Karakteristik dalam Pelajaran Matematika

Karakteristik dalam Pelajaran Matematika

A. Karakteristik Matematika
Mata pelajaran matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar, untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, inovatif dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk  hidup lebih baik pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan sangat kompetitif. Dalam melaksanakan pembelajaran matematika, diharapkan bahwa peserta didik harus dapat merasakan kegunaan belajar matematika. 
Dalam pembelajaran, pemahaman konsep sering diawali secara induktif melalui pengamatan pola atau fenomena, pengalaman peristiwa nyata atau intuisi. Proses induktif-deduktif dapat digunakan untuk mempelajari konsep matematika. Dengan demikian, cara belajar secara deduktif dan induktif digunakan dan sama-sama berperan penting dalam matematika. Dari cara kerja matematika tersebut diharapkan akan terbentuk sikap kritis, kreatif, jujur dan komunikatif  pada peserta didik. Pendidikan matematika dapat diartikan sebagai proses perubahan baik kognitif, afektif, dan kognitif kearah kedewasaan sesuai dengan kebenaran logika. Ada beberapa karakteristik matematika, antara lain :

1.   Objek yang dipelajari abstrak.

Sebagian besar yang dipelajari dalam matematika adalah angka atau bilangan yang secara nyata tidak ada atau merupakan hasil pemikiran otak manusia.

