Rangkuman Materi Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Trapesium Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal Lengkap

Selamat datang bagi teman - teman di Materi Matematika, Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan teman teman di manapun kalian berada, tentang materi pelajaran matematika yang kami beri judul Rangkuman Materi Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Trapesium Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal Lengkap, Semoga pembahasan yang kami tulis ini dapat menjadi acuan kalian semua dalam belajar Matematika .

Hubungan antar garis limit fungsi bunga pertumbuhan dan peluruhan bilangan bulat berpangkat barisan deret bangun datar ruang sisi lengkung bola cos kombinasi contoh soal yang cocok untuk pendekatan scientific open ended tes cerdas cermat statistika counting sin tan cacah model pembelajaran jigsaw pbl cerita tentang cosinus sbmptn dimensi tiga. Namun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Rangkuman Materi Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Trapesium Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal Lengkap

lihat juga


Rangkuman Materi Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Trapesium Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal Lengkap

Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Trapesium - Trapesium merupakan bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh empat buah rusuk dimana dua diantara rusuk tersebut saling sejajar namun tidak sama panjang. Trapesium termasuk bangun datar yang berjenis segi empat. trapesium ini sendiri terbagi menjadi tiga jenis yaitu :

1. Trapesium sembarang
Trapesium sembarang
Trapesium ini memiliki empat rusuk yang panjangnya tidak sama

2. Trapesium sama kaki
Trapesium sama kaki
Trapesium ini memiliki sepasang rusuk yang sejajar dan sepasang rusuk sama panjang

 3. Trapesium siku - siku
Trapesium siku - siku
Trapesium ini memiliki empat titik sudut dan keempat sudut tersebut berbentuk siku - siku

Belajar matematikaku kali akan membahas materi mengenai rumus luas dan keliling trapesium. Rumus yang biasa digunakan yaitu rumus untuk mencari luas dan keliling dari sebuah trapesium. Untuk lebih memahami materi ini, perhatikan baik - baik penjelasan mengenai rumus luas dan keliling trapesium di bawah ini dilengkapi dengan pembahasan contoh soal.

Rumus Luas dan Rumus Keliling Trapesium

Berikut ini merupakan rumus untuk mencari luas dan keliling trapesium :
Rumus Luas dan Rumus Keliling Trapesium
Luas Trapesium = Jumlah sisi sejajar x tinggi
                          2
Dimana :
Jumlah sisi sejajar = AB + CD (lihat gambar)
Tinggi = t (lihat gambar)

Keliling Trapesium = AB + BC + CD + DA
                  (Lihat gambar)

Untuk lebih memahami rumus di atas, berikut merupakan contoh - contoh soal tentang mencari luas dan keliling pada trapesium.
Contoh Soal 1 :
Diketahui panjang sisi - sisi sejajar sebuah trapesium berturut - turut 6 cm dan 14 cm serta tinggi 7 cm. Maka berapakah luas trapesium tersebut ?

Penyelesaian :
Luas = ½ x (a1 + a2) x t
Luas =  ½ x (6 cm + 14 cm) x 5 cm
        = ½ x 20 cm x 5 cm
        = 50 cm

Contoh Soal 2 :
Perhatikan gambar di bawah ini :
Contoh Soal 2
Dari gambar di atas, ABCD merupakan trapesium dengan CDEF merupakan suatu persegi dan EF = 10 cm. Jika diketahui AE = 8 cm, FB = 4 cm, AD = 12 cm, dan BC = 10 cm. Maka tentukan :
a. Panjang CD
b. Panjang alas trapesium
c. Keliling Trapesium ABCD

Penyelesaian :
a. Perlu diingat bahwa salah satu sifat persegi adalah tiap sisinya memiliki ukuran yang sama panjang, maka CD = EF = 10 cm.

b. Untuk mengetahui panjang alas trapesium (AB) dapat diketahui dengan menjumlahkan :
AB = AE + EF + FB
AB = 8 cm + 10 cm + 4 cm
      = 22 cm.

c. Untuk mencari keliling trapesium dapat diketahui dengan cara menjumlahkan seluruh sisinya :
A = AB + BC + CD + AD
A = 22 cm + 10 cm + 10 cm + 12 cm
    = 54 cm.

Demikianlah pembahasan materi mengenai Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Trapesium Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal, semoga kalian bisa memahami penjelasan dan contoh - contoh soal yang diberikan sehingga bisa membantu kalian dalam menyelesaikan soal - soal bangun datar trapesium.
Blogger
Disqus

No comments