Tutorial Membuat Daftar Isi Ms. Word Secara Otomatis | Technology

Tutorial Membuat Daftar Isi Ms. Word Secara Otomatis | Technology

Salam sukses matematika. Bagaimana kabar sobat hari ini?. Lagi bingung menyusun skripsi?. Semangat,, Ingatlah apa yang sobat lakukan untuk masa depan sobat. Tambatkan dalam hati bahwa proses tidak akan pernah menghianati hasil. 

Jadi berceramah pula ya,, Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara membuat daftar isi ms. word secara otomatis. Bagian paling penting dari suatu makalah/proposal/ skripsi maupun karya tulis ilmiah lainnya yaitu membuat daftar isi.

Daftar isi akan memudahkan pembaca untuk mengetahui letak artikel yang ingin dilihatnya. Dimana daftar isi berisi bab dan sub bab dari artikel yang dibuat. Nah, bab dan sub bab tersebut lah yang akan menjadi fokus kita hari ini.

10 Cerita Lucu dan Bermakna Moderen


Berikut langkah-langkah untuk membuat daftar isi secara otomatis
  1. Buka file yang akan dibuat daftar isinya. Kemudian buat halaman khusus untuk daftar isi. Apakah artikel sobat telah memiliki heading 1, 2 dan 3?. Jika sudah maka lanjut kelangkah kedua. Jika belum lanjut ke langkah 4.                                                                                            
  2. Kemudian pilih menu  reference > table of content. Pilih jenis daftar isi yang kita inginkan.                                                                                                                                                      Catatan. Jika hasil nya belum terdapat tampilan daftar isinya berarti sobat belum membuat heading 1, 2 dan 3 nya.                                                                                                                            
  3. Jika artikel sobat belum dibuat heading nya maka terlebih dahulu kita membuat heading setiap bab dan sub bab.                                                                                                                               
  4. Heading 1 : Pilih judul dari setiap topik misal judul bab 1, 2, 3 seterusnya. Kata pengantar, daftar isi, lampiran dan lainnya. blok judul bab kemudian Pilih menu home > style (heading 1).                                                                                                                                                      Edit kembali judul bab yg telah diberi heading supaya kembali ke bentuk asal. Kemudian klik format painter. Unntuk bab selanjutnya tinggal di blok dan akan otomatis menjadi heading 1. Lakukan dengan semua judul halaman                                                                                            
  5. Heading 2 : Pilih sub bab dari setiap topik misalnya latar belakang, rumusan masalah dan lainnya. Blok sub bab tersebut dan kemudian pilih menu home > style (heading 2).                                                                                                                                                                              Edit kembali sub bab tersebut sesuai bentuk awalnya. Kemudian klik format painter. Untuk sub bab selanjutnya tinggal blok maka akan otomatis menjadi heading 2.                                                              
  6. Jika harus sampai ke heading 3 lakukan hal yang sama seperti lakukan heading 1 dan 2.
  7. Setelah membuat heading kembali ke langkah ke dua. Pilih menu reference > table of content. Pilih jenis daftar isi  yang diinginkan.
Kini sobat sudah memiliki daftar isi. Untuk melihat proses pengerjaannya. Berikut saya berikan video tutorial membuat daftar isi secara otomatis pada ms.word.
Cara Buat Nomor Halaman Skripsi

Cara Buat Nomor Halaman Skripsi

Matematika mudah dan menyenangkan. Bagaimana kabar sobat hari ini?. Pada kesempatan kali ini saya ingin meluangkan waktu saya untuk membahas seputar permasalahan yang sering terjadi di kampus. Sebelum itu saya ingin memberi sedikit cerita kepada sobat. 

Tepat pukul 17.00 WIB tadi yaitu tanggal 10 february. Saya dan teman-teman nongkrong di tempat favorite kami. Semua sibuk dengan keasikkannya sendiri. Seorang yang satu asik mengerjakan skripsi. Seorang  yang lain asik bermain gadgetnya. Dan saya asik membuat blog ini. hehehe,,,.

