Arsip Kisi-Kisi Ujian Sekolah SD Tahun Pelajaran 2014/2015
Selamat datang bagi teman - teman di Materi Matematika, Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan teman teman di manapun kalian berada, tentang materi pelajaran matematika yang kami beri judul Arsip Kisi-Kisi Ujian Sekolah SD Tahun Pelajaran 2014/2015, Semoga pembahasan yang kami tulis ini dapat menjadi acuan kalian semua dalam belajar Matematika .
Hubungan antar garis limit fungsi bunga pertumbuhan dan peluruhan bilangan bulat berpangkat barisan deret bangun datar ruang sisi lengkung bola cos kombinasi contoh soal yang cocok untuk pendekatan scientific open ended tes cerdas cermat statistika counting sin tan cacah model pembelajaran jigsaw pbl cerita tentang cosinus sbmptn dimensi tiga. Namun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Arsip Kisi-Kisi Ujian Sekolah SD Tahun Pelajaran 2014/2015
Kompetensi yang harus dikuasai oleh Siswa adalah sebagai berikut :
1.1. Memahami konsep dan operasi hitung bilangan bulat serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.( indikator 1-3 ) 1.2. Memahami konsep dan operasi hitung bilangan pecahan serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. ( indikator 4-7 ) 1.3. Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah. ( indikator 8-11 ) 1.4. Memahami konsep dan operasi hitung bilangan berpangkat dan penarikan akar pangkat 2 atau 3. ( indikator 12-14 )
2. Memahami konsep ukuran waktu, panjang, berat, luas, debit, volume, dan konsep jarak dan kecepatan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah. ( indikator 15-18 )
3.1. Memahami konsep, sifat dan unsur-unsur bangun datar, serta hubungan antarbangun, dan dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah. ( indikator 19-23 ) 3.2. Memahami konsep luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah. ( indikator 24-26 ) 3.3. Memahami konsep volume bangun ruang sederhana dan menggunakannya dalam emecahan masalah. ( indikator 27-29 )
4. Memahami konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan menggunakannya dalam pemecahan masalah. ( indikator 30 )
5.1. Memahami konsep pengumpulan dan penyajian data serta menerapkannya dalam pemecahan masalah. ( indikator 31-34 ) 5.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data. ( indikator 35-40 )
Adapun indikator pada kisi-kisi US SD 2015 adalah siswa dapat :
Hubungan antar garis limit fungsi bunga pertumbuhan dan peluruhan bilangan bulat berpangkat barisan deret bangun datar ruang sisi lengkung bola cos kombinasi contoh soal yang cocok untuk pendekatan scientific open ended tes cerdas cermat statistika counting sin tan cacah model pembelajaran jigsaw pbl cerita tentang cosinus sbmptn dimensi tiga. Namun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Arsip Kisi-Kisi Ujian Sekolah SD Tahun Pelajaran 2014/2015
Arsip Kisi-Kisi Ujian Sekolah SD Tahun Pelajaran 2014/2015
Kisi-kisi Ujian Sekolah Dasar Tahun 2015 masih sama dengan tahun 2014. Untuk kisi-kisi US Matematika ada 11 kompetensi yang terdiri dari 40 indikator yang harus dikuasai oleh Siswa.Kompetensi yang harus dikuasai oleh Siswa adalah sebagai berikut :
1.1. Memahami konsep dan operasi hitung bilangan bulat serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.( indikator 1-3 ) 1.2. Memahami konsep dan operasi hitung bilangan pecahan serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. ( indikator 4-7 ) 1.3. Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah. ( indikator 8-11 ) 1.4. Memahami konsep dan operasi hitung bilangan berpangkat dan penarikan akar pangkat 2 atau 3. ( indikator 12-14 )
2. Memahami konsep ukuran waktu, panjang, berat, luas, debit, volume, dan konsep jarak dan kecepatan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah. ( indikator 15-18 )
3.1. Memahami konsep, sifat dan unsur-unsur bangun datar, serta hubungan antarbangun, dan dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah. ( indikator 19-23 ) 3.2. Memahami konsep luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah. ( indikator 24-26 ) 3.3. Memahami konsep volume bangun ruang sederhana dan menggunakannya dalam emecahan masalah. ( indikator 27-29 )
4. Memahami konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan menggunakannya dalam pemecahan masalah. ( indikator 30 )
5.1. Memahami konsep pengumpulan dan penyajian data serta menerapkannya dalam pemecahan masalah. ( indikator 31-34 ) 5.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data. ( indikator 35-40 )
Adapun indikator pada kisi-kisi US SD 2015 adalah siswa dapat :
- Menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan cacah;
- Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campuran bilangan cacah;
- Menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan bulat;
- Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan;
- Menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian berbagai bentuk pecahan;
- Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan skala atau perbandingan;
- Menentukan urutan berbagai bentuk pecahan dari besar ke kecil atau sebaliknya;
- Menentukan KPK atau FPB dari dua bilangan dalam bentuk faktorisasinya;
- Menentukan FPB atau KPK dari tiga buah bilangan dua angka;
- Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan KPK;
- Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan FPB;
- Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat dua;
- Menentukan hasil penarikan akar pangkat tiga dari suatu bilangan pangkat tiga;
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penarikan akar pangkat tiga;
- Menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan satuan waktu atau satuan panjang yang disajikan dalam soal cerita sederhana;
- Menyelesaikan permasalahanyang berkaitan dengan satuan debit atau satuan volume;
- Menentukan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan satuan berat atau satuan luas;
- Menyeleaikan soal cerita sederhana yang brkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu;
- Menentukan bentuk bangun datar dari beberapa sifat-sifat bangun yang disajikan atau sebaliknya;
- Menentukan hasil pencerminan dari gambar suatu bangun datar yang disajikan;
- Menentukan unsur-unsur yang ada pada bangun ruang yang disajikan ( titik sudut, sisi, atau rusuk )
- Menentukan satu pasang bangun yang sama dan sebangun dari beberapa gambar yang disajikan;
- Menentukan jaring-jaring suatu bangun ruang;
- Menghitung luas bangun datar yang disajikan;
- Menentukan luas gabungan atau irisan dari dua bangun datar sederhana;
- Menentukan luas bagian lingkaran ( misalnya setengah lingkaran );
- Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volume kubus atau balok;
- Menentukan volume prisma segitiga dari suatu gambar yang ukurannya diketahui;
- Menentukan volume tabung dari suatu gambar tabung yang ukurannya diketahui;
- Menentukan koordinat salah satu titik;
- Menentukan banyak data dari suatu gambar diagram batang yang disajikan ( terbanyak, terendah, selisih );
- Menentukan banyak data pada diagram lingkaran yang disajikan ( data dari presentase atau besar sudut tertentu );
- Menentukan diagram batang dari data yang disajikan dalam bentuk tabel;
- Menentukan salah satu unsur dari data yang disajikan dalam bentuk diagram batang atau lingkaran;
- Menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data ( rentang banyak data 6-10 );
- Menentukan nilai rata-rata dari data berbentuk tabel ( banyak data kurang dari 20 data );
- Menghitung nilai rata-rata dari sajian data berbentuk diagram batang;
- Menentukan nilai median dari sekumpulan data tunggal yang disajikan;
- Menentukan nilai modus dari data yang disajikan dalam bentuk soal cerita; dan
- Menentukan selisih nilai tertinggi dan terendah dari data yang disajikan.