2.   Kebenaranya berdasarkan logika.
      Kebenaran dalam matematika adalah kebenaran secara logika bukan empiris. Artinya kebenarannya tidak dapat dibuktikan melalui eksperimen seperti dalam ilmu fisika atau biologi. Contohnya nilai √-2 tidak dapat dibuktikan dengan kalkulator, tetapi secara logika ada jawabannya sehingga bilangan tersebut dinamakan bilangan imajiner (khayal).
3.   Pembelajarannya secara bertingkat dan kontinu.
Pemberian atau penyajian materi matematika disesuaikan dengan tingkatan pendidikan dan dilakukan secara terus-menerus. Artinya dalam mempelajari matematika harus secara berulang melalui latihan-latihan soal.
4.     Ada keterkaitan antara materi yang satu dengan yang lainnya.
Materi yang akan dipelajari harus memenuhi atau menguasai materi sebelumnya. Contohnya ketika akan mempelajari tentang volume atau isi suatu bangun ruang maka harus menguasai tentang materi luas dan keliling bidang datar.
5.     Menggunakan bahasa simbol.
Dalam matematika penyampaian materi menggunakan simbol-simbol yang telah disepakati dan dipahami secara umum. Misalnya penjumlahan menggunakan simbol “+” sehingga tidak terjadi dualisme jawaban.
6.     Diaplikasikan dibidang ilmu lain.
Materi matematika banyak digunakan atau diaplikasikan dalam bidang ilmu lain. Misalnya materi fungsi digunakan dalam ilmu ekonomi untuk mempelajari fungsi permintan dan fungsi penawaran.
  B. Manfaat Belajar Matematika
Dengan belajar matematika diharapkan peserta didik dapat memperoleh manfaat berikut:
1.   cara berpikir matematika itu sistematis, melalui urutan-urutan yang teratur dan tertentu. dengan belajar matematika, otak kita terbiasa untuk memecahkan masalah secara sistematis. Sehingga bila diterapkan dalam kehidupan nyata, kita bisa menyelesaikan setiap masalah dengan lebih mudah
2.   cara berpikir matematika itu secara deduktif. Kesimpulan di tarik dari hal-hal yang bersifat umum. bukan dari hal-hal yang bersifat khusus. sehingga kita menjadi terhindar dengan cara berpikir menarik kesimpulan secara “kebetulan”..
3.   belajar matematika melatih kita menjadi manusia yang lebih teliti, cermat, dan tidak ceroboh dalam bertindak. Bukankah begitu? coba saja. masih ingatkah teman-teman saat mengerjakan soal-soal matematika? kita harus memperhatikan benar-benar berapa angkanya, berapa digit nol dibelakang koma, bagaimana grafiknya, bagaimana dengan titik potongnya dan lain sebaganya. jika kita tidak cermat dalam memasukkan angka, melihat grafik atau melakukan perhitungan, tentunya bisa menyebabkan akibat yang fatal. jawaban soal yang kita peroleh menjadi salah dan kadang berbeda jauh  dengan jawaban yang sebenarnya.
4.  belajar matematika juga mengajarkan kita menjadi orang yang sabar dalam menghadapi semua hal dalam hidup ini. saat kita mengerjakan soal dalam matematika yang penyelesaiannya sangat panjang dan rumit, tentu kita harus bersabar dan tidak cepat putus asa. jika ada lamgkah yang salah, coba untuk diteliti lagi dari awal. jangan-jangan ada angka yang salah, jangan-jangan ada perhitungan yang salah. namun, jika kemudian kita bisa mengerjakan soal tersebut, ingatkah bagaimana rasanya? rasa puas dan bangga.( tentunya jika dikerjakan sendiri
5.  yang tidak kalah pentingnya, sebenarnya banyak koq penerapan matematika dalam kehidupan nyata. tentunya dalam dunia ini, menghitung uang, laba dan rugi, masalah pemasaran barang, dalam teknik, bahkan hampir semua ilmu di dunia ini pasti menyentuh yang namanya matematika.
  C. Tujuan Pembelajaran Matematika
 Terdapat kaitan antara penguasaan matematika dengan ketinggian, keunggulan dan kelangsungan hidup suatu peradaban. Penguasaan matematika tidak cukup hanya dimiliki oleh sebagian orang dalam suatu peradaban. Setiap individu perlu memiliki penguasaan matematika pada tingkat tertentu. Penguasaan individual demikian pada dasarnya bukanlah penguasaan terhadap matematika sebagai ilmu, melainkan penguasaan akan kecakapan matematika (mathematical literacy) yang diperlukan untuk dapat memahami dunia di sekitarnya serta untuk berhasil dalam kehidupan atau kariernya. Kecakapan matematika yang ditumbuhkan pada siswa merupakan sumbangan mata pelajaran matematika kepada pencapaian kecakapan hidup yang ingin dicapai melalui kurikulum matematika. Mata pelajaran matematika bertujuan agar peserta didik dapat:
1.     Memahami konsep matematika, merupakan kompetensi dalam menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan menggunakan konsep maupun  algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah. Indikator-indikator pencapaian kecakapan ini, meliputi:
a.     menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari
b.     mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan dipenuhi tidaknya persyaratan yang membentuk konsep tersebut
c.     mengidentifikasi sifat-sifat operasi atau konsep
d.     menerapkan konsep secara logis.
e.     memberikan contoh atau contoh kontra (bukan contoh) dari konsep yang dipelajari