Tak beberapa lama kemudian. Datang seseorang memakai tongkat. Sanbil memakai tongkat dia meraba-raba jalan ke arah kami. Dengan kepala diangkat dan mata tertutup rapat sambil menengadahkan tangan. Ternyata seorang pengemis buta. Karena iba akhirnya seorang dari kami mengambil uang dan memberikannya. 

Sang kakek pun pergi berjalan keluar tempat tongkrongan kami. Tiba-tiba,, Tiiitttti,, Titiitt,, Woy,, Teriak sang kakek. Dia angkat tongkatnya dan memarah-marahi pengendara. Seketika kamipun tertawa bersama-sama. Ternyata kakek itu tidak buta dan hanya berpura-pura.

Nah,, Apa yang dapat saya ambil hikmah dari hal itu iya lah. Tidak perlu buta untuk mendapatkan uang. Berusaha terus dan bekerja keras serta berdoa adalah kunci kesuksesan.

Skripsi, Cara buat nomor halaman pada skripsi


Cara Menomori Halaman Skripsi

Apakah sobat seorang mahasiswa? Jika ya berarti sobat akan sering namanya mengerjakan suatu makalah / karya tulis ilmiah terutama skripsi sebagai salah satu syarat kelulusan. Berikut saya berikan langkah - langkah menomori halaman :

Buka file word yang akan diberikan nomor halaman. Jika belum pernah diberi penomoran halaman footer dan headernya akan terlihat seperti berikut :

Arahkan kursor ke halaman kedua. Kemudian klik menu Page layout > Page Setup. Kemudian Pilih Appl to > This point forward


 Maka tampilan footer dan header telah terbagi menjadi section 1 dan section 2.



Kemudian Pilih menu Insert > Page Number > Bottom page. Untuk memberi nomor pada halaman. Akan muncul nomor setiap halam dari awal sampai akhir. Untuk membuat halaman pertama no 1 nya dibawah dan nomor seterusnya diatas. Blok No. halaman angka 2 saja > klik Link To Previous hingga warna kuningnya menghilang.


Berarti kita sudah memisahkan halaman 1 dan halaman 2 kemudian kita hapus no. halaman angka 2 nya otomatis halaman seterusnya akan ikut terhapus kecuali halaman no 1.


Kemudian Untuk membuat no. halaman berikutnya yaitu 2 sampai seterusnya diatas halaman. Pilih menu Insert > Page number > Top Page. Maka pada atas halaman akan diberi nomor dari 1 sampai seterusnya. Halaman perta akan memiliki dua no. halaman.


Cara menghilangkan angka 1 diatas halaman sama halnya seperti tadi. Blok no. Halaman angka 2 dan klik Link To Previous. Kemudian hapus angka 1 pada halaman. Maka akan menjadi seperti ini.


Kemudian, Terkadang untuk diawal kita mampu melakukannya. Namun pada bab berikutnya sobat sering mengalami kendala. Misalnya kita masuk ke BAB II. Tahapnya sama saja seperti tadi sobat bermain di section - section nya. Misal kita masuk ke BAB II. Kita pilih menu Insert > Page Layout > pilih aply to the point forward.


Maka akan terbentuk section baru yaitu section 3. Lakukan lagi pada halaman setelah BAB II sehingga membentuk section 4.

 Beri nomor halaman di footer section 3. Pilih menu Insert > Page Number > Bottom Page. Maka pada halaman akan tertera no. halaman lanjutan. Pada halaman sebelum BAB II akan tertulis kembali no halaman yang telah kita hapus tadi. Nah,, kila Blok no halaman angka 5 klik Link To Previous. Kemudian hapus halaman sebelumnya. Secara otomatis halaman sebelum BAB II akan menghilang.


Selanjutnya. Lakukan cara yang sama seperti sebelumnya untuk membuat no halaman 5 dibawah dan halaman 6 seterusnya diatas halaman. Pilih menu Insert > Page Number > Top Page. Blok halaman klik link to previous. Kemudian hapus angka tersebut.




