KISI-KISI ULANGAN TENGAH SEMESTER GANJIL MATEMATIKA XI IPA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

KISI-KISI ULANGAN TENGAH SEMESTER GANJIL MATEMATIKA XI IPA TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Berikut ini kisi-kisi materi ulangan tengah semester ganjil sebagai bahan belajar, agar lebih siap menghadapi ulangan. Kisi-kisi disesuaikan dengan kompetensi dasar dan indikator kompetensi.









NO
MATERI POKOK
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR SOAL
1
Statistika
1.1 Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive
Membaca data yang disajikan dalam bentuk diagram batang
2
Membaca data yang disajikan dalam bentuk diagram lingkaran
3
1.3 Menghitung Ukuran Pemusatan, Ukuran Letak, dan Ukuran Penyebaran data, serta penafsirannya
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rata-rata gabungan
4
Menentukan rataan data yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi
5
Menentukan median data yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi
6
Menentukan median, modus dan jangkauan data tunggal
7
Menentukan modus data yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi
8
Menentukan kuartil atas data yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi
9
Menentukan simpangan rata-rata data tunggal
10
Menentukan kuartil bawah dari histogram
11
Menentukan ragam(varians) data tunggal
12
Menentukan simpangan baku data tunggal
13

1.4 Menggunakan aturan perkalian, permutasi dan kombinasi dalam pemecahan masalah
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aturan perkalian
14
Menghitung hasil operasi faktorial
15
Menentukan banyaknya bilangan yang dapat dibentuk dari angka-angka tersedia dengan syarat tertentu
16
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan permutasi
17
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan permutasi dengan syarat tertentu
18
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan permutasi dengan beberapa unsur yang sama
19
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kombinasi
20
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kombinasi dengan syarat tertentu
21

1.6 Menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya
Menghitung peluang dengan menggunakan kombinasi
22
Menentukan frekuensi harapan suatu kejadian
23
Menentukan peluang gabungan dua kejadian
24
Menentukan peluang kejadian saling bebas
25
Menentukan peluang kejadian tidak saling bebas (bersyarat)

Baca Juga Pengertian Polinom atau Suku Banyak dalam Matematika
MEMBACA DATA YANG DISAJIKAN DALAM TABEL DAN DIAGRAM

MEMBACA DATA YANG DISAJIKAN DALAM TABEL DAN DIAGRAM

      Di jenjang SMA kelas XI baik Program IPA maupun IPS pada materi statistika terdapat Kompetensi Dasar 1.1 Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari kompetensi dasar tersebut adalah:
Membaca data yang disajikan data dalam bentuk tabel
Membaca data yang disajikan data dalam bentuk digram batang
Membaca data yang disajikan data dalam bentuk diagram garis
Membaca data yang disajikan data dalam bentuk diagram lingkaran
    Namun buku referensi yang membahas materi tersebut masih kurang. Oleh karena itu saya mencoba membahas melalui tulisan yang bisa didownload di tautan berikut. Contoh membaca data yang disajikan dalam bentuk tabel dan diagram.

Baca juga Rangkuman Materi Matematika SMA
Rumus Menghitung Volume Kubus dan Balok; Soal Cerita tentang Volume Kubus dan Balok

Rumus Menghitung Volume Kubus dan Balok; Soal Cerita tentang Volume Kubus dan Balok

Rumus Menghitung Volume Kubus dan Balok; Soal Cerita tentang Volume Kubus dan Balok- Balok adalah bangun ruang yang dibentuk oleh tiga pasang persegi panjang dan setiap persegi panjang memiliki bentuk dan ukuran yang sama. Kubus adalah bangun ruang yang dibentuk oleh enam persegi berukuran sama yang merupakan sisi-sisi kubus tersebut.

