Rangkuman Materi Bangun Datar Jajar Genjang Lengkap

Selamat datang bagi teman - teman di Materi Matematika, Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan teman teman di manapun kalian berada, tentang materi pelajaran matematika yang kami beri judul Rangkuman Materi Bangun Datar Jajar Genjang Lengkap, Semoga pembahasan yang kami tulis ini dapat menjadi acuan kalian semua dalam belajar Matematika .

Hubungan antar garis limit fungsi bunga pertumbuhan dan peluruhan bilangan bulat berpangkat barisan deret bangun datar ruang sisi lengkung bola cos kombinasi contoh soal yang cocok untuk pendekatan scientific open ended tes cerdas cermat statistika counting sin tan cacah model pembelajaran jigsaw pbl cerita tentang cosinus sbmptn dimensi tiga. Namun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Rangkuman Materi Bangun Datar Jajar Genjang Lengkap

lihat juga


Rangkuman Materi Bangun Datar Jajar Genjang Lengkap

Pengertian Bangun Datar Jajar Genjang - Jajar genjang merupakan segi empat yang sisi - sisinya berhadapan sejajar dan sama panjang serta sudut - sudut yang berhadapan sama besar atau suatu bangun datar yang berbentuk segitiga dengan bayangannya jika diputar setengah putaran (180) pada salah satu sisi yang dimilikinya. Dengan kata lain jajar genjang juga merupakan bangun datar yang dibentuk dari dua pasang rusuk yang masing - masing sejajar dan sama panjang dengan pasangannya. Jajar genjang memiliki dua pasang sudut dimana sudut - sudut tersebut bukan merupakan sudut siku - siku, karena jika kedua sudut tersebut merupakan sudut siku - siku maka bangun datar tersebut akan berubah menjadi persegi atau persegi panjang. Besar kedua sudut tersebut memiliki ukuran yang sama. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar jajar genjang di bawah ini :

Bangun Datar Jajar Genjang

Sifat - Sifat Jajar Genjang

1. Mempunyai dua sudut lancip dan dua sudut tumpul
2. Diagonal pada jajar genjang saling membagi dua sama panjang
3. Mempunyai dua pasang rusuk yang sejajar dan sama panjangnya
4. Memiliki dua pasang sudut yang bukan merupakan sudut siku - siku
5. Besar sudut yang berhadapan pada jajar genjang memiliki ukuran yang sama
6. Sudut - sudut yang berdekatan jika ditotal akan berjumlah sebanyak 180 derajat

Keliling Jajar Genjang

Keliling jajar genjang merupakan jumlah dari seluruh rusuknya. Karena rusuk atas, rusuk alas, dan kedua rusuk miringya memiliki ukuran yang sama panjang. Maka keliling jajar genjang dapat disimpulkan sebagai berikut :
Keliling jajar genjang  = rusuk atas + rusuk bawah + rusuk miring 1 + rusuk miring 2
Dimana => rusuk atas = rusuk bawah (alas)
                 rusuk miring 1 = rusuk miring 2

Kemudian diasumsikan menjadi :
=> Keliling jajar genjang = 2 alas + 2 rusuk miring

Luas Jajar Genjang

Garis tinggi dari sudut kiri atas jajar genjang turun ke bawah apabila ditarik, maka akan menjadi sebuah segitiga dan apabila segitiga itu kita pindahkan ke bagian yang kosong di sebelah kanan bawah, maka akan menjadi sebuah persegi panjang.
Luas jajar genjang = alas x tinggi
                                = a x t

Demikianlah pembahasan materi mengenai Pengertian Bangun Datar Jajar Genjang, semoga kalian bisa memahami penjelasan materi di atas. Untuk menambah wawasan kalian mengenai bangun datar jajar genjang, 
Blogger
Disqus

No comments