Demikian cara untuk membuat nomor halaman skripsi atau karya tulis ilmiah. Jika mengalami kesulitan dalam melakukan prosesnya. Tonton Tutorial cara membuat no halaman Skripsi dibawah :




Salam hangat matematika. Matematika mudah dan menyenangkan.
Standar Nasional Pendidikan Indonesia

Standar Nasional Pendidikan Indonesia

Salam matematika. Bagaimana kabar sobat? Hari yang indah ini saya akan menyempatkan waktu saya untuk mebahas Standar Nasional dalam pendidikan indonesia. sehubungan dengan itu saat ini pendidikan indonesia sedang mengalami perkembangan setiap tahunnya untuk menciptakan anak-anak generasi bangsa yang terbaik. Sehingga apa yang menjadi tujuan pendidikan dapat terccapai sesuai UU No. 20 Tahun 2003.

Standar Nasional Pendidikan Indonesia


UU No. 20 Tahun 2003 berisi :
a. bahwa pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 mengamanatkan Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial;
b. bahwa Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengamanatkan Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dengan undang-undang;
c. bahwa sistem pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global sehingga perlu dilakukan pembaharuan pendidikan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan;



Pemerintah indonesia telah melakukan beberapa kali amandemen atau perubahan kurikulum dari dulu hingga sekarang. Agar mencapai tujuan dari pendidikan tersebut terhitung indonesia telah menerapkan kurang lebih 11 kali pergantian kurikulum yaitu pada tahun 1947 (kurikulum 1947), tahun 1952, tahun 1964, tahun 1968, tahun 1975, tahun 1984, tahun 1994 dan suplemen kurikulum 1999, tahun 2004, tahun 2006 (KTSP), dan tahun 2013. Dan yang sampai sekarang dipakai yaitu kurikulum 2013 sebagai pengganti KurikulumTingkat Satuan Pendidikan (KTSP), yang dikeluarkan pemerintah melalui Permen Dinas Nomor 22 tentang standar isi, 

Pendidikan Indonesia sesuai dengan UU No. 20 Tahun 2003 dan UUD 1945. Peraturan Pemerintah ini memberikan arahan tentang perlunya disusun dan dilaksanakan delapan standar nasional pendidikan, yaitu: (1) Standar Isi, (2) Standar Proses, (3) Standar Kompetensi Lulusan, (4) Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, (5) Standar Sarana dan Prasarna, (6) Standar Pengelolaan, (7) Standar Pembiayaan, dan (8) Standar Penilaian Pendidikan.

Standar Isi

Standar isi mencakup lingkup materi minimal dan tingkat kompetensi menimal untuk mencapai kompetensi lulusan minimal pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Menurut KEPMENDIKNAS No. 22 Tahun 2006tentang standar isi memuatkurikulum, bebanbelajardantingkatsatuanpendidikan.

Standar Proses

Dalam PERMENDIKNAS No.41 Tahun 2007 tentang standar proses untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Harusmeliputi perencanaan proses, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaianpembelajaran, untukterlaksananyapembelajaran yang efektifdanefisien.

Standar Kompetensi Lulusan

Standar kompetensi lulusan digunakan sebagai pedoman penilaian dalam penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan. PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA Nomor 23 Tahun 2006 menetapkan standar kompetensi lulusan untuk satuan pendidikan dasar dan menengah

Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan

PERATURAN MENTERI Nomor 12 Tahun 2007 tentang standar pengawasan sekolah. Pendidik harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Kompetensi yang harus dimiliki meliputi :
  • Kompetensi Pedagogik
  • Kompetensi Kepribadian
  • Kompetensi Profesional
  • Kompetensi Sosial

Standar Sarana dan Prasarana

Dalam PERATURAN MENTERI Nomor 24 Tahun 2007 tentang standar sarana dan prasarana untuk SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA. Sarana meliputi perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan. Prasanana meliputi ruang kelas, ruang pimpinan satuan pendidikan ruang tata usaha, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang kantin, tempat berolahraga, tempat beribadah, atau tempat yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan.

Standar Pengelolaan

Dalam PERATURAN MENTERI Nomor 19 Tahun 2007 tentang standar pengelolaan pendidikan oleh satuan pendidikan dasar dan menengah. Standar pengelolaan terdiri dari tiga bagian yaitu standar pengelolaan oleh satuan pendidikan, standar pengelolaan oleh pemerintah daerah dan standar pengelolaan oleh pemerintah.

