Kelemahan dan Kekurangan Berbagai Metode Pembelajaran
Selamat datang bagi teman - teman di Materi Matematika, Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan teman teman di manapun kalian berada, tentang materi pelajaran matematika yang kami beri judul Kelemahan dan Kekurangan Berbagai Metode Pembelajaran , Semoga pembahasan yang kami tulis ini dapat menjadi acuan kalian semua dalam belajar Matematika .
Hubungan antar garis limit fungsi bunga pertumbuhan dan peluruhan bilangan bulat berpangkat barisan deret bangun datar ruang sisi lengkung bola cos kombinasi contoh soal yang cocok untuk pendekatan scientific open ended tes cerdas cermat statistika counting sin tan cacah model pembelajaran jigsaw pbl cerita tentang cosinus sbmptn dimensi tiga. Namun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Kelemahan dan Kekurangan Berbagai Metode Pembelajaran
Hubungan antar garis limit fungsi bunga pertumbuhan dan peluruhan bilangan bulat berpangkat barisan deret bangun datar ruang sisi lengkung bola cos kombinasi contoh soal yang cocok untuk pendekatan scientific open ended tes cerdas cermat statistika counting sin tan cacah model pembelajaran jigsaw pbl cerita tentang cosinus sbmptn dimensi tiga. Namun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Kelemahan dan Kekurangan Berbagai Metode Pembelajaran
Kelemahan dan Kekurangan Berbagai Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran yang baik dan tepat akan mempengaruhi tingkat keberhasilan guru dalam mengajar siswa. Berikut beberapa metode yang sering digunakan dalam pembelajaran serta kelemahan dan kelebihannya.
1. Metode Proyek
Metode proyek adalah cara penyajian pelajaran yang bertitik tolak dari suatu masalah, kemudian dibahas dari berbagai segi yang berhubungan sehingga pemecahannya secara keseluruhan dan bermakna.
2. Metode eksperimen
Metode eksperimen adalah cara penyajian pelajaran dimana siswa melakukan percoobaan dengan memahami dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari.
Adapun kelebihan menggunakan metode eksperimen adalah :
- Membuat siswa lebih percaya.
- Hasil - hasil perrcobaan yang berharga dapat dimanfaatkan untuk kemakmuran umat manusia.
Adapun kekurangan menggunakan metode eskperimen adalah :
- Menuntut ketelitian, keuletan dan ketabahann
- Lebih sesuai dengan bidang-bidang sains dan teknologi.
- Memerlukkan berbagai alat dan bahan yang tidak selalu mudah diperoleh dan mahal.
3. Metode tugas dan resitasi
Metode tugas dan resitasai adalah metode penyajian bahan dimana guru memberikan tugas tertentu agar siswa melakukan kegiiatan belajar. Metode ini diberikaan apabila dirasakan bahan pelajaran terlalu banyak,, sementara waktu sedikit.
Adapun kelebihan menggunakan metode tugas dan resitasi adalah :
- Lebih merangsang sisswa dalam melakukan aktivitas belajar individual ataupun kelompok.
- Dapat mengembangkan kreativitas.
- Dapat membina tanggung jawab dan disiplin siswa.
Adapun kekurangan menggunakan metode tugas dan resitasi adalah :
- Siswa sulit dikontrol, apakah benar ia yang mengerjakan tugas ataukah orang lain.
- Tidak mudah memberikan tugas yang sesuai dengan perbedaan individu siswa.
- Sering memberikan tugas yang monoton dapat menimbulkan kebosanan siswa.
4. Metode diskusi
Metode diskusi adalah cara penyajian pelajaran, dimana siswa dihadapkan kepada suatu masalah yang bisa berupa pernyataan atau pertanyaan yang bersifat problematis untuk dibahas dan dipecahkan bersama.
Adapun kelebihan menggunakan metode diskusi adalah :
- Menperluas wawasan
- Mengembangkan sikap menghargai pendapat orang lain.
