Rangkuman Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan Matematika Kelas 4 SD Lengkap

Selamat datang bagi teman - teman di Materi Matematika, Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan teman teman di manapun kalian berada, tentang materi pelajaran matematika yang kami beri judul Rangkuman Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan Matematika Kelas 4 SD Lengkap, Semoga pembahasan yang kami tulis ini dapat menjadi acuan kalian semua dalam belajar Matematika .

Hubungan antar garis limit fungsi bunga pertumbuhan dan peluruhan bilangan bulat berpangkat barisan deret bangun datar ruang sisi lengkung bola cos kombinasi contoh soal yang cocok untuk pendekatan scientific open ended tes cerdas cermat statistika counting sin tan cacah model pembelajaran jigsaw pbl cerita tentang cosinus sbmptn dimensi tiga. Namun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Rangkuman Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan Matematika Kelas 4 SD Lengkap

lihat juga


Rangkuman Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan Matematika Kelas 4 SD Lengkap

Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan - Artikel kali ini, admin akan menjelaskan maeri tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan. Materi ini merupakan salah satu materi pelajaran matematika kelas 4 SD. Di dalam bilangan pecahan, penyebutnya ada yang sama dan ada yang memiliki penyebut yang berbeda. Materi ini akan membahas kedua operasi bilangan pecahan tersebut yaitu penjumlahan pecahan (baik penjumlahan pecahan biasa maupun penjumlahan pecahan campuran) dan pengurangan pecahan (baik pengurangan pecahan biasa maupun pengurangan pecahan campuran). Untuk lebih memahami, perhatikan baik - baik penjelasan berikut ini.

Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan Matematika Kelas 4 SD

Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal

Penjumlahan Bilangan Pecahan

Penjumlahan bilangan pecahan biasa
Dalam menjumlahkan pecahan biasa yang memiliki penyebut yang sama, kalian cukup menjumlahkan angka yang ada di bagian atas atau biasa dinamakan sebagai "pembilang" sementara penyebutnya tetap.
Contoh :
Penjumlahan bilangan pecahan biasa

Sedangkan untuk menjumlahkan pecahan yang memiliki penyebut yang berbeda, maka kalian harus mengubah atau menyamakan penyebutnya terlebih dahulu, yaitu dengan cara mencari KPK dari penyebutnya.
Contoh :
Penjumlahan Bilangan Pecahan
KPK dari 5 dan 7 adalah 35, sehingga :

Penjumlahan Bilangan Pecahan

Sifat - sifat penjumlahan pada bilangan pecahan sama dengan sifat - sifat penjumlahan pada bilangan bulat, yaitu :
(a + b = b + a), (a + 0 = a) dan {(a + b ) + c = a + (b + c)}

Penjumlahan bilangan pecahan campuran
Pecahan campuran merupakan perpaduan antara bilangan asli dan bilangan campuran. Dalam melakukan penjumlahan bilangan pecahan campuran, hal yang harus dilakukan adalah menjumlahkan bagian bilangan bulat dan bagian bilangan pecahan secara terpisah dan menyamakan penyebut dengan cara mencari KPK dari penyebutnya.

Contoh :
Penjumlahan Bilangan Pecahan

Penjumlahan Bilangan Pecahan (Jumlahkan bilangan bulat dengan bilangan bulat dan samakan
                                                            penyebut dengan mencari KPK dari 3 dan 7)
                     (Jumlahkan bilangan pecahan dengan bilangan pecahan)
                    

Pengurangan Bilangan Pecahan

Pengurangan bilangan pecahan biasa
Konsep pengurangan pada bilangan pecahan biasa sama saja seperti pada penjumlahan. Jika penyebutnya sama tinggal mengurangkan angka yang ada di atasnya atau "pembilang".

Contoh :
Pengurangan Bilangan Pecahan
Secara umum dapat dituliskan :
Pengurangan Bilangan Pecahan

Untuk bilangan pecahan yang penyebutnya berbeda juga sama, terlebih dahulu harus disamakan penyebutnya dengan cara mencari KPK dari kedua bilangan penyebut.
Contoh :
Pengurangan Bilangan Pecahan
KPK dari 6 dan 5 adalah 30, sehingga :
Pengurangan Bilangan Pecahan

Pengurangan bilangan pecahan campuran
Dalam pengurangan bilangan pecahan campuran, caranya sama saja dengan penjumlahan pecahan campuran yaitu mengurangkan bagian bilangan bulat dan bagian bilangan pecahannya secara terpisah dan menyamakan penyebut dengan cara mencari KPK dari penyebutnya.

Contoh :
Pengurangan bilangan pecahan campuran

                    Pengurangan bilangan pecahan campuran

                   Pengurangan bilangan pecahan campuran
Itulah penjelasan materi mengenai Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan, semoga kalian bisa memahami penjelasan dan pembahasan contoh soal di atas sehingga bisa membantu kalian dalam menyelesaikan soal - soal tentang bilangan pecahan dengan mudah.
Blogger
Disqus

No comments