Rancangan Pembelajaran Model Pembelajaran Discovery Learning

Selamat datang bagi teman - teman di Materi Matematika, Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan teman teman di manapun kalian berada, tentang materi pelajaran matematika yang kami beri judul Rancangan Pembelajaran Model Pembelajaran Discovery Learning, Semoga pembahasan yang kami tulis ini dapat menjadi acuan kalian semua dalam belajar Matematika .

Hubungan antar garis limit fungsi bunga pertumbuhan dan peluruhan bilangan bulat berpangkat barisan deret bangun datar ruang sisi lengkung bola cos kombinasi contoh soal yang cocok untuk pendekatan scientific open ended tes cerdas cermat statistika counting sin tan cacah model pembelajaran jigsaw pbl cerita tentang cosinus sbmptn dimensi tiga. Namun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Rancangan Pembelajaran Model Pembelajaran Discovery Learning

lihat juga


Rancangan Pembelajaran Model Pembelajaran Discovery Learning

Model pembelajaran discovery learning merupakan salah satu model pembelajaran yang dalam pembelajarannya untuk menemukan atau hampir sama halnya dengan inkuiry.  Discovery learning adalah metode mengajar yang mengatur pengajaran sedemikian rupa sehingga anak memperoleh pengetahuan yang sebelumnya belum diketahuinya itu tidak melalui pemberitahuan, sebagian atau seluruhnya ditemukan sendiri.

Langkah - Langkah Model Pembelajaran Discovery Learning 

Materi : Persamaan dan Fungsi Kuadrat 

a. Pendahuluan 
1) Guru memberikan salam, absen dan kalimat motivasi. 

2) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Stimulation (stimulasi atau pemberian rangsangan) 

3) Guru memberikan gambaran tentang pentingnya memahami konsep persamaan kuadrat dan memberikan gambaran tentang aplikasi persamaan kuadrat dalam kehidupan sehari-hari. 

b. Kegiatan Inti 

Problem statemen (pertanyaan atau identifikasi masalah) 

1) Guru mengelompokkan peserta didik ke dalam beberapa kelompok dengan tiap kelompok terdiri atas 3-5 peserta didik. Guru meminta peserta didik mengamati masalah nyata yang ada di buku peserta didik. 


MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING


2) Guru meminta peserta didik mengamati cara menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan 3 cara, yaitu: pemfaktoran, melengkapkan kuadrat sempurna dan menggunakan rumus ABC. 

Data Collection (pengumpulan data) 

1) Dengan tanya jawab, mengarahkan peserta didik untuk menemukan konsep persamaan kuadrat dari masalah-masalah tersebut. 

2) Guru meminta peserta didik untuk mendefinisikan pengertian persamaan kuadrat berdasarkan masalah tersebut. 

3) Dengan tanya jawab, guru mengarahkan peserta didik agar memahami cara mendapatkan akar-akar persamaan kuadrat dengan 3 cara tersebut. 

Data Processing (pengolahan data) 

1) Selanjutnya, guru membuka cakrawala definisi persamaan kuadrat. 

2) Guru meminta peserta didik untuk berusaha memahami cara mendapatkan akar-akar persamaan kuadrat, serta dapat mengaplikasikan dalam masalah-masalah nyata. 

Verification (pembuktian) 

1) Tiap kelompok mendapat tugas untuk menafsirkan persamaan linier. Tugas diselesaikan berdasarkan worksheet atau lembar kerja yang dibagikan. 

2) Selama peserta didik bekerja di dalam kelompok , guru memperhatikan dan mendorong semua peserta didik untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh pekerjaannya. 

Generalization (menarik kesimpulan atau generalisasi) 

1) Salah satu kelompok diskusi diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas. Sementara kelompok lain, menanggapi dan menyempurnkan apa yang dipresentasikan. 

2) Guru mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok. 

3) Dengan tanya jawab, guru mengarahkan semua peserta didik pada kesimpulan mengenai persamaan kuadrat, berdasarkan hasil review terhadap presentasi salah satu kelompok. 

4) Guru memberikan beberapa soal yang terkait dengan persamaan kuadrat. Dengan tanya jawab, peserta didik dan guru menyelesaikan soal yang telah diberikan dengan menggunakan strategi yang tepat. 

c. Penutup 
1) Peserta didik minta menyimpulkan tentang konsep persamaan kuadrat, cara mendapatkan akar-akarnya. 

2) Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan kesimpulan untuk tetap belajar dan di akhiri dengan salam. 
Blogger
Disqus

No comments