Rangkuman Materi Operasi Perkalian Bilangan Bulat Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal Lengkap

Selamat datang bagi teman - teman di Materi Matematika, Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan teman teman di manapun kalian berada, tentang materi pelajaran matematika yang kami beri judul Rangkuman Materi Operasi Perkalian Bilangan Bulat Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal Lengkap, Semoga pembahasan yang kami tulis ini dapat menjadi acuan kalian semua dalam belajar Matematika .

Hubungan antar garis limit fungsi bunga pertumbuhan dan peluruhan bilangan bulat berpangkat barisan deret bangun datar ruang sisi lengkung bola cos kombinasi contoh soal yang cocok untuk pendekatan scientific open ended tes cerdas cermat statistika counting sin tan cacah model pembelajaran jigsaw pbl cerita tentang cosinus sbmptn dimensi tiga. Namun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Rangkuman Materi Operasi Perkalian Bilangan Bulat Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal Lengkap

lihat juga


Rangkuman Materi Operasi Perkalian Bilangan Bulat Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal Lengkap

Operasi Perkalian Bilangan Bulat - Perkalian merupakan operasi penjumlahan dengan bilangan yang sama. Pernyataan tersebut akan dijabarkan dengan penjelasan contoh di bawah ini,
6 x 3 = 3 + 3 + 3 + 3 + 3 + 3 = 18
sama halnya dengan :
3 x 6 = 6 + 6 + 6 = 18

Dari contoh tersebut kita melihat bahwa hasil akhirnya adalah sama tetapi memiliki arti yang berbeda, di mana 6 x 3 artinya enam kali tiganya, sedangkan 3 x 6 artinya tiga kali enamnya. Pernyataan tersebut dapat dituliskan dengan n x a = a + a + a ... + a, artinya n merupakan banyaknya suku a.

Operasi Perkalian Bilangan Bulat

Perkalian Bilangan Bulat Positif dan Negatif

Hasil Perkalian antara bilangan bulat positif dengan bilangan bulat negatif adalah bilangan bulat negatif. Perhatikan contoh soal di bawah ini :
1. 5 x (-3) = -15
2. 8 x (-7) = -56
3. 4 x (-6) = -24
Di mana untuk setiap bilangan bulat a dan b selalu berlaku a x (-b) = -ab

Perkalian Bilangan Bulat Negatif dan Positif

Perkalian ini merupakan kebalikan dari perkalian positif dan negatif hanya berbeda pada bentuk soal sementara hasilnya sama yaitu bilangan bulat negatif. Perhatikan contoh berikut :
1. (-5) x 3 = -15
2. (-8) x 7 = -56
3. (-4) x 6 = -24
Di mana untuk setiap bilangan bulat a dan b selalu berlaku - (a x b) = -ab

Perkalian Bilangan Bulat Negatif Dengan Negatif

Hasil perkalian antara bilangan bulat negatif dengan bilangan bulat negatif adalah bilangan bulat positif. Perhatikan contoh berikut :
1. -4 x (-7) = 28
2. -6 x (-5) = 30
3. -3 x (-8) = 24
Di mana untuk setiap bilangan bulat a dan b selalu berlaku -a x (-b) => (a x b) = ab

Perkalian Bilangan Bulat Dengan Nol (0)

Untuk setiap bilangan yang dikalikan dengan nol (0), maka hasilnya adalah nol (0). Perhatikan contoh berikut :
1. 5 x 0 = 0
2. -7 x 0 = 0
3. 0 x 3 = 0

Unsur Identitas Perkalian

Setiap bilangan bulat apabila dikalikan dengan 1, maka akan menghasilkan bilangan itu sendiri. Perhatikan contoh berikut :
1. 9 x 1 = 0
2. 25 x 1 = 25
3. -18 x 1 = -18
Dalam hal ini, 1 disebut sebagai unsur identitas pada perkalian. Di mana untuk setiap bilangan bulat a selalu berlaku a x 1 = 1 x a = a.

Demikianlah pembahasan materi mengenai Operasi Perkalian Bilangan Bulat Dilengkapi Pembahasan Contoh Soal, semoga kalian bisa memahami penjelasan materi di atas dengan mudah sehingga artikel ini bisa membantu kalian dalam mengerjakan soal - soal perkalian bilangan bulat.
Blogger
Disqus

No comments