f.      menyajikan konsep dalam berbagai macam bentuk representasi matematis (tabel, grafik, diagram, gambar, sketsa, model matematika, atau cara lainnya)
g.     mengaitkan berbagai konsep dalam matematika maupun di luar matematika.
h.    mengembangkan syarat perlu dan /atau syarat cukup suatu konsep
Termasuk dalam kecakapan ini adalah melakukan algoritma atau prosedur, yaitu kompetensi yang ditunjukkan saat  bekerja dan menerapkan konsep-konsep matematika seperti  melakukan operasi hitung, melakukan operasi aljabar, melakukan manipulasi aljabar, dan keterampilan melakukan pengukuran dan melukis/ menggambarkan /merepresentasikan konsep keruangan. Indikator-indikator pencapaian kecakapan ini, meliputi:
a.     menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur/algoritma
b.     memodifikasi atau memperhalus prosedur
c.     mengembangkan prosedur
d.     Menggunakan matematika dalam konteks matematika seperti melakukan operasi matematika yang standar ataupun tidak standar (manipulasi aljabar) dalam menyelesaikan masalah matematika
2.     Menggunakan pola sebagai dugaan dalam  penyelesaian masalah, dan mampu membuat generalisasi berdasarkan fenomena atau data yang ada.Indikator-indikator pencapaian kecakapan ini, meliputi:
a.     mengajukan dugaan (conjecture)
b.     menarik kesimpulan dari suatu pernyataan
c.     memberikan alternatif bagi suatu argumen
d.     menemukan pola pada suatu gejala matematis
3.     Menggunakan penalaran pada sifat, melakukan manipulasi matematika baik dalam penyederhanaan, maupun menganalisa komponen yang ada dalam pemecahan masalah dalam konteks matematika maupun di luar matematika (kehidupan nyata, ilmu, dan teknologi) yang meliputi kemampuan memahami masalah, membangun model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperolehtermasuk dalam rangka memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari (dunia nyata). Masalah ada yang bersifat rutin maupun yang tidak rutin. Masalah tidak rutin adalah masalah baru bagi siswa, dalam arti memiliki tipe yang berbeda dari masalah-masalah yang telah dikenal siswa. Untuk menyelesaikan masalah tidak rutin, tidak cukup bagi siswa untuk meniru cara penyelesaian masalah-masalah yang telah dikenalnya, melainkan ia harus melakukan usaha-usaha tambahan, misalnya dengan melakukan modifikasi pada cara penyelesaian masalah yang telah dikenalnya, atau memecah masalah tidak rutin itu ke dalam beberapa masalah yang telah dikenalnya, atau merumuskan ulang masalah tidak rutin itu menjadi masalah yang telah dikenalnya. Indikator-indikator pencapaian kecakapan ini, meliputi:
a.     memahami masalah
b.     mengorganisasi data dan memilih informasi yang relevan dalam mengidentifikasi masalah.
c.     menyajikan suatu rumusan masalah secara matematis dalam berbagai bentuk
d.     memilih pendekatan dan strategi yang tepat untuk memecahkan masalah
e.     menggunakan atau mengembangkan strategi pemecahan masalah
f.      menafsirkan hasil jawaban yang diperoleh untuk memecahkan masalah
g.     menyelesaikan masalah.
4.     Mengkomunikasikan gagasan,penalaran serta mampu menyusun bukti matematika dengan menggunakan kalimat lengkap, simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah.Indikator-indikator pencapaian kecakapan ini, meliputi:
a.     memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran suatu pernyataan
b.     Menduga dan memeriksa kebenaran dugaan (conjecture)
c.     memeriksa kesahihan atau kebenaran suatu argumen dengan penalaran induksi
d.     Menurunkan atau membuktikan rumus dengan penalaran deduksi
e.     Menduga dan memeriksa kebenaran dugaan (conjecture)
5.     Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.Indikator-indikator pencapaian kecakapan ini, meliputi:
a.     memiliki rasa ingin tahu yang tinggi
b.    bersikap penuh perhatian dalam belajar matematika
c.     bersikap antusias dalam belajar matematika
d.    bersikap gigih dalam menghadapi permasalahan
e.     memiliki penuh percaya diri dalam belajar dan menyelesaikan masalah
6.     Memiliki sikap dan perilaku  yang sesuai dengan nilai-nilai dalam matematika dan pembelajarannya, seperti taat azas, konsisten,  menjunjung tinggi kesepakatan, toleran, menghargai pendapat orang lain, santun, demokrasi, ulet, tangguh, kreatif, menghargai kesemestaan (konteks, lingkungan), kerjasama, adil, jujur, teliti, cermat, bersikap luwes dan terbuka, memiliki kemauan berbagi rasa dengan orang lain
7.     Melakukan kegiatan–kegiatan motorik yang menggunakan pengetahuan matematika
8.     Menggunakan alat peraga sederhana  maupun hasil teknologi untuk melakukan kegiatan-kegiatan matematika. Kecakapan atau kemampuan-kemampuan tersebut saling terkait erat, yang satu memperkuat sekaligus membutuhkan yang lain. Sekalipun tidak dikemukakan secara eksplisit, kemampuan berkomunikasi muncul dan diperlukan di berbagai kecakapan, misalnya untuk menjelaskan gagasan pada Pemahaman Konseptual, menyajikan rumusan dan penyelesaian masalah, atau mengemukakan argumen pada penalaran.