Rumus Menghitung Balok dan Kubus :

1. Rumus menghitung volume balok

V= p x l x t
Volume balok = luas alas x tinggi atau Volume balok = luas persegi panjang x tinggi
Keterangan : p= panjang, l= lebar, dan t = tinggi

Rumus Menghitung Volume Balok

2. Rumus menghitung volume kubus

Rumus Menghitung Volume Kubus

  1. Sebuah akuarium berbentuk balok dengan panjang 60 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 40 cm. Jika akuarium terisi penuh dengan air, berapakah volume air tersebut?
  2. Reza membeli kardus untuk tempat kado. Kardus itu berbentk persegi dengan luas alas 225 cm persegi. Berapakah panjang sisi alas kardus persegi tersebut?
  3. Dika mengambil pita meteran dan berlari ke kamar mandi. Dia mengukur bak air. Ternyata panjang semua sisi bak air sama yaitu 60 cm. Berapa volume ak air tersebut?
  4. Bak mandi di rumahnya Joni berbentuk kubus dengan rusuk 8 dm. Bak mandi Joni terisi penuh air. Vlumi bak mandi tersebut adalah ... liter
  5. Untuk keperluan olah raga, sebuah SD membuat bak pasir di halaman sekolah. Panjangnya 6 m, lebarnya 2,5 m, dan dalamnya 0.4 m.Bak itu akan diisi penuh dengan pasir. Berapa meter kubik pasir untuk memenuhi bak itu?
Contoh Soal Cerita tentang Skala dan Perbandingan

Contoh Soal Cerita tentang Skala dan Perbandingan

Contoh Soal tentang Skala atau Perbandingan- Untuk persiapan atau memperbanyak latihan  para siswa kelas VI dalam menghadapi Ujian Sekolah, di bawah ini saya arsipkan kumpulan soal matematika tentang skala dan perbandingan:

1. Sebuah menara memiliki tinggi  130 m. Jika menara tersebut digambar dengan skala 1: 500, berapa tinggi menara pada gambar?

2. Luas sebuah lapangan pada denah berskala 1 : 600 adalah 12 cm persegi. Berapakah luas lapangan sebenarnya?

3. Perbandingan keuntungan pak Budi dengan pak Badu adalah 7:4. Jika jumlah keuntungan tersebut Rp. 55.000,00, berapa selisih keuntungan mereka ?

4. Sebuah peta memiliki skala 1: 3.350.000. Jika jarak  dari kota A ke kota B pada peta tersebut digambar 12 cm, berapa jarak antara kota A ke kota B sebenarnya?

5. Perbandingan uang Amir dan Umar yaitu 2 : 3. Jika jumlah uang  mereka Rp. 2.000.000 maka selisih uang mereka adalah ....

6. Kolam ikan pak Slamet berbentuk persegi. Pada denah berskala 1 : 900, kolam tersebut digambarkan luasnya 4 cm persegi. Berapa keliling sebenarnya kolam tersebut?

7. Perbandingan banyak uang Anang dan Unang adalah 5 : 4. Apabila selisih uang mereka Rp. 1.500,00, maka banyak uang Unang adalah ....

8. Panjang sebenarnya sebuah sungai adalah 105 km. Panjang sungai tersebut pada peta 7 cm. Berapa skala peta tersebut?

9. Perbandingan umur Deni dan Dewi adalah 4 : 5. Selisih umur Deni dan Dewi adalah 6 tahun. Berapakah umur masing-masing?

10. Pada suatu peta, kota A dan kota B berjarak 19 cm. Skala peta itu adalah 1 : 2.000.000. Berapa kilometer jarak antara kota A dan kota B sesungguhnya?

11. Diketahui perbandingan banyak bidan dan dokter yaitu 5 : 3. Jika selisih banyak bidan dan dokter 20 orang, maka banyak bidan dan dokter ada ... orang.

12. Joni akan membut denah lapangan sepak bola dengan skala 1 : 2.200. Jika  panjang lapangan sepakbola 110 m, Joni harus menggambar lapangan pada denah dengan panjang…cm.

