Rangkuman Materi Cara Menghitung Banyaknya Himpunan Bagian Dari Suatu Himpunan Lengkap

Selamat datang bagi teman - teman di Materi Matematika, Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan teman teman di manapun kalian berada, tentang materi pelajaran matematika yang kami beri judul Rangkuman Materi Cara Menghitung Banyaknya Himpunan Bagian Dari Suatu Himpunan Lengkap, Semoga pembahasan yang kami tulis ini dapat menjadi acuan kalian semua dalam belajar Matematika .

Hubungan antar garis limit fungsi bunga pertumbuhan dan peluruhan bilangan bulat berpangkat barisan deret bangun datar ruang sisi lengkung bola cos kombinasi contoh soal yang cocok untuk pendekatan scientific open ended tes cerdas cermat statistika counting sin tan cacah model pembelajaran jigsaw pbl cerita tentang cosinus sbmptn dimensi tiga. Namun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Rangkuman Materi Cara Menghitung Banyaknya Himpunan Bagian Dari Suatu Himpunan Lengkap

lihat juga


Rangkuman Materi Cara Menghitung Banyaknya Himpunan Bagian Dari Suatu Himpunan Lengkap

Dalam pembahasan artikel sebelumnya telah dijelaskan materi mengenai Pengertian dan Contoh Himpunan Bagian. Untuk menambah wawasan kalian mengenai materi himpunan, kali ini akan di bahas materi lanjutan yaitu tentang cara menentukan atau menghitung banyaknya himpunan bagian dari suatu himpunan. Sebagai langkah awal, perhatikan gambar tabel berikut ini :

Cara Menghitung Banyaknya Himpunan Bagian Dari Suatu Himpunan

Dari tabel di atas, kita melihat bahwa ada sebuah hubungan antara jumlah anggota dari suatu himpunan dengan dengan jumlah himpunan bagiannya. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa jumlah himpunan bagian dari suatu himpunan adalah 2n dimana n merupakan jumlah seluruh anggota himpunan tersebut.

Dalam menentukan banyaknya himpunan bagian yang mempunyai anggota sebanyak n, kita bisa menggunakan pola bilangan pada segitiga pascal seperti di bawah ini :

Cara Menghitung Banyaknya Himpunan Bagian Dari Suatu Himpunan
Pada pola bilangan segitiga pascal di atas, bilangan yang berada di tengah merupakan hasil dari penjumlahan angka yang ada di atasnya. Pola bilangan segitiga pascal tersebut di uraikan menjadi :

=> Himpunan bagian dari {a, b, c, d} yang memiliki anggota sebanyak 0 ada 1 : { }
=> Himpunan bagian dari {a, b, c, d} yang memiliki anggota sebanyak 1 dan 4 : {a}, {b}, {c}, {d}
=> Himpunan bagian dari {a, b, c, d} yang memiliki anggota sebanyak 2 dan 6 : {b,a}, {c,a}, {d,a}, {b,c}, {b,d},            {c,d}
=> Himpunan bagian dari {a, b, c, d} yang memiliki anggota sebanyak 3 dan 4 : {a,b,c}, {b,c,d}, {c,d,a}, {d,a,b}
=> Himpunan bagian dari {a, b, c, d} yang memiliki anggota sebanyak 4 dan 1 : {a}, {b}, {c}, {d}

Demikianlah pembahasan materi mengenai Cara Menghitung Banyaknya Himpunan Bagian Dari Suatu Himpunan, semoga kalian bisa memahami penjelasan materi di atas dengan mudah sehingga artikel ini bisa membantu kalian dalam mengerjakan soal - soal himpunan.
Blogger
Disqus

No comments