Baca juga 
Materi Matematika SMP Kelas VIII
KISI-KISI ULANGAN TENGAH SEMESTER GANJIL MATEMATIKA XI IPA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

KISI-KISI ULANGAN TENGAH SEMESTER GANJIL MATEMATIKA XI IPA TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Berikut ini kisi-kisi materi ulangan tengah semester ganjil sebagai bahan belajar, agar lebih siap menghadapi ulangan. Kisi-kisi disesuaikan dengan kompetensi dasar dan indikator kompetensi.









NO
MATERI POKOK
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR SOAL
1
Statistika
1.1 Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive
Membaca data yang disajikan dalam bentuk diagram batang
2
Membaca data yang disajikan dalam bentuk diagram lingkaran
3
1.3 Menghitung Ukuran Pemusatan, Ukuran Letak, dan Ukuran Penyebaran data, serta penafsirannya
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rata-rata gabungan
4
Menentukan rataan data yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi
5
Menentukan median data yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi
6
Menentukan median, modus dan jangkauan data tunggal
7
Menentukan modus data yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi
8
Menentukan kuartil atas data yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi
9
Menentukan simpangan rata-rata data tunggal
10
Menentukan kuartil bawah dari histogram
11
Menentukan ragam(varians) data tunggal
12
Menentukan simpangan baku data tunggal
13

1.4 Menggunakan aturan perkalian, permutasi dan kombinasi dalam pemecahan masalah
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aturan perkalian
14
Menghitung hasil operasi faktorial
15
Menentukan banyaknya bilangan yang dapat dibentuk dari angka-angka tersedia dengan syarat tertentu
16
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan permutasi
17
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan permutasi dengan syarat tertentu
18
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan permutasi dengan beberapa unsur yang sama
19
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kombinasi
20
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kombinasi dengan syarat tertentu
21

1.6 Menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya
Menghitung peluang dengan menggunakan kombinasi
22
Menentukan frekuensi harapan suatu kejadian
23
Menentukan peluang gabungan dua kejadian
24
Menentukan peluang kejadian saling bebas
25
Menentukan peluang kejadian tidak saling bebas (bersyarat)

Baca Juga Pengertian Polinom atau Suku Banyak dalam Matematika
MEMBACA DATA YANG DISAJIKAN DALAM TABEL DAN DIAGRAM

MEMBACA DATA YANG DISAJIKAN DALAM TABEL DAN DIAGRAM

      Di jenjang SMA kelas XI baik Program IPA maupun IPS pada materi statistika terdapat Kompetensi Dasar 1.1 Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari kompetensi dasar tersebut adalah:
Membaca data yang disajikan data dalam bentuk tabel
Membaca data yang disajikan data dalam bentuk digram batang
Membaca data yang disajikan data dalam bentuk diagram garis
Membaca data yang disajikan data dalam bentuk diagram lingkaran
    Namun buku referensi yang membahas materi tersebut masih kurang. Oleh karena itu saya mencoba membahas melalui tulisan yang bisa didownload di tautan berikut. Contoh membaca data yang disajikan dalam bentuk tabel dan diagram.

Baca juga Rangkuman Materi Matematika SMA
Rumus Menghitung Volume Kubus dan Balok; Soal Cerita tentang Volume Kubus dan Balok

Rumus Menghitung Volume Kubus dan Balok; Soal Cerita tentang Volume Kubus dan Balok

Rumus Menghitung Volume Kubus dan Balok; Soal Cerita tentang Volume Kubus dan Balok- Balok adalah bangun ruang yang dibentuk oleh tiga pasang persegi panjang dan setiap persegi panjang memiliki bentuk dan ukuran yang sama. Kubus adalah bangun ruang yang dibentuk oleh enam persegi berukuran sama yang merupakan sisi-sisi kubus tersebut.

Rumus Menghitung Balok dan Kubus :

1. Rumus menghitung volume balok

V= p x l x t
Volume balok = luas alas x tinggi atau Volume balok = luas persegi panjang x tinggi
Keterangan : p= panjang, l= lebar, dan t = tinggi

Rumus Menghitung Volume Balok

2. Rumus menghitung volume kubus

Rumus Menghitung Volume Kubus

  1. Sebuah akuarium berbentuk balok dengan panjang 60 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 40 cm. Jika akuarium terisi penuh dengan air, berapakah volume air tersebut?
  2. Reza membeli kardus untuk tempat kado. Kardus itu berbentk persegi dengan luas alas 225 cm persegi. Berapakah panjang sisi alas kardus persegi tersebut?
  3. Dika mengambil pita meteran dan berlari ke kamar mandi. Dia mengukur bak air. Ternyata panjang semua sisi bak air sama yaitu 60 cm. Berapa volume ak air tersebut?
  4. Bak mandi di rumahnya Joni berbentuk kubus dengan rusuk 8 dm. Bak mandi Joni terisi penuh air. Vlumi bak mandi tersebut adalah ... liter
  5. Untuk keperluan olah raga, sebuah SD membuat bak pasir di halaman sekolah. Panjangnya 6 m, lebarnya 2,5 m, dan dalamnya 0.4 m.Bak itu akan diisi penuh dengan pasir. Berapa meter kubik pasir untuk memenuhi bak itu?
Contoh Soal Cerita tentang Skala dan Perbandingan