13. Perbandingan banyak siswa laki-laki dan  perempuan kelas VI 2 : 3. Jika selisih banyak siswa perempuan dan laki-laki 7 orang, maka banyak siswa perempuan ada…anak.

14. Areal PT semen  pada gambar memiliki panjang 6 cm dan lebar 4 cm. Jika skala yang digunakan 1:15.000, maka luas areal PT semen adalah … m²

15. Suatu peternakan mengembangbiakkan sejumlah kambing, kerbau dan sapi. Perbandingan banyak kambing dan kerbau 7 : 4, sedang perbandingan sapi dan kerbau 3:2. Jika  banyak sapi 30 ekor, maka banyak kambing ….

16. Seorang arsitek membuat denah rancangan rumah dengan skala 1 : 80. Jika ukuran rumah pada denah 20 cm x 30 cm, maka ukuran rumah sebenarnya…m x …m.

17. Jumlah mangga dan apel di sebuah keranjang ada 75 buah. Jika perbandingan banyak buah mangga dan apel ada 7:8, maka banyak buah apel ada ….

18. Denah desa Suka Makmur digambarkan dengan skala 1 : 5.000. Sebuah lapangan yang terdapat di desa itu berukuran 100 m x 110 m. Ukuran lapangan tersebut pada denah…cm x … cm

baca juga Materi Matematika Luas Belah Ketupat dan Layang-Layang

Arsip Kisi-Kisi Ujian Sekolah SD Tahun Pelajaran 2014/2015

Arsip Kisi-Kisi Ujian Sekolah SD Tahun Pelajaran 2014/2015

Kisi-kisi Ujian Sekolah Dasar Tahun 2015 masih sama dengan tahun 2014. Untuk kisi-kisi US Matematika ada 11 kompetensi yang terdiri dari 40 indikator yang harus dikuasai oleh Siswa.
Kompetensi yang harus dikuasai oleh Siswa adalah sebagai berikut :
1.1. Memahami konsep dan operasi hitung bilangan bulat serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.( indikator 1-3 ) 1.2. Memahami konsep dan operasi hitung bilangan pecahan serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. ( indikator 4-7 ) 1.3. Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah. ( indikator 8-11 ) 1.4. Memahami konsep dan operasi hitung bilangan berpangkat dan penarikan akar pangkat 2 atau 3. ( indikator 12-14 )
2. Memahami konsep ukuran waktu, panjang, berat, luas, debit, volume, dan konsep jarak dan kecepatan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah. ( indikator 15-18 )
3.1. Memahami konsep, sifat dan unsur-unsur bangun datar, serta hubungan antarbangun, dan dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah. ( indikator 19-23 ) 3.2. Memahami konsep luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah. ( indikator 24-26 ) 3.3. Memahami konsep volume bangun ruang sederhana dan menggunakannya dalam emecahan masalah. ( indikator 27-29 )
4. Memahami konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan menggunakannya dalam pemecahan masalah. ( indikator 30 )
5.1. Memahami konsep pengumpulan dan penyajian data serta menerapkannya dalam pemecahan masalah. ( indikator 31-34 ) 5.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data. ( indikator 35-40 )

