Rangkuman Materi Materi Matematika kelas 4 Bilangan Ribuan Lengkap
Selamat datang bagi teman - teman di Materi Matematika, Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan teman teman di manapun kalian berada, tentang materi pelajaran matematika yang kami beri judul Rangkuman Materi Materi Matematika kelas 4 Bilangan Ribuan Lengkap, Semoga pembahasan yang kami tulis ini dapat menjadi acuan kalian semua dalam belajar Matematika .
Hubungan antar garis limit fungsi bunga pertumbuhan dan peluruhan bilangan bulat berpangkat barisan deret bangun datar ruang sisi lengkung bola cos kombinasi contoh soal yang cocok untuk pendekatan scientific open ended tes cerdas cermat statistika counting sin tan cacah model pembelajaran jigsaw pbl cerita tentang cosinus sbmptn dimensi tiga. Namun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Rangkuman Materi Materi Matematika kelas 4 Bilangan Ribuan Lengkap
Berikut pembahasan lebih jelas mengenai bilangan ribuan :
2584 merupakan hasil penjumlahan dari 2000 + 500 + 80 + 4 sehingga bilangan tersebut dibaca "Dua Ribu Lima Ratus Delapan Puluh Empat".
Di bawah ini merupakan tabel penjelasan posisi dan nilai bilangan tersebut :
Hubungan antar garis limit fungsi bunga pertumbuhan dan peluruhan bilangan bulat berpangkat barisan deret bangun datar ruang sisi lengkung bola cos kombinasi contoh soal yang cocok untuk pendekatan scientific open ended tes cerdas cermat statistika counting sin tan cacah model pembelajaran jigsaw pbl cerita tentang cosinus sbmptn dimensi tiga. Namun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Rangkuman Materi Materi Matematika kelas 4 Bilangan Ribuan Lengkap
Rangkuman Materi Materi Matematika kelas 4 Bilangan Ribuan Lengkap
Bilangan Ribuan - Bilangan ribuan merupakan bilangan - bilangan yang terdiri dari 4 angka. Seperti nominal pada tulisan yang ada pada lembaran uang misalkan Rp. 5000 (Lima Ribu Rupiah). Bilangan 5000 tersebut termasuk ke dalam bilangan ribuan karena terdiri dari empat angka yaitu angka 5, 0, 0, dan 0. Sebelum membahas lebih jauh tentang materi ribuan terlebih dahulu kita mengingat materi yang pernah disampaikan sebelum masuk ke tingkat kelas 4, yaitu tentang bilangan satuan (terdiri dari satu angka), bilangan puluhan (terdiri dari dua angka), bilangan ratusan (terdiri dari tiga angka), dan di kelas 4 SD kalian diajarkan materi tentang ribuan (terdiri dari empat angka).Berikut pembahasan lebih jelas mengenai bilangan ribuan :
1.Mengenal Bilangan Ribuan
Bilangan ribuan merupakan bilangan yang terdiri dari empat angka dan disetiap bilangan tersebut memiliki posisi dan nilai yang berbeda -beda, contoh :2584 merupakan hasil penjumlahan dari 2000 + 500 + 80 + 4 sehingga bilangan tersebut dibaca "Dua Ribu Lima Ratus Delapan Puluh Empat".
Di bawah ini merupakan tabel penjelasan posisi dan nilai bilangan tersebut :
Angka
|
Nilai Tempat
|
Nilai Angka
|
2
|
Ribuan
|
2000
|
5
|
Ratusan
|
500
|
8
|
Puluhan
|
80
|
4
|
Satuan
|
4
|
2. Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan
Dalam membandingkan suatu bilangan, hal yang perlu kita perhatikan yaitu dengan melihat angka yang paling kiri dari bilangan yang akan kita bandingkan tersebut. Kemudian jika angka tersebut sama, bandingkan angka yang ada di sebelah kanannya begitu seterusnya sampai angka yang ada di posisi paling kanan.
Misalkan angka yang akan kita bandingkan berupa bilangan ribuan, bandingkan masing - masing angka dari kedua bilangan yang mempunyai nilai tempat sama (dimulai dari yang paling kiri).
Bandingkan angka ribuan, jika sama bandingkan angka ratusan, jika sama bandingkan angka puluhan, jika sama bandingkan angka satuan, jika keempat angka tersebut sama, maka kedua bilangan tersebut sama nilainya. Setelah dapat membandingkan bilangan, kita bisa mengurutkannya.
Contoh :
1. Urutkan bilangan - bilangan berikut dari yang terbesar dengan benar :
5.284, 7.810, 3.312, 4.843
Penyelesaian :
Dari melihat angka bilangan - bilangan di atas kita bisa membandingkan secara langsung dari angka yang terbesar yaitu angka yang terbesar pertama adalah angka 7 kemudian 5 selanjutnya 4 dan terakhir angka yang paling kecil yaitu 3
Maka urutan bilangan - bilangan tersebut dari yang terbesar adalah : 5.284 > 7.810 > 3.312 > 4.843
2. Urutkan dan bandingkan bilangan - bilangan berikut dari yang terkecil :
2.814, 3.253, 4.687, 1.543
Penyelesaian :
Kita bisa membandingkan dari yang terkecil, sehingga : 1.543 < 2.814 < 3.253 < 4.687
Jadi, urutan bilangan - bilangan tersebut dari yang terkecil yaitu : 1.543, 2.814, 3.253, 4.687
Baca Juga : Rangkuman Dan Contoh Soal Matematika SBMPTN