Menentukan Daerah Himpunan Sistem Pertidaksamaan Linear

Selamat datang bagi teman - teman di Materi Matematika, Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan teman teman di manapun kalian berada, tentang materi pelajaran matematika yang kami beri judul Menentukan Daerah Himpunan Sistem Pertidaksamaan Linear, Semoga pembahasan yang kami tulis ini dapat menjadi acuan kalian semua dalam belajar Matematika .

Hubungan antar garis limit fungsi bunga pertumbuhan dan peluruhan bilangan bulat berpangkat barisan deret bangun datar ruang sisi lengkung bola cos kombinasi contoh soal yang cocok untuk pendekatan scientific open ended tes cerdas cermat statistika counting sin tan cacah model pembelajaran jigsaw pbl cerita tentang cosinus sbmptn dimensi tiga. Namun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Menentukan Daerah Himpunan Sistem Pertidaksamaan Linear

lihat juga


Menentukan Daerah Himpunan Sistem Pertidaksamaan Linear

grafik sistem pertidaksamaan linear

Sistem pertidaksamaan linear adalah sistem yang komponen – komponennya terdiri atas sejumlah pertidaksamaan linear. Penyelesaian dari sistem pertidaksamaan linear merupakan irisan penyelesaian dari setiap pertidaksamaan linear. 

Contoh : Gambarlah grafik daerah himpunan penyelesaian dari sistem pertidaksamaan berikut 3x + 2y ≤ 6, x ≥ 0, y≥ 0 dengan x dan y adalah Real. 

Penyelesaian : 

Langkah awal menggambar grafik himpunan penyelesaian adalah menentukan daerah himpunan penyelesaian untuk masing-masing pertidaksamaan. Kemudiaan tentukan daerah irisannya. 

a. Menentukan daerah penyelesaian pertidaksamaan 3x + 2y ≤ 6. Telah dijelaskan pada contoh sebelumnya. 
Grafik pertidaksamaan linear
b. Menentukan daerah x ≥ 0
Pertidaksamaan x ≥ 0 semua nilai x yang dimaksud bernilai positif. Maka daerah arsiran untuk pertidaksamaan tersebut berada disebelah kanan dari sumbu y yaitu pada nilai x positif. Pertidaksamaan ini digambarkan sebagai berikut.

Grafik untuk x > 0
c. Menentukan daerah y ≥ 0 Pertidaksamaan y ≥ 0 artinya semua nilai y yang dimaksudkan bernilai positif. Maka arsiran daerah himpunan penyelesaian pertidaksamaan tersebut berada di atas sumbu x yaitu pada nilai y positif. Pernyataan ini digambarkan sebagai berikut.
Grafik untuk y > 0
Dengan demikian daerah himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan 3x + 2y ≤ 6, x ≥ 0, y ≥ 0 merupakan irisan dari daerah himpunan penyelesaian pertidaksamaan tersebut. Daerah irisan yang menjadi daerha himpunan penyelesaiannya adalah sebagai berikut

Daerah Arsiran Pertidaksamaan Linear
dearah yang diarsir merupakan daerah himpunan penyelesaian dari beberapa pertidaksamaan linear diatas. Untuk selanjutnya dalam menentukan nilai optimum (maksimum / minimum) pada materi program linear akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
Blogger
Disqus

No comments