Contoh Soal Cerita tentang Skala dan Perbandingan

Contoh Soal tentang Skala atau Perbandingan- Untuk persiapan atau memperbanyak latihan  para siswa kelas VI dalam menghadapi Ujian Sekolah, di bawah ini saya arsipkan kumpulan soal matematika tentang skala dan perbandingan:

1. Sebuah menara memiliki tinggi  130 m. Jika menara tersebut digambar dengan skala 1: 500, berapa tinggi menara pada gambar?

2. Luas sebuah lapangan pada denah berskala 1 : 600 adalah 12 cm persegi. Berapakah luas lapangan sebenarnya?

3. Perbandingan keuntungan pak Budi dengan pak Badu adalah 7:4. Jika jumlah keuntungan tersebut Rp. 55.000,00, berapa selisih keuntungan mereka ?

4. Sebuah peta memiliki skala 1: 3.350.000. Jika jarak  dari kota A ke kota B pada peta tersebut digambar 12 cm, berapa jarak antara kota A ke kota B sebenarnya?

5. Perbandingan uang Amir dan Umar yaitu 2 : 3. Jika jumlah uang  mereka Rp. 2.000.000 maka selisih uang mereka adalah ....

6. Kolam ikan pak Slamet berbentuk persegi. Pada denah berskala 1 : 900, kolam tersebut digambarkan luasnya 4 cm persegi. Berapa keliling sebenarnya kolam tersebut?

7. Perbandingan banyak uang Anang dan Unang adalah 5 : 4. Apabila selisih uang mereka Rp. 1.500,00, maka banyak uang Unang adalah ....

8. Panjang sebenarnya sebuah sungai adalah 105 km. Panjang sungai tersebut pada peta 7 cm. Berapa skala peta tersebut?

9. Perbandingan umur Deni dan Dewi adalah 4 : 5. Selisih umur Deni dan Dewi adalah 6 tahun. Berapakah umur masing-masing?

10. Pada suatu peta, kota A dan kota B berjarak 19 cm. Skala peta itu adalah 1 : 2.000.000. Berapa kilometer jarak antara kota A dan kota B sesungguhnya?

11. Diketahui perbandingan banyak bidan dan dokter yaitu 5 : 3. Jika selisih banyak bidan dan dokter 20 orang, maka banyak bidan dan dokter ada ... orang.

12. Joni akan membut denah lapangan sepak bola dengan skala 1 : 2.200. Jika  panjang lapangan sepakbola 110 m, Joni harus menggambar lapangan pada denah dengan panjang…cm.

13. Perbandingan banyak siswa laki-laki dan  perempuan kelas VI 2 : 3. Jika selisih banyak siswa perempuan dan laki-laki 7 orang, maka banyak siswa perempuan ada…anak.

14. Areal PT semen  pada gambar memiliki panjang 6 cm dan lebar 4 cm. Jika skala yang digunakan 1:15.000, maka luas areal PT semen adalah … m²

15. Suatu peternakan mengembangbiakkan sejumlah kambing, kerbau dan sapi. Perbandingan banyak kambing dan kerbau 7 : 4, sedang perbandingan sapi dan kerbau 3:2. Jika  banyak sapi 30 ekor, maka banyak kambing ….

16. Seorang arsitek membuat denah rancangan rumah dengan skala 1 : 80. Jika ukuran rumah pada denah 20 cm x 30 cm, maka ukuran rumah sebenarnya…m x …m.

17. Jumlah mangga dan apel di sebuah keranjang ada 75 buah. Jika perbandingan banyak buah mangga dan apel ada 7:8, maka banyak buah apel ada ….