Standar Pembiayaan

Standar biaya yang diatur dalam PERATURAN MENTERI Nomor 69 Tahun 2009 tentang standar biaya operasi nonpersonalia untuk sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas

Standar Penilaian 

Dalam PERATURAN MENTERI Nomor 20 Tahun 2007 tentng penilaian pendidikan. Penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas :
  • Penilaian hasil belajar oleh peserta didik
  • Penilaian hasill belajar oleh satuan pendidikan



Soal Dan Pembahasan TPA Kemampuan Spasial

Soal Dan Pembahasan TPA Kemampuan Spasial

Salam matematika,, jumpa lagi dengan saya matematika. Matematika mudah dan menyenangkan. Bagaimana kabar sobat hari ini? apakah sobat pernah merasa aneh. Dari SD sampai SMA tidak pernah diajarkan tentang TPA. Ketika sobat ingin masuk ke suatu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau ingin melamar ke suatu instansi malah dihadapkan dengan yang namanya TPA?. Jika begitu, sobat pernah merasakan hal yang sama seperti saya rasakan. Apa sih itu  TPA?? Untuk masalah itu sudah saya bahas di halaman sebelumnya.


     Pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan materi tentang tes kemampuan spasial/gambar. Buat sobat yang baru pertama lihat blog ini bisa membuka halaman sebelumnya. Sebelumnya saya sudah membahasa bagaimana soal dan pembahasan Tes Temampuan Verbal, Tes Kemampuan Logika, Tes Kemampuan Numerik diserta contoh dan pembahasannya dan Tips mudah sebelum menjawab TPA. Klik Disini.

     Sebelum saya melanjutkan membahas soal dan pembahasannya. Alangkah lebih baik terlebih dahulu kita mengulang sedikit tentang Apa Itu Kemampuan Spasial/ Gambar?


APA ITU TES KEMAMPUAN SPASIAL / GAMBAR?

      Kemampuan spasial merupakan suatu tes yang dilakukan untuk menguji pengetahuan seseorang dari penglihatan/cara pandangnya dalam memanipulasi benda-benda 2-dimensi atau 3-dimensi. Banyak orang sering gagal dalam menyelesaikan soal seperti ini.Sehingga berimbas pada tidak diterimanya suatu yang ingin dicapai. Padahal dalam menyelesaikan soal seperti ini tidak terlalu memerlukan rumus-rumus tertentu dalam menjawabnya. Sobat harus bisa menganalisis gambar yang diberikan dengan baik mulai dari bentuk persamaan dan perbedaan gambar maupun dari pola gambar yang diberikan.

     Dalam menjawab soal tipe kemampuan spasial memang akan memakan banyak waktu untuk menganalisa satu soal saja. Namun, jangan menyerah dengan ketekunan sobat pasti bisa menghadapinya.

CONTOH SOAL TPA KEMAMPUAN SPASIAL / GAMBAR

A. TES MENGELOMPOKKAN BENTUK
     Terdapat pilihan antara A,B,C,D dan E dengan gambar yang memiliki kesamaan atau pola yang sama. Diantara gambar tersebut terdapat satu gambar yang  tidak sama atau dengan pola berbeda. Tentukan gambar tersebut sebagai jawaban No. 1-5

1.


 



Pembahasan:
                   Perhatikan pola antara setiap gambar yang diberikan. Lihat gambar A, B, C dan E. Pada gambar tersebut setiap lingkaran tidak ada yang rapat atau berimpitan satu sama lain. Perhatikan gambar D. Pada gambar tersebut setiap lingkaran berimpitan. Sehingga gambar D yang berbeda dari yang lain / tidak masuk satu kelompok maka jawabannya D.

2.







Pembahasan :
                     Analisis setiap kemungkinan menjadikan gambar tersebut sama atau berbeda dengan yang lainnya. Perhatikan gambar A, B, C, dan E. Apa yang tampak disitu? Bahwa setiap gambar tersebut membentuk kotak baru dengan jumlah genap. A kotanya dan B kotanya 4 dan C kotanya 6 serta E kotanya 16. Sedangkan D kotanya 9 merupakan bilangan ganjil. Maka Jawabannya D.

3. 







Pembahasan :
                     Pada setiap jajargenjang A, B, C, dan D memiliki ukuran yang sama. Sedangkan E ukurannya berbeda. Sehingga jawabannya adalah E. 

