Soal dan Pembahasan TPA Kemampuan Numerik

Selamat datang bagi teman - teman di Materi Matematika, Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan teman teman di manapun kalian berada, tentang materi pelajaran matematika yang kami beri judul Soal dan Pembahasan TPA Kemampuan Numerik, Semoga pembahasan yang kami tulis ini dapat menjadi acuan kalian semua dalam belajar Matematika .

Hubungan antar garis limit fungsi bunga pertumbuhan dan peluruhan bilangan bulat berpangkat barisan deret bangun datar ruang sisi lengkung bola cos kombinasi contoh soal yang cocok untuk pendekatan scientific open ended tes cerdas cermat statistika counting sin tan cacah model pembelajaran jigsaw pbl cerita tentang cosinus sbmptn dimensi tiga. Namun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Soal dan Pembahasan TPA Kemampuan Numerik

lihat juga


Soal dan Pembahasan TPA Kemampuan Numerik

Matematika mudah dan menyenangkan. Saat-saat yang ditunggu-tunggu akan tiba. Dimana sobat akan menghadapi ujian masuk perguruan tinggi negeri (PTN) atau ketika melamar kerja disuatu instansi. Soal yang paling umum biasanya adalah berupa tes potensi akademik (TPA). Banyak orang merasa soal TPA tidak lah terlihat susah namun ketika menjawab selalu salah. Berikut saya berikan tips cara menjawab soal TPA.


 Pada umumnya soal TPA memiliki 4 kategori yang akan dites yaitu kemampuan verbalkemampuan logika dan kemampuan numerik serta kemampuan parsial. Untuk lebih jelas lagi dapat dilihat Jenis - Jenis Soal TPA.



Sebelum kita membahas soal-soal TPA kemampuan numerik ada kalanya lebih dahulu sobat mengetahui. Apa itu kemampuan numerik?. Pada halaman sebelumnya saya telah menjelaskan apa yang dimaksud dengan kemampuan numerik.  Pada kesempatan kali ini saya akan berikan beberapa tips sebelum mengerjakan soal kemampuan numerik. 

Tips Cara Mudah Mengerjakan Soal TPA Kemampuan Numerik

Pertama, Berdoa. Sebelum mengerjakan soal sebaiknya sobat berdoa terlebih dahulu. Segala sesuatu harus diawali dengan doa.

Kedua, Mengingat konsep dasar aritmatika. Karena pada umumnya tes numerik berkaitan langsung dengan deret aritmatika. Dengan mendalami materi aritmatika akan membantu sobat lebih mudah mencerna pola-pola bilangan yang akan muncul di soal TPA.

Ketiga, Teliti dalam mengoperasikan bilangan. Operasi bilangan seperti perkalian, pembagian, penjumlahan dan pengurangan terkadang dianggap remeh dapat memberikan hasil yang keliru. Karena dalam perhitungan sedikit saja salah maka akan menghasilkan yang salah juga.

Keempat, Mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu. Jangan berfokus pada satu soal saja. Prediksi waktu dan efisiensi waktu yang diberikan.

Kelima, Hilangkan mindset bahwa TPA itu sulit. Karena dengan sobat memiliki pikiran seperti itu akan mengganggu konsentrasi anda dalam belajar sehingga mengurangi niat sobat untuk belajar.


CONTOH SOAL KEMAMPUAN NUMERIK

1. 3, 12, 48, 192, . . ., . . . 
    a. 768, 3072
    b. 3072, 12,288
    c.  211, 220
    d. 220, 229
    e. 768, 3062
Pembahasan:
            Perhatikan pola bilangan yang terjadi. 3 ke 12 merupakan perkalian 3x4. 12 ke 48 juga merupakan perkalian 12x4. begitu seterusnya. Jadi untuk selanjutnya merupakan perkalian 192x4 = 768. Selanjutnya perkalian 768x4 = 3062. Maka jawabannya adalah E. 768 dan 3062

2. 6, 9, 13, 16, 20, 23, 27, . . ., . . .
    a. 10 dan 14
    b. 20 dan 24
    c. 24 dan 28
    d. 30 dan 34
    e. 40 dan 44
Pembahasan :
                 Perhatikan pola bilangan dengan teliti. Barisan bilangan tersebut dapat kita bagi menjadi dua bagian yaitu :
6, 13, 20, 27, . . .    baris 1
9, 16, 23, . . .          baris 2
Pada baris pertama pola yang terjadi yaitu penambahan bilangan dengan 7 bilangan berikutnya adalah 34. Sedangkan pada baris kedua pola yang terjadi yaitu penambahan bilangan dengan 7 juga maka bilangan selanjutnya 30. Sehingga jawabannya adalah D. 30 dan 34


3. 2 x a x 3 = 3 x 4 x 5. Nilai a yang memenuhi adalah . . .
    a. 4
    b. 5
    c. 10
    d. 20
    e. 30
Pembahasan :
                    2 x a x 3 = 3 x 4 x 5 
                            6a   = 60
                              a   = 10
Maka jawabannya adalaha C. 10


4. 3, 4, 7 ,11, 18, . . ., . . .
    a. 25 dan 32
    b. 19 dan 25
    c. 29 dan 47
    d. 19 dan 29
    e. 25 dan 29
Pembahasan :
                   Perhatikan pola bilangan yang terjadi. yaitu penjumlahan dua bilangan sebelumnya. Misal 7 diperoleh dari penjumlahan 3+4. dan 11 diperoleh dari penjumlahan 4 + 7. Begitu seterusnya... Maka jawabannya adalah 11+18 = 29 dan 18+29 = 47 yaitu C. 29 dan 47

5. 4, 5, 8, 15, 16, 45, 32, . . .
    a. 32
    b. 135
    c. 33
    d. 64
    e. 60
Pembahasan :
                    Perhatikan pola bilangan yang terjadi. Baris bilangan tersebut dapat dibagi menjadi dua yaitu :
4, 8, 16, 32, . . .            baris 1
5, 15, 45, . . .                baris 2
Pada baris pertama pola bilangannya dikalikan dengan 2 sedangkan pada baris kedua pola bilangannya dikali 3. karena bilangan yang ditanya merupan lanjutan dari baris kedua maka jawabannya adalah 45x3 = 135. B.  
Blogger
Disqus

No comments