18. Denah desa Suka Makmur digambarkan dengan skala 1 : 5.000. Sebuah lapangan yang terdapat di desa itu berukuran 100 m x 110 m. Ukuran lapangan tersebut pada denah…cm x … cm

baca juga Materi Matematika Luas Belah Ketupat dan Layang-Layang

Arsip Kisi-Kisi Ujian Sekolah SD Tahun Pelajaran 2014/2015

Arsip Kisi-Kisi Ujian Sekolah SD Tahun Pelajaran 2014/2015

Kisi-kisi Ujian Sekolah Dasar Tahun 2015 masih sama dengan tahun 2014. Untuk kisi-kisi US Matematika ada 11 kompetensi yang terdiri dari 40 indikator yang harus dikuasai oleh Siswa.
Kompetensi yang harus dikuasai oleh Siswa adalah sebagai berikut :
1.1. Memahami konsep dan operasi hitung bilangan bulat serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.( indikator 1-3 ) 1.2. Memahami konsep dan operasi hitung bilangan pecahan serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. ( indikator 4-7 ) 1.3. Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah. ( indikator 8-11 ) 1.4. Memahami konsep dan operasi hitung bilangan berpangkat dan penarikan akar pangkat 2 atau 3. ( indikator 12-14 )
2. Memahami konsep ukuran waktu, panjang, berat, luas, debit, volume, dan konsep jarak dan kecepatan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah. ( indikator 15-18 )
3.1. Memahami konsep, sifat dan unsur-unsur bangun datar, serta hubungan antarbangun, dan dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah. ( indikator 19-23 ) 3.2. Memahami konsep luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah. ( indikator 24-26 ) 3.3. Memahami konsep volume bangun ruang sederhana dan menggunakannya dalam emecahan masalah. ( indikator 27-29 )
4. Memahami konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan menggunakannya dalam pemecahan masalah. ( indikator 30 )
5.1. Memahami konsep pengumpulan dan penyajian data serta menerapkannya dalam pemecahan masalah. ( indikator 31-34 ) 5.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data. ( indikator 35-40 )

Adapun indikator pada kisi-kisi US SD 2015 adalah siswa dapat :
  1. Menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan cacah;
  2. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campuran bilangan cacah;
  3. Menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan bulat;
  4. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan;
  5. Menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian berbagai bentuk pecahan;
  6. Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan skala atau perbandingan;
  7. Menentukan urutan berbagai bentuk pecahan dari besar ke kecil atau sebaliknya;
  8. Menentukan KPK atau FPB dari dua bilangan dalam bentuk faktorisasinya;
  9. Menentukan FPB atau KPK dari tiga buah bilangan dua angka;
  10. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan KPK;
  11. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan FPB;
  12. Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat dua;
  13. Menentukan hasil penarikan akar pangkat tiga dari suatu bilangan pangkat tiga;
  14. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penarikan akar pangkat tiga;
  15. Menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan satuan waktu atau satuan panjang yang disajikan dalam soal cerita sederhana;
  16. Menyelesaikan permasalahanyang berkaitan dengan satuan debit atau satuan volume;
  17. Menentukan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan satuan berat atau satuan luas;
  18. Menyeleaikan soal cerita sederhana yang brkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu;
  19. Menentukan bentuk bangun datar dari beberapa sifat-sifat bangun yang disajikan atau sebaliknya;
  20. Menentukan hasil pencerminan dari gambar suatu bangun datar yang disajikan;
  21. Menentukan unsur-unsur yang ada pada bangun ruang yang disajikan  ( titik sudut, sisi, atau rusuk )
  22. Menentukan satu pasang bangun yang sama dan sebangun dari beberapa gambar yang disajikan;
  23. Menentukan jaring-jaring suatu bangun ruang;
  24. Menghitung luas bangun datar yang disajikan;
  25. Menentukan luas gabungan atau irisan dari dua bangun datar sederhana;
  26. Menentukan luas bagian lingkaran ( misalnya setengah lingkaran );
  27. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volume kubus atau balok;
  28. Menentukan volume prisma segitiga dari suatu gambar yang ukurannya diketahui;
  29. Menentukan volume tabung dari suatu gambar tabung yang ukurannya diketahui;
  30. Menentukan koordinat salah satu titik;
  31. Menentukan banyak data dari suatu gambar diagram batang yang disajikan ( terbanyak, terendah, selisih );
  32. Menentukan banyak data pada diagram lingkaran yang disajikan ( data dari presentase atau besar sudut tertentu );
  33. Menentukan diagram batang dari data yang disajikan dalam bentuk tabel;
  34. Menentukan salah satu unsur dari data yang disajikan dalam bentuk diagram batang atau lingkaran;
  35. Menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data ( rentang banyak data 6-10 );
  36. Menentukan nilai rata-rata dari data berbentuk tabel ( banyak data kurang dari 20 data );
  37. Menghitung nilai rata-rata dari sajian data berbentuk diagram batang;
  38. Menentukan nilai median dari sekumpulan data tunggal yang disajikan;
  39. Menentukan nilai modus dari data yang disajikan dalam bentuk soal cerita; dan
  40. Menentukan selisih nilai tertinggi dan terendah dari data yang disajikan.
Adapun untuk download Kisi-kisi US SD Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA, silakan download kisi-kisi US SD 2015 di link ini baca juga Materi Matematika Luas Bangun Datar Segi Banyak
Soal Cerita yang Berkaitan dengan Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan

