Rangkuman Materi Cara Melukis Garis Singgung Pada Lingkaran Lengkap

Selamat datang bagi teman - teman di Materi Matematika, Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan teman teman di manapun kalian berada, tentang materi pelajaran matematika yang kami beri judul Rangkuman Materi Cara Melukis Garis Singgung Pada Lingkaran Lengkap, Semoga pembahasan yang kami tulis ini dapat menjadi acuan kalian semua dalam belajar Matematika .

Hubungan antar garis limit fungsi bunga pertumbuhan dan peluruhan bilangan bulat berpangkat barisan deret bangun datar ruang sisi lengkung bola cos kombinasi contoh soal yang cocok untuk pendekatan scientific open ended tes cerdas cermat statistika counting sin tan cacah model pembelajaran jigsaw pbl cerita tentang cosinus sbmptn dimensi tiga. Namun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Rangkuman Materi Cara Melukis Garis Singgung Pada Lingkaran Lengkap

lihat juga


Rangkuman Materi Cara Melukis Garis Singgung Pada Lingkaran Lengkap

Cara Melukis Garis Singgung Pada Lingkaran - Dalam pembahasan artikel sebelumnya telah dijelaskan materi mengenai Persamaan Garis Singgung Pada Lingkaran. Artikel kali ini akan membahas masih seputaran garis singgung lingkaran yaitu tentang cara atau langkah - langkah dalam melukis garis singgung lingkaran. Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah jangka dan penggaris. Untuk lebih jelasnya, perhatikan baik - baik penjelasan di bawah ini.

Garis Singgung Lingkaran Melalui Suatu Titik pada Lingkaran

Perhatikan baik - baik gambar di bawah ini :
Cara Melukis Garis Singgung Pada Lingkaran

Dari gambar di atas, titik O merupakan pusat lingkaran dan T merupakan titik lingkaran. Langkah - langkah untuk melukis garis singgung lingkaran T adalah sebagai berikut :

Pertama :
Hubungkan titik O dan titik T lalu perpanjang ruas garis OT tersebut.

Kedua :
Buatlah busur lingkaran dengan pusat T yang memotong garis di titik A dan B.

Ketiga :
Buatlah busur lingkaran yang berjari - jari sama dengan pusat A dan B. Kedua busur itu akan berpotongan di C dan D.

Keempat :
Hubungkan garis C dan D. Garis CD adalah garis singgung lingkaran pada titik T seperti terlihat pada gambar (b) di atas.

Melukis Garis Singgung Lingkaran Melalui Suatu Titik di Luar Lingkaran

Perhatikan baik - baik gambar di bawah ini :
Cara Melukis Garis Singgung Pada Lingkaran
Gambar di atas merupakan sebuah lingkaran yang berdiameter AB dan titik C pada lingkaran. Jika titik A, B, dan C kita hubungkan maka akan membentuk sebuah segitiga ABC. Sekarang perhatikan gambar di bawah ini :
Cara Melukis Garis Singgung Pada Lingkaran

Titik O pada gambar di atas adalah pusat lingkaran, sedangkan T merupakan titik luar dari lingkaran tersebut. Di bawah ini adalah langkah - langkah misalkan kita ingin melukis garis singgung lingkaran yang melalui titik T :
Cara Melukis Garis Singgung Pada Lingkaran
Pertama :
Hubungkan titik O dan T.

Kedua :
Buatlah busur lingkaran yang berjari - jari sama dengan pusat O dan T sehingga saling berpotongan pada titik C dan D.

Ketiga :
Hubungkan C dan D sehingga memotong OT pada titik M.

Keempat :
Buatlah lingkaran dengan pusat M dengan jari - jari OM dan MT sehingga memotong lingkaran dengan pusat O di titik A dan B.

Kelima :
Hubungkan titik T dengan A serta titik T dengan B seperti pada gambar (b) di atas.

Pada gambar di atas AT dan BT merupakan garis singgung lingkaran. Cobalah untuk mengamati garis TA dan TB, apakah kedua garis tersebut sama panjang ?
Untuk menjawabnya, perhatikan baik - baik uraian di bawah ini ;

Dengan menggunakan dalil phytagoras, besar sudut TOA = sudut TOB dan OA = OB. Sehingga akan diperoleh :

OT2 = OA2 + TA2 .... (1)
OT2 = OB2 + TB2 .... (2)

Dari kedua persamaan tersebut diperoleh :

OA2 + TA2 = OB2 + TB2 
TA2 = OB2 + TB2 - OA2
TA2 = TB2 (karena OB = OA)
TA = TB

Dari uraian tersebut disimpulkan bahwa dua garis singgung lingkaran yang ditarik dari suatu titik di luar lingkaran adalah sama panjang.

Demikianlah penjelasan materi mengenai Cara Melukis Garis Singgung Pada Lingkaran. Semoga kalian bisa memahami penjelasan mengenai langkah - langkah dalam melukis garis singgung pada lingkaran. Selamat belajar.
Blogger
Disqus

No comments