Adapun indikator pada kisi-kisi US SD 2015 adalah siswa dapat :
  1. Menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan cacah;
  2. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campuran bilangan cacah;
  3. Menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan bulat;
  4. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan;
  5. Menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian berbagai bentuk pecahan;
  6. Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan skala atau perbandingan;
  7. Menentukan urutan berbagai bentuk pecahan dari besar ke kecil atau sebaliknya;
  8. Menentukan KPK atau FPB dari dua bilangan dalam bentuk faktorisasinya;
  9. Menentukan FPB atau KPK dari tiga buah bilangan dua angka;
  10. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan KPK;
  11. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan FPB;
  12. Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat dua;
  13. Menentukan hasil penarikan akar pangkat tiga dari suatu bilangan pangkat tiga;
  14. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penarikan akar pangkat tiga;
  15. Menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan satuan waktu atau satuan panjang yang disajikan dalam soal cerita sederhana;
  16. Menyelesaikan permasalahanyang berkaitan dengan satuan debit atau satuan volume;
  17. Menentukan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan satuan berat atau satuan luas;
  18. Menyeleaikan soal cerita sederhana yang brkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu;
  19. Menentukan bentuk bangun datar dari beberapa sifat-sifat bangun yang disajikan atau sebaliknya;
  20. Menentukan hasil pencerminan dari gambar suatu bangun datar yang disajikan;
  21. Menentukan unsur-unsur yang ada pada bangun ruang yang disajikan  ( titik sudut, sisi, atau rusuk )
  22. Menentukan satu pasang bangun yang sama dan sebangun dari beberapa gambar yang disajikan;
  23. Menentukan jaring-jaring suatu bangun ruang;
  24. Menghitung luas bangun datar yang disajikan;
  25. Menentukan luas gabungan atau irisan dari dua bangun datar sederhana;
  26. Menentukan luas bagian lingkaran ( misalnya setengah lingkaran );
  27. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volume kubus atau balok;
  28. Menentukan volume prisma segitiga dari suatu gambar yang ukurannya diketahui;
  29. Menentukan volume tabung dari suatu gambar tabung yang ukurannya diketahui;
  30. Menentukan koordinat salah satu titik;
  31. Menentukan banyak data dari suatu gambar diagram batang yang disajikan ( terbanyak, terendah, selisih );
  32. Menentukan banyak data pada diagram lingkaran yang disajikan ( data dari presentase atau besar sudut tertentu );
  33. Menentukan diagram batang dari data yang disajikan dalam bentuk tabel;
  34. Menentukan salah satu unsur dari data yang disajikan dalam bentuk diagram batang atau lingkaran;
  35. Menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data ( rentang banyak data 6-10 );
  36. Menentukan nilai rata-rata dari data berbentuk tabel ( banyak data kurang dari 20 data );
  37. Menghitung nilai rata-rata dari sajian data berbentuk diagram batang;
  38. Menentukan nilai median dari sekumpulan data tunggal yang disajikan;
  39. Menentukan nilai modus dari data yang disajikan dalam bentuk soal cerita; dan
  40. Menentukan selisih nilai tertinggi dan terendah dari data yang disajikan.
Adapun untuk download Kisi-kisi US SD Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA, silakan download kisi-kisi US SD 2015 di link ini baca juga Materi Matematika Luas Bangun Datar Segi Banyak
Soal Cerita yang Berkaitan dengan Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan

Soal Cerita yang Berkaitan dengan Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan

Soal Cerita yang Berkaitan dengan Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan-Setelah saya berbagi Bank Soal tentang Menentukan Hasil Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat, kali ini saya akan berbagi juga tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan dalam bentuk soal cerita. Berikut ini kumpulan soal-soalnya :
  1. Bu Afandi membeli tepung terigu sebanyak 5 2/5 kg. Tepung terigu tersebut dibuat roti sebanyak 3,5 kg. Bu Afandi membeli lagi tepung terigu 3/4 kg untuk persediaan. Persediaan tepung terigu Bu Afandi sekarang ... kg.
  2. Warung Pak Panca  memiliki persediaan minyak tanah 3,5 drum. Dalam waktu 2 hari, minyak tanah tersebut laku berturut-turut 1 1/4 drum dan 2/3 drum. Sisa minyak tanah sebanyak ... drum.
  3. baca juga Materi Matematika Luas dan Keliling Lingkaran
Bank Soal Latihan Ujian Sekolah Kelas 6 SD tentang Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat

Bank Soal Latihan Ujian Sekolah Kelas 6 SD tentang Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat

Bank Soal Latihan Ujian Sekolah Kelas 6 SD tentang Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat-Pembaca yang setia, soal ujian sekolah memang sangat banyak variasinya sehingga saya di sini akan mengarsipkan beberapa soal yang saya ambil dari soal ujian tahun sebelumnya maupun soal yang saya buat sendiri dengan mengacu pada kisi-kisi maupun standar kompetensinya.

