yang kami beri judul Rangkuman Materi Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Jajar Genjang Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal Lengkap, Semoga pembahasan yang kami tulis ini dapat menjadi acuan kalian semua dalam belajar Matematika .

Hubungan antar garis limit fungsi bunga pertumbuhan dan peluruhan bilangan bulat berpangkat barisan deret bangun datar ruang sisi lengkung bola cos kombinasi contoh soal yang cocok untuk pendekatan scientific open ended tes cerdas cermat statistika counting sin tan cacah model pembelajaran jigsaw pbl cerita tentang cosinus sbmptn dimensi tiga. Namun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Rangkuman Materi Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Jajar Genjang Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal Lengkap

lihat juga


Rangkuman Materi Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Jajar Genjang Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal Lengkap

Dalam artikel sebelumnya telah dijelaskan mengenai Pengertian Jajar Genjang dimana Jajar genjang merupakan segi empat yang sisi - sisinya berhadapan sejajar dan sama panjang serta sudut - sudut yang berhadapan sama besar atau suatu bangun datar yang berbentuk segitiga dengan bayangannya jika diputar setengah putaran (180) pada salah satu sisi yang dimilikinya. Dengan kata lain jajar genjang juga merupakan bangun datar yang dibentuk dari dua pasang rusuk yang masing - masing sejajar dan sama panjang dengan pasangannya. Jajar genjang memiliki dua pasang sudut dimana sudut - sudut tersebut bukan merupakan sudut siku - siku, karena jika kedua sudut tersebut merupakan sudut siku - siku maka bangun datar tersebut akan berubah menjadi persegi atau persegi panjang. Artikel kali ini akan membahas masih mengenai bangun datar jajar genjang yaitu cara menghitung rumus luas dan keliling pada jajar genjang. Untuk lebih jelasnya, perhatikan baik - baik penjelasan di bawah ini.

Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Jajar Genjang


Rumus Luas dan Keliling Jajar Genjang
Rumus yang digunakan untuk menghitung luas dan keliling jajar genjang adalah :
Luas = alas x tinggi
Keliling = 2.alas + 2.sisi miring
             = 2 (alas + sisi miring)

Untuk memahami rumus di atas, perhatikan contoh - contoh soal berikut ini :
Contoh Soal 1 :
Sebuah jajar genjang memiliki luas 225 cm2. Apabila panjang alas dari jajar genjang tersebut adalah 5x dan tingginya adalah 3x, maka tentukanlah nilai x, panjang alas, serta tinggi jajar genjang tersebut.

Penyelesaian :
Untuk mengetahui nilai x, maka kita harus menggunakan rumus luas jajar genjang :
Luas = alas x tinggi
225 cm2 = (5x) x (3x)
225 cm2 = 15x
X = 225
        15
     = 15 cm

Setelah nilai x diketahui, maka panjang alas dan tinggi jajar genjang dapat diketahui :
Panjang alas jajar genjang = 5x
Panjang alas jajar genjang = 5 x 15 cm
                                      = 75 cm
Tinggi jajar genjang = 2x
Tinggi jajar genjang = 2 x 15 cm
                                   = 30 cm

Contoh Soal 2 :
Diketahui sebuah jajar genjang memiliki panjang alas dua kali dari panjang sisi miring. Panjang sisi miring tersebut dua kali tinggi jajar genjang. Jika keliling jajar genjang adalah 42 cm. Maka berapakah luas jajar genjang tersebut ?

Penyelesaian :
Alas : a = 2 x m
Sisi miring : m = 2 x t
Keliling = 2 x (a + m)
42 cm = 2 x (a + m)
42 cm = 2 x (2m + m) = 2 x 3 m
21 cm = 3m
m = 7
Dengan demikian :
a = 2 x m = 2 x 7 = 14 cm
Karena m = 2 x t, maka :
7 = 2 x t
t = 3,5 cm
Luas = a x t = 14 cm x 3,5 cm = 49 cm2
Jadi, luas jajaran genjang tersebut adalah 49 cm2.

Demikianlah pembahasan materi mengenai Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Jajar Genjang Dilengkapi dengan Pembahasan Contoh Soal, semoga kalian bisa memahami contoh - contoh soal dengan mudah, sehingga bisa membantu kalian dalam menyelesaikan soal - soal jajaran genjang.
Blogger
Disqus

No comments