Rangkuman Materi Operasi Pembagian Bilangan Bulat Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal Lengkap

Selamat datang bagi teman - teman di Materi Matematika, Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan teman teman di manapun kalian berada, tentang materi pelajaran matematika yang kami beri judul Rangkuman Materi Operasi Pembagian Bilangan Bulat Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal Lengkap, Semoga pembahasan yang kami tulis ini dapat menjadi acuan kalian semua dalam belajar Matematika .

Hubungan antar garis limit fungsi bunga pertumbuhan dan peluruhan bilangan bulat berpangkat barisan deret bangun datar ruang sisi lengkung bola cos kombinasi contoh soal yang cocok untuk pendekatan scientific open ended tes cerdas cermat statistika counting sin tan cacah model pembelajaran jigsaw pbl cerita tentang cosinus sbmptn dimensi tiga. Namun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Rangkuman Materi Operasi Pembagian Bilangan Bulat Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal Lengkap

lihat juga


Rangkuman Materi Operasi Pembagian Bilangan Bulat Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal Lengkap

Operasi Pembagian Bilangan Bulat - Dalam artikel kali ini, admin akan menjelaskan materi mengenai operasi pembagian bilangan bulat. Sebelum kalian mempelajari materi ini terlebih dahulu kalian harus memahami konsep Operasi Perkalian Bilangan Bulat seperti yang telah disampaikan dalam materi sebelumnya. Karena bentuk operasi pembagian merupakan kebalikan dari operasi perkalian pada bilangan bulat. Untuk memahami materi mengenai operasi pembagian bilangan bulat, perhatikan pembahasan di bawah ini.

Operasi Pembagian Bilangan Bulat Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal

Pembagian Bilangan Bulat Positif dan Negatif

Hasil bagi antara bilangan bulat positif dengan bilangan bulat negatif adalah bilangan bulat negatif.
Contoh :
1. -5 x (-7) = 35, maka :
      35 : (-7) = -5
      35 : (-5) = -7
2. -4 x (-8) = 32, maka :
      32 : (-4) = -8
      32 : (-8) = -4
3. -11 x (-24) = 264, maka :
      264 : (-24) = -11
      264 : (-11) = -24
Di mana untuk setiap bilangan bulat a dan b selalu berlaku a : (-b) = -(a : b).


Pembagian Bilangan Bulat Negatif Dengan Bilangan Bulat Negatif

Hasil bagi antara bilangan bulat negatif dengan bilangan bulat negatif adalah bilangan bulat positif.
Contoh :
1. 5 x (-8) = -40, maka :
      -40 : (-8) = 5
2. -9 x 2 = -18, maka :
      -18 : (-9) = 2
3. 7 x (-4) = -28, maka :
      -28 : (-4) = 7
Di mana untuk setiap bilangan bulat a dan b selalu berlaku (-a) : (-b) = (a : b).

Pembagian Bilangan Bulat Dengan Nol (0)

Untuk mengetahui operasi pembagian bilangan bulat dengan nol (0), kita mengingat kembali perkalian bilangan bulat dengan nol (0). Di mana untuk setiap bilangan bulat a selalu berlaku a x 0 = 0 => 0 : a = 0.
Dari definisi di atas, dapat dituliskan bahwa "untuk setiap bilangan bulat a, berlaku 0 : a = 0 dan a ≠ 0". Hal tersebut tidak berlaku jika a = 0, karena 0 : 0 hasilnya tidak terdefinisi. Kesimpulannya adalah "jika bilangan nol (0) dibagi dengan bilangan bulat (bukan nol) maka hasilnya akan selalu nol (0).

Demikianlah pembahasan materi mengenai Operasi Pembagian Bilangan Bulat Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal. Semoga kalian bisa memahami materi ini dengan mudah, sehingga bisa membantu kalian dalam mengerjakan soal - soal operasi pembagian bilangan bulat.
Blogger
Disqus

No comments