Soal Cerita yang Berkaitan dengan Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan

Soal Cerita yang Berkaitan dengan Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan-Setelah saya berbagi Bank Soal tentang Menentukan Hasil Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat, kali ini saya akan berbagi juga tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan dalam bentuk soal cerita. Berikut ini kumpulan soal-soalnya :
  1. Bu Afandi membeli tepung terigu sebanyak 5 2/5 kg. Tepung terigu tersebut dibuat roti sebanyak 3,5 kg. Bu Afandi membeli lagi tepung terigu 3/4 kg untuk persediaan. Persediaan tepung terigu Bu Afandi sekarang ... kg.
  2. Warung Pak Panca  memiliki persediaan minyak tanah 3,5 drum. Dalam waktu 2 hari, minyak tanah tersebut laku berturut-turut 1 1/4 drum dan 2/3 drum. Sisa minyak tanah sebanyak ... drum.
  3. baca juga Materi Matematika Luas dan Keliling Lingkaran
Bank Soal Latihan Ujian Sekolah Kelas 6 SD tentang Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat

Bank Soal Latihan Ujian Sekolah Kelas 6 SD tentang Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat

Bank Soal Latihan Ujian Sekolah Kelas 6 SD tentang Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat-Pembaca yang setia, soal ujian sekolah memang sangat banyak variasinya sehingga saya di sini akan mengarsipkan beberapa soal yang saya ambil dari soal ujian tahun sebelumnya maupun soal yang saya buat sendiri dengan mengacu pada kisi-kisi maupun standar kompetensinya.

Di bawah ini adalah kumpulan atau bank soal tentang Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat :
  1. ( -25 x 6 ) + ( -25 ) - 36 = ....
  2. Hasil dari ( - 12 ) + 36 : 9 + 3 adalah ....
  3. Jika 12 x ( -4 ) + 75 : 3 = x, maka nilai x adalah ....
  4. Hasil dari -30 : ( -27 + 17 ) adalah ....
  5. Hasil dari ( 27 : ( - 9) ) + 10 : 5 adalah ....
  6. Hasil dari 21 x 3 - 34 : ( -2 ) adalah ....
  7. Hasil dari 168 : ( -28 ) - 23 + 19 adalah ....
  8. Hasil dari ( 16 - 40 ) : ( -6 ) adalah ....
  9. Hasil dari ( 412 + ( - 13 ) ) : ( 7 x ( - 3 ) )  adalah ....
  10. 1.320 + 120 x ( -9) : 8 = ....
  11. Hasil dari 16 +  ( - 4 ) - 6 x 2 adalah ....
  12. Hasil dari 12 x ( -8 ) + (- 144) : 6 adalah ....
  13. Hasil dari ( -36 ) : ( - 2 ) + 6 x 4 adalah ....
  14. Hasil dari - 18 : ( 48 : 8 ) + ( - 5 ) adalah ....
Daftar Peserta UKA 2013 Kabupaten Garut

Daftar Peserta UKA 2013 Kabupaten Garut

Jika anda merupakan Calon peserta sertifikasi tahun 2013 untuk wilayah kabupaten garut dan sudah diverifikasi di Kemdiknas. maka selanjutnya diadakan Uji Kompetensi Awal (UKA) sebagai salah satu syarat untuk mengikuti PLPG.

Silahkan Cek nama anda pada Alamat Link berikut :

Daftar Tempat dan Peserta UKA tahun 2013 Kabupaten Garut

Bagi anda yang membutuhkan kisi-kisi untuk Uji Kompetensi Awal, anda bisa mendownloadnya pada alamat berikut :

Kisi-Kisi UKA tahun 2013

Semoga bermanfaat...!!!