Di bawah ini adalah kumpulan atau bank soal tentang Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat :
  1. ( -25 x 6 ) + ( -25 ) - 36 = ....
  2. Hasil dari ( - 12 ) + 36 : 9 + 3 adalah ....
  3. Jika 12 x ( -4 ) + 75 : 3 = x, maka nilai x adalah ....
  4. Hasil dari -30 : ( -27 + 17 ) adalah ....
  5. Hasil dari ( 27 : ( - 9) ) + 10 : 5 adalah ....
  6. Hasil dari 21 x 3 - 34 : ( -2 ) adalah ....
  7. Hasil dari 168 : ( -28 ) - 23 + 19 adalah ....
  8. Hasil dari ( 16 - 40 ) : ( -6 ) adalah ....
  9. Hasil dari ( 412 + ( - 13 ) ) : ( 7 x ( - 3 ) )  adalah ....
  10. 1.320 + 120 x ( -9) : 8 = ....
  11. Hasil dari 16 +  ( - 4 ) - 6 x 2 adalah ....
  12. Hasil dari 12 x ( -8 ) + (- 144) : 6 adalah ....
  13. Hasil dari ( -36 ) : ( - 2 ) + 6 x 4 adalah ....
  14. Hasil dari - 18 : ( 48 : 8 ) + ( - 5 ) adalah ....
Daftar Peserta UKA 2013 Kabupaten Garut

Daftar Peserta UKA 2013 Kabupaten Garut

Jika anda merupakan Calon peserta sertifikasi tahun 2013 untuk wilayah kabupaten garut dan sudah diverifikasi di Kemdiknas. maka selanjutnya diadakan Uji Kompetensi Awal (UKA) sebagai salah satu syarat untuk mengikuti PLPG.

Silahkan Cek nama anda pada Alamat Link berikut :

Daftar Tempat dan Peserta UKA tahun 2013 Kabupaten Garut

Bagi anda yang membutuhkan kisi-kisi untuk Uji Kompetensi Awal, anda bisa mendownloadnya pada alamat berikut :

Kisi-Kisi UKA tahun 2013

Semoga bermanfaat...!!!
16 Tenses dalam bahasa inggris

16 Tenses dalam bahasa inggris

TENSES

1. Simple Present Tense
 Although present mean now (sekarang) but matter of in don't be interpreted that the action done at the moment. this tenses is used to express something that have the character of remain to, real truth or habit. Because often concerning occurence of past time, now and will come. This Tense at least having selected time description. English sentences generally must have subject (S) and  Predicate (P). Because that, all tenses formulatived like that.

Formulas of Present Tense:
(positive)             : S + V1 / S + V1 + O
(Negative)           : S + do (es) not + V1
(Interrogative)    : Do (es) + S + V1 ?
If in the sentence have not another verb, so we use verb to be.Affirmative (+)    : S + Be (am, is, are)
Affirmative (-)    : S + Be (am, is, are) + not
Affirmative (?)    : Be (am, is, are) + S

Examples:
(Positive)               :  He drinks milk.
(Negative)             :  He does not drink milk.
(Interrogative)     :  Does he drink milk?
Passive Voice         :  Milk is drunk by him
2. Present Continuous Tense
    This Tense is used to express something really action is doing in this time. sentences in this tense a more regular weared than present tense.
Formulas of Present Continuous Tense:(positive)              : S + Be (am, is are) + V ing (present participle)
(Negative)             : S + Be (am, is are) + not + V ing
(Interrogative)     : Be (am, is, are) + S + V ing ?