- Membina untuk terbiasa musyawarah untuk mufakat dalam memecahkan suatu masalah.
Adapun kekurangan menggunakan metode diskusi adalah :
- Peserta mendapat informasi yang terbatas
- Tidak dapat dipakai pada kelompok yang besar.
- Pembicaraan terkadang menyimpang, shg memerlukan waktu yang panjang.
5. Metode sosiodrama atau role playing
Metode sosiodrama adalah mendramatisir tingkah laku dalam hubungannya dengan masalah sosial. Kelebihan metode ini , yaitu melatih siswa untuk melatih , memahami, dan mengingat is bahan yang akan diidramakan. Selain itu siswa menjadi lebih berinisiatif dan berkreatif , siswa memperoleh kebiasaan uuntuk menerima dan membagi tanggung jawabb dengan sesamanya. Sedangkan kekurangan metode ini yaitu banyak memakan waktu, memerlukan tempat yang luas dan anak yang tidak ikut bermain drama menjadi kurang kreatif.
6. Metode demonstrasi
Metode demonstrasi adalah cara penyajian pelajaran dengan meragakan atau memperttunjukan kepada siswa suatu proses , situasi, atau benda tertentu yang dipelajari, baik sebenarnya ataupuun tiruan yang sering disertai denggan penjelasan lisan.
Adapun kelebihan menggunakan metode demonstrasi adalah :
- Proses pengajaran lebih menarik
- Siswa lebih mudah memahami apa yang dipelajari
- Dapat membuat pengajaran lebih jelas dan konkret.
Adapun kelebihan menggunakan metode demonstrasi adalah :
- Metode ini memerlukan ketrampilan guru secara khusus, karena tanpa ditunjang dengan hal itu, pelaksanaan demonstrasi akan tidak efektif.
- Fasilitas seperti peralatan, tempat, dan biaya yang memadai tidak selalu tersedia.
7. Metode problem solving
Langkah – langkah metode ploblem solving :
a. Adanya masalah yang jelas untuk dipecahkan
b. Mencari data atau keterangan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah tersebut.
c. Menetapkan jawaban sementara dari masalah tersebut
d. Menguji kebenaran jawaban sementara tersebut.
e. Menarik kesimpulan
8. Metode karya Wisata
Metode karyta wisata adalah cara mengajar yang dilaksanakan dengan mengajar siswa ke suatu tempat atau objek tertentu di luar sekolah untuk mempelajari atauu menyelidiki sesuatu seperti meeninjau pabrik,bengkel mobi,, toko serba ada, dll.
9. Metode Tanya jawab
Metode tanya jawab adalah cara penyajian pelajaran dalam benttuk pertanyaan yang harus dijawab, terutama dari guru kepada siswa, tetapi dapat pula dari siswa kepada guru.
10. Metode latihan
Metode latihan adalah suatu cara mengajar yang baik untuk menanamkan kebiasaan-kebiasaan tertentu. Digunakan sebagai sarana untuk memelihara kebiasaan-kebiasaan tertentu dan untuk memperoleh suatu ketangkasan, keetepatan, kesempatan, dan ketrampilan.
11. Metode Ceramah
Metode Ceramah adalah metode yang boleh dikatakan metode tradisional, karena sejak dulu metode ini telah dipergunakan sebagai alat komunikasi liasan antara guru ddengan siswa dalam proses belajar mengajar.
Adapun kelebihan menggunakan Metode ceramah adalah :
- Guru mudah menguasai keelas
- Mudah mengorganisasikan tempat duduk atau kelas
- Guru mudah menerangkan pellajaran dengan baik
- Dapat diikuti oleh jumlah siswa yang besar.
Adapun kekurangan menggunakan metode ceramah adalah :
- Mudah menjadi verbalisme
- Bila selalu digunakan dan terlalu lama, membosankan
- Menyebabkan siswa bersifat pasif