4.








Pembahasan :
                    PErhatikan lingkaran hitam yang ada pada lingkaran kecil. Untuk Setiap lingkaran di B, C, D dan E memiliki kesamaan yaitu menyinggung lingkaran kecil sedangkan gambar A lingkaran hitamnya tidak menyinggung lingkaran kecil. Maka jawabannya adalah A.

5.








Pembahasan :
                     Perhatikan Gambar A. Pada gambar tersebut bola hitam berada pada pertemuan beberapa garis (di titik temu suatu garis). Sedangkan gambar yang lain tidak. Maka jawabannya adalah A.


B. TES BAYANGAN CERMIN
     Terdapat pilihan antara A,B,C,D dan E pada gambar dibawah. Dimana gambar tersebut terlihat sama satu sama lain. Antara satu gambar memiliki pasangan cerminannya pada setiap pilihan. Namun, terdapat satu gambar yang tidak memiliki bayangan cermin pada gambar yang lain. Gambar tersebut merupakan cerminan dari gambar yang lain.

1.
Pembahasan :
                     Pada  gambar A, C, D, dan E merupakan satu gambar yang sama dengan posisi yang diputar searah jarum jam. Sedangkan gambar B merupakan bayangan cerminannya. Maka jawabannya adalah B.

2.








Pembahasan : 
                      Perhatikan titik hitam pada setiap gambar. Titik hitam di A, C, D, dan E terletak di sebelah kiri bawah garis vertikal yang membagi lingkaran. Pada gambar B di sebelah kanan bawah  yang menjadi bayangan cermin. Maka jawabannya adalah B.

3.






Pembahasan :
                     Perhatikan pola setiap gambar. Sedangkan pada gambar E merupakan bayangan cermin maka jawabannya adalah E.

4.

Pembahasan :
                     Perhatikan titik hitam kecil. Pada gambar B, C, D dan E jika diputar-putar titik hitam berada disebelah kanan dari gambar (Bukan kanan kita ya) sedangkan Gambar A titik hitam berada disebelah kiri gambar yang menjadi bayangan cermin. Maka jawabannya adalah A.
5.










Pembahasan
                   Pada setiap gambar memiliki pola yang sama kecuali D yang merupakan bayangan cermin. Maka jawabannya adalah  D.



C. TES GAMBAR UMUM
D. TES MENYUSUN BENTUK
Soal TPA Kemampuan Spasial

Soal TPA Kemampuan Spasial

Matematika mudah dan menyenangkan. Pada halaman sebelumnya saya telah menjelaskan tentang soal-soal TPA serta pembahasannya. Mulai dari Apa Itu TPA? Soal TPA Kemampuan Verbal, Kemampuan Logika dan Kemampuan Numerik. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Tes Potensi Akademik (TPA) pada kemampuan spasial/gambar.

APA ITU KEMAMPUAN SPASIAL/GAMBAR?

       Kemampuan spasial merupakan suatu tes yang dilakukan untuk menguji pengetahuan seseorang dari penglihatan/cara pandangnya dalam memanipulasi benda-benda 2-dimensi atau 3-dimensi. Banyak orang sering gagal dalam menyelesaikan soal seperti ini. Sehingga berimbas pada tidak diterimanya suatu yang ingin dicapai. Padahal dalam menyelesaikan soal seperti ini tidak terlalu memerlukan rumus-rumus tertentu dalam menjawabnya. Sobat harus bisa menganalisis gambar yang diberikan dengan baik mulai dari bentuk persamaan dan perbedaan gambar maupun dari pola gambar yang diberikan.

        Dalam menjawab soal tipe kemampuan spasial memang akan memakan banyak waktu untuk menganalisa satu soal saja. Namun, jangan menyerah dengan ketekunan sobat pasti bisa menghadapinya. Sebelum saya bahas soal dan pembahasannya terlebih dahulu kita mengetahui jenis-jenis soal TPA kemampuan spasial.