Examples:
(Positive)               : He is drinking milk.
(Negative)             : He is not drinking milk.
(Interrogative)     : Is he drinking milk ?
Passive Voice         : Milk is being drunk by him
3. Present Perfect Tense
    This is Tense which was generally assumed most was difficult to comprehended. To overcome this matter is we have to recognize marking of Tense this. Present Perfect Tense Of dot weigh against at "It have or have its" an action "is not at time doing" action. or equally Present Perfect Tense don't make account of when the happening of an action but the haveness of action done. Therefore this Tense have never followed by time description.
 
Formulas of Present Perfect Tense:
(positive)    : S + have (has) + V3 (past participle)
(Negative)    : S + have (has) + not + V3
(Interrogative)    : Have (has) + S + V3?

Examples:
(Positive)               : He has drunk milk.
(Negative)             : He has not drunk milk.
(Interrogative)     : Has he drunk milk ?
Passive Voice         : Milk has been drunk by him
4. Present Perfect Continuous Tense
    If an action started past time but still is doing till now hence us use sentence in the form of Present Perfect Continuous Tense. This Tense is weared if Verb is including Static Nature (bersifat tetap).
Formulas of Present Continuous Tense:(positive)              : S + have (has) + been + Ving
(Negative)             : S + have (has) + not + been + Ving
(Interrogative)     : Have (has) + S + been + Ving ?

Examples:
(Positive)               : He has been drinking milk.
(Negative)             : He has not been drinking milk.
(Interrogative)     : Has he been drinking milk ?
Passive Voice         : Milk has been being by him

PAST TENSE
1. Simple Past Tense
 
   is used to express an old world action that happened. Way past tense form depend on type of second Verb. first way added d or of ed at second verb (regular verb). Second way in generally change the vowel sounds (irregular verb).

Formula of Simple Past Tense:
(Positive)               : S + V2 (preterite)
(Negative)             : S + did not (didn’t) + V1
(Interrogative)     : Did + S + V1 ?

Examples:
(Positive)               : He drank milk.
(Negative)             : He did not drink milk.
(Interrogative)     : Did he drink milk ?
Passive Voice         : Milk was drunk by him
2. Past Continuous Tense
    This Tenses is used to express an action which is happened in past time. and at the same time happened other action. This Tense emphasize is the happening of the action not its have.

Formulas of Past Continuos Tense:

(Positive)               : S + was/were + V ing (present participle)
(Negative)             : S + was/were + not + V ing
(Interrogative)     : was/were + S + V ing?

Examples:
(Positive)               : He was drinking milk.
(Negative)             : He was not drinking milk.
(Interrogative)     : Was he drinking milk ?
Passive Voice         : Milk is being drunk by him
3. Past Perfect Tense
    It is the same with Past Continuos Tense nor selfsupporting as simple sentence but have to provide with Past Tense sentence. this used to express an action which have been done in past time.

Formulas of Past Perfect Tense:
(Positive)               : S + had + V3
(Negative)             : S + had + not + V3
(Interrogative)     : Had + S + V3?

Examples:
(Positive)               : He had drunk milk.
(Negative)             : He had not drunk milk.
(Interrogative)     : Had He drunk milk ?
Passive Voice         : Milk had been drunk by him

4. Past Perfect Continuos Tense
    Present participle of Past this Perfect like action which still take place past time when an other occurence cut.

Formulas of Past Perfect Continuos Tense:
(Positive)               : S + had been + V ing
(Negative)             : S + had not + been + V  ing
(Interrogative)     : Had + S + been + V ing?

Examples:
(Positive)               : He had been drinking.
(Negative)             : He had not been drinking.
(Interrogative)     : Had he been drinking ?
Passive Voice         : Milk had been being drunk by him  

FUTURE TENSE
1. Simple Future Tense
    This Tense is used to express an action to happen in the future.

