Hakikat Belajar Mengajar Menurut Ahli Referensi Buku

Selamat datang bagi teman - teman di Materi Matematika, Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan teman teman di manapun kalian berada, tentang materi pelajaran matematika yang kami beri judul Hakikat Belajar Mengajar Menurut Ahli Referensi Buku, Semoga pembahasan yang kami tulis ini dapat menjadi acuan kalian semua dalam belajar Matematika .

Hubungan antar garis limit fungsi bunga pertumbuhan dan peluruhan bilangan bulat berpangkat barisan deret bangun datar ruang sisi lengkung bola cos kombinasi contoh soal yang cocok untuk pendekatan scientific open ended tes cerdas cermat statistika counting sin tan cacah model pembelajaran jigsaw pbl cerita tentang cosinus sbmptn dimensi tiga. Namun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Hakikat Belajar Mengajar Menurut Ahli Referensi Buku

lihat juga


Hakikat Belajar Mengajar Menurut Ahli Referensi Buku

Mengajar pada hakikatnya adalah suatu proses, yaitu proses mengatur, mengorrganisasi lingkungan yang ada disekitar anak didik sehingga dapat menumbuhkan dan mendorong anak didik melakukan proses belajar. Sedangkan hakikat belajar adalah perubahan. Pada tahap berikutnya, mengajar adalah proses memberikan bimbingan atau bantuan kepada anak didik dalam melakukan proses belajar. 

Peranan guru guru sebagai pembimbing bertolak dari cukup banyaknya anak didik yang bermasalah. Untuk menyelesaikan masalah aak didik tersebut, guru mengatur strategi pengajaran yang sesuai dengan gaya-gaya belajar anak didik. Selain itu, permasalahan yang guru hadapi ketika berhadapan dengan sejumlah anak didik adalah masalah pengelolaan kelas. 

B. Ciri-ciri belajar dan mengajar

Menurut Edi Suardi, ciri-ciri belajar mengajar sebaga berikut : 
1. Belajar mengajar memiliki tujuan, yaitu untuk membentuk anak didik dalam suau perkembangan tertentu. 
2. Ada suatu prosedur (jalannya interaksi) yang direncanakan, didesain untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. 
3. Kegiatan belajar mengajar ditandai dengan satu penggarapan materi yang khusus. 
4. Ditandai dengan aktivitas anak didik, baik secara fisik maupun secara mental dan aktif. 
5. Dalam kegiatan belajar mengajar, guru berperan sebagai pembimbing. 
6. Dalam kegiatan belajar mengajar membutuhkan disiplin 
7. Ada batas waktu untuk mencapai suatu tujuan 
8. Evaluasi yang dilakukan oleh guru untuk mengetahui tercapai tidaknya tujuan pengajaran yang telah ditentukan.

C. Komponen belajar dan mengajar 

1. Tujuan adalah suatu cita-cita yang ingin dicapai dari pelaksanaan suatu kegiatan. Sedangkan tujuan pengajaran adalah komponen yang dapat mempengaruhi komponen pengajaran lainnya, seperti bahan pelajaran, kegiatan belajar mengajar, pemilihan metode, alat, sumber dan alat evaluasi. Bila salah satu komponen tidakk sesuai dengan tujuan, maka pelaksanaan kegiatan belajar mengajar tidak akan dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. 

2. Bahan Pelajaran 
Merupakan komponen yan tidak bisa diabaikan dalam pengajaran, sebab bahan adalah inti dalam proses belajar mengajar yang akan diampaikan kepada anak didik. 

3. Metode 
Adalah suatu cara yang dipergunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam kegiatan belajar mengajar, sebaiknya guru mengunakan metode yang bervariasi agar proses belajar mengajar tidak membosankan. Lima faktor yang mempengaruhi penggunaan metode megajar sbb : 

a. Tujuan 
b. Anak didik yang berbeda-beda tingkat kematangannya 
c. Situasi keadaannya 
d. Fasilitas 
e. Pribadi guru serta kemampuan profesionalnya yang berbeda-beda. 

4. Alat 
Alat adalah segala sesuatu yang dapat digunakan dalam rangka mencapai tujuan pengajaran. Fungsi alat yaitu sebagai perlengkapan, pembantu memperrmudah usaha mencapai tujuan, sebagai tujuan. 
5. Sumber Pelajaran 
Sumber belajar adalah bahan atau materi untuk menambah ilmu pengetahuan yang mengandung hal-hal baru bagi si pelajar. Sebab pada hakikatnya belajar adalah untuk mendapatkan hal-hal baru (perubahan ). Segala sesuatu dapat dipergunakan sebagai sumber belajar sesuai dengan kepentingan guna mencapai tuuan yang telah diitetapkan. Contoh dari sumber belajar yaitu buku, manusia, media massa, alam/lingkungan, alat pengajaran, museum. 

6. Evaluasi 
Evaluasi dalah tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai dari sesuatu. Tujuan evaluasi ada 2 mcam yaitu : 

A. Tujuan umum evaluasi 
1) Menilai metode mengajar yang digunakan. 
2) Memungkinkan pendidik atau guru menilai aktivitas / pengalaman yan didapat. 
3) Mengumpulkan data-data yang membuuktikan taraf kemajuan murid dalam mencappai tujuan yang diharapkan. 

B. Tujuan Khusus Evaluasi 

1) Meranggsang kegiatan siswa 
2) Menemukan sebab—akibat kemajuan atau kegagalan. 
3) Memberikan bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan, perkembangan dan bbakat siswa yang bersangkutan. 
4) Memperoleh bahan laporan tentang perkembangan siswa yang diperlukan orang tua dan lembaga pendidikan. 
5) Untuk memperbaiki mutu pelajaran/cara belajar dan metode mengajar. 

Fungsi Evaluasi : 
a. Untuk memberikan umpan balik kepada guru sebagai dassar untuk memperbaiki prosess belajar mengajar, serta mengadakan perbbaikan program bagi anak didik. 
b. Untuk memberikan angka yang tepat tentang kemajuan atau hasil belajar dari setiap peserta didik. 
c. Untuk menentukan murid di dalam situasi belajar mengajar yang tepat, sesuai dengan tingkat kemampuan dan karakteristikk yang dimiliki oleh siswa.
Blogger
Disqus

No comments