Jenis-Jenis Tes Kemampuan Spasial / Gambar :

1. Tes Mengklarisfikasi Gambar / Mengelompokkan bentuk
2. Tes Bayangan Cermin
3. Tes Gambar Umum
4. Tes Menyusun Bentuk


Tips Menjawab Soal TPA Kemampuan Spasial/Gambar

Pertama, Sebelum mengerjakan soal sebaiknya sobat berdoa. Segala sesuatu harus kita awali dengan doa. 

Kedua, Ketika menganalisis gambar pada setiap soal. Fokuskan pada keempat hal diatas. Apakah ini termasuk mencari bayangan cermin atau mengklasifikasi gambar atau mengelompookan bentuk?. 

Ketiga, Untuk bagian tes mengelompokkan bentuk yang harus sobat lakukan yaitu mencari pola setiap gambar yang diberikan. Carilah gambar dengan pola yang berbeda. Mulai dari perbedaan dan kesamaan gambar yang satu dengan gambar yang lainnya. Jika ada gambar yang beda sendiri maka itu adalah jawabannya.

Keempat, Untuk bagian tes bayangan cermin, Sobat analisis gambar yang diberikan jika dihadapkan pada sebuah cermin akan memberikan gambar yang seperti apa?  Kira-kira ketika gambar tersebut diletakkan pada sebuah cermin akan membentuk gambar apa. Maka itu merupakan jawabannya

Kelima, Untuk bagian tes gambar umum. Sobat harus melakukan beberapa hal yaitu membaca petunjuk soal yang diberikan. Jika soal mengarahkan sobat untuk memilih gambar yang memiliki pola berdasar pola yang ada maka sobat menganalisis gambar satu - persatu dan untuk lebih mudah bisa dilakukan di kertas buram jika sulit di bayangkan.

Keenam, Jika mengalami kebuntuan pada satu soal langsung pindah saja kesoal berikutnya. Jangan berfokus pada satu soal. Perkirakan waktu yang diberikan dengan tetapkan waktu sobat dalam mengerjakan satu soal.

CONTOH DAN PEMBAHASAN SOAL TPA KEMAMPUAN SPASIAL

A. TES MENGELOMPOKKAN BENTUK
     Terdapat pilihan antara A,B,C,D dan E dengan gambar yang memiliki kesamaan atau pola yang sama. Diantara gambar tersebut terdapat satu gambar yang  tidak sama atau dengan pola berbeda. Tentukan gambar tersebut sebagai jawaban No. 1-5

1.







2.








3. 








4.









5.










B. TES BAYANGAN CERMIN
     Terdapat pilihan antara A,B,C,D dan E pada gambar dibawah. Dimana gambar tersebut terlihat sama satu sama lain. Antara satu gambar memiliki pasangan cerminannya pada setiap pilihan. Namun, terdapat satu gambar yang tidak memiliki bayangan cermin pada gambar yang lain. Gambar tersebut merupakan cerminan dari gambar yang lain.

1.


2.








3.







4.


5.









C. TES GAMBAR UMUM
D. TES MENYUSUN BENTUK
Soal dan Pembahasan TPA Kemampuan Numerik

Soal dan Pembahasan TPA Kemampuan Numerik

Matematika mudah dan menyenangkan. Saat-saat yang ditunggu-tunggu akan tiba. Dimana sobat akan menghadapi ujian masuk perguruan tinggi negeri (PTN) atau ketika melamar kerja disuatu instansi. Soal yang paling umum biasanya adalah berupa tes potensi akademik (TPA). Banyak orang merasa soal TPA tidak lah terlihat susah namun ketika menjawab selalu salah. Berikut saya berikan tips cara menjawab soal TPA.


 Pada umumnya soal TPA memiliki 4 kategori yang akan dites yaitu kemampuan verbalkemampuan logika dan kemampuan numerik serta kemampuan parsial. Untuk lebih jelas lagi dapat dilihat Jenis - Jenis Soal TPA.



Sebelum kita membahas soal-soal TPA kemampuan numerik ada kalanya lebih dahulu sobat mengetahui. Apa itu kemampuan numerik?. Pada halaman sebelumnya saya telah menjelaskan apa yang dimaksud dengan kemampuan numerik.  Pada kesempatan kali ini saya akan berikan beberapa tips sebelum mengerjakan soal kemampuan numerik. 