Formulas of  Simple Future Tense:
(Positive)               : S + shall/will + V1
(Negative)             : S + shall/will + not + V1
(Interrogative)     : Shall/will + S + V1 ?

Examples:
(Positive)               : He will drink milk.
(Negative)             : He will not drink milk.
(Interrogative)     : Will He drink ?
2. Future Continuous Tense
    This Tense is used to express estimated to action underway at the time of selected is future or there is happened other action.

Formulas of  Future Continuous Tense:
(Positive)               : S + shall/will be + V ing
(Negative)             : S + shall/will + not + be + V ing
(Interrogative)     : Shall/will + S + Be + V ing?

Examples:
(Positive)               : He will be drinking milk.
(Negative)             : He will not be drinking milk.
(Interrogative)     : Will he be drinking milk ?
Passive Voice         : Milk will be being drunk by him

3. Future Perfect Tense
    This Tense is used to express an estimated action have been done at the selected time in future or if there are any other action.
Formulas of  Future Perfect Tense:
(Positive)               : S + shall/will have + V3
(Negative)             : S + shall/will + not + have + V3
(Interrogative)     : Shall/will + S + have + V3?

Examples:
(Positive)               : He will have drunk milk.
(Negative)             : He will not have drunk milk.
(Interrogative)     : Will he have drunk milk ?
Passive Voice         : Milk will has drunk by him

4. Future Perfect Continuous Tense
    This Tense is weared to express an estimated action will come in selected future period or if there are any happened other action. This Tense seldom wear.

Formulas of  Future Perfect Tense:
(Positive)               : S + shall/will have been + V ing
(Negative)             : S + shall/will + not + have been + V  ing
(Interrogative)     : Shall/will + S + have been + V ing?

Examples:
(Positive)               : he will have been drinking milk.
(Negative)             : he will not have been drinking milk.
(Interrogative)     : Will he have been drinking milk ?
Passive Voice      : Milk will has being drunk milk
PAST FUTURE TENSE
1. Past Future Tense
    This Tense generally only used in Conditional (Kalimat Pengandaian) or Reported Speech (Kalimat tidak langsung).

Formulas of  Past Future Tense:
(Positive)               : S + will + V1
(Negative)             : S + will not + V1
(Interrogative)     : Will + S + V1?

Examples:
(Positive)               : He will drink milk.
(Negative)             : He will not drink milk.
(Interrogative)     : Will he drink ?
Passive Voice         : Milk  will be drunk by him
2. Past Future Continuous Tense
    This Tense is weared very rare and if there are any, only met in Reported Speech.

Formulas of  Past Future Continuous Tense:
(Positive)               : S + will be + V ing
(Negative)             : S + will not be + V ing
(Interrogative)     : will + S + be + V ing?

Examples:
(Positive)               : He will be drinking milk.
(Negative)             : He will not be drinking milk.
(Interrogative)     : Will he be drinking milk ?
Passive Voice         : Milk would have been drunk by him


3. Past Future Perfect Tense

    This Tense intrinsically only weared in Conditional (kalimat Pengandaian) as main clause for expressing unreal past (lampau tak nyata).

Formulas of  Past Future Perfect Tense:
(Positive)               : S + will  have + V3
(Negative)             : S + will  not + have + V3
(Interrogative)     : will + S + have + V3?

Examples:
(Positive)               : he will have drunk milk.
(Negative)             : he will not have drunk milk.
(Interrogative)     : Will he have drunk milk ?
 4. Past Future Perfect Continuous Tense
    This Tense is used very rare even in Reported Speech even if.
Formulas of  Past Future Perfect Continuous Tense:
(Positive)               : S + will + have + been + V ing
(Negative)             : S + will + have not + been +V ing
(Interrogative)     : will + S + have been + V ing?
Examples:
(Positive)               : he will have been drinking milk
(Negative)             : he will have not been drinking milk
(Interrogative)     : Will he have been drinking ?