Tips Cara Mudah Mengerjakan Soal TPA Kemampuan Numerik

Pertama, Berdoa. Sebelum mengerjakan soal sebaiknya sobat berdoa terlebih dahulu. Segala sesuatu harus diawali dengan doa.

Kedua, Mengingat konsep dasar aritmatika. Karena pada umumnya tes numerik berkaitan langsung dengan deret aritmatika. Dengan mendalami materi aritmatika akan membantu sobat lebih mudah mencerna pola-pola bilangan yang akan muncul di soal TPA.

Ketiga, Teliti dalam mengoperasikan bilangan. Operasi bilangan seperti perkalian, pembagian, penjumlahan dan pengurangan terkadang dianggap remeh dapat memberikan hasil yang keliru. Karena dalam perhitungan sedikit saja salah maka akan menghasilkan yang salah juga.

Keempat, Mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu. Jangan berfokus pada satu soal saja. Prediksi waktu dan efisiensi waktu yang diberikan.

Kelima, Hilangkan mindset bahwa TPA itu sulit. Karena dengan sobat memiliki pikiran seperti itu akan mengganggu konsentrasi anda dalam belajar sehingga mengurangi niat sobat untuk belajar.


CONTOH SOAL KEMAMPUAN NUMERIK

1. 3, 12, 48, 192, . . ., . . . 
    a. 768, 3072
    b. 3072, 12,288
    c.  211, 220
    d. 220, 229
    e. 768, 3062
Pembahasan:
            Perhatikan pola bilangan yang terjadi. 3 ke 12 merupakan perkalian 3x4. 12 ke 48 juga merupakan perkalian 12x4. begitu seterusnya. Jadi untuk selanjutnya merupakan perkalian 192x4 = 768. Selanjutnya perkalian 768x4 = 3062. Maka jawabannya adalah E. 768 dan 3062

2. 6, 9, 13, 16, 20, 23, 27, . . ., . . .
    a. 10 dan 14
    b. 20 dan 24
    c. 24 dan 28
    d. 30 dan 34
    e. 40 dan 44
Pembahasan :
                 Perhatikan pola bilangan dengan teliti. Barisan bilangan tersebut dapat kita bagi menjadi dua bagian yaitu :
6, 13, 20, 27, . . .    baris 1
9, 16, 23, . . .          baris 2
Pada baris pertama pola yang terjadi yaitu penambahan bilangan dengan 7 bilangan berikutnya adalah 34. Sedangkan pada baris kedua pola yang terjadi yaitu penambahan bilangan dengan 7 juga maka bilangan selanjutnya 30. Sehingga jawabannya adalah D. 30 dan 34


3. 2 x a x 3 = 3 x 4 x 5. Nilai a yang memenuhi adalah . . .
    a. 4
    b. 5
    c. 10
    d. 20
    e. 30
Pembahasan :
                    2 x a x 3 = 3 x 4 x 5 
                            6a   = 60
                              a   = 10
Maka jawabannya adalaha C. 10


4. 3, 4, 7 ,11, 18, . . ., . . .
    a. 25 dan 32
    b. 19 dan 25
    c. 29 dan 47
    d. 19 dan 29
    e. 25 dan 29
Pembahasan :
                   Perhatikan pola bilangan yang terjadi. yaitu penjumlahan dua bilangan sebelumnya. Misal 7 diperoleh dari penjumlahan 3+4. dan 11 diperoleh dari penjumlahan 4 + 7. Begitu seterusnya... Maka jawabannya adalah 11+18 = 29 dan 18+29 = 47 yaitu C. 29 dan 47

5. 4, 5, 8, 15, 16, 45, 32, . . .
    a. 32
    b. 135
    c. 33
    d. 64
    e. 60
Pembahasan :
                    Perhatikan pola bilangan yang terjadi. Baris bilangan tersebut dapat dibagi menjadi dua yaitu :
4, 8, 16, 32, . . .            baris 1
5, 15, 45, . . .                baris 2
Pada baris pertama pola bilangannya dikalikan dengan 2 sedangkan pada baris kedua pola bilangannya dikali 3. karena bilangan yang ditanya merupan lanjutan dari baris kedua maka jawabannya adalah 45x3 = 135. B.