Penjelasan Materi Matematika SMP SUKU BANYAK

Selamat datang bagi teman - teman di Materi Matematika, Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi dengan teman teman di manapun kalian berada, tentang materi pelajaran matematika yang kami beri judul Penjelasan Materi Matematika SMP SUKU BANYAK, Semoga pembahasan yang kami tulis ini dapat menjadi acuan kalian semua dalam belajar Matematika .

Hubungan antar garis limit fungsi bunga pertumbuhan dan peluruhan bilangan bulat berpangkat barisan deret bangun datar ruang sisi lengkung bola cos kombinasi contoh soal yang cocok untuk pendekatan scientific open ended tes cerdas cermat statistika counting sin tan cacah model pembelajaran jigsaw pbl cerita tentang cosinus sbmptn dimensi tiga. Namun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah Penjelasan Materi Matematika SMP SUKU BANYAK

lihat juga


Penjelasan Materi Matematika SMP SUKU BANYAK

        Di jenjang SMP dibahas fungsi linear yang grafiknya berupa garis lurus. fungsi linear merupakan fungsi suku banyak berderajat satu. Di kelas X pada jenjang SMA/SMK, dibahas fungsi kuadrat. Fungsi kuadrat merupakan fungsi suku banyak berderajat dua. Dalam kehidupan sehari-hari, masalah yang ada tidak semua dapat diselesaikan dengan fungsi linear atau kuadrat. Ada beberapa masalah yang penyelesaiaannya memerlukan fungsi suku banyak, seperti masalah berikut.
  1. Menentukan ukuran karton. contoh soalnya: dari sebuah karton yang berbentuk persegi panjang berukuran 100 cm x 210 cm akan dibuat kotak. kotak tersebut dibentuk dengan memotong enam persegi berukuran sama. Berapa ukuran kotak agar volumenya 10.500?
  2. Roller Coaster yang pertama kali disebut Russian Montains dibangun khusus di perbukitan es Saint Petersburg pada tahun 1784. pembuatan roller coaster tidak lepas dari konsep polinom (suku banyak). bentuk kurva polinom merupakan salah satu hal yang menginspirasi bentuk lintasan roller coaster. selain itu prinsip kerjanya menggunakan persamaan polinomial dalam perhitungaannya, antara lain dalam menentukan jarak, ketinggian dan kecepatan roller coaster.
  3. Rumus kecepatan, percepatan dalam ilmu fisika pada umumnya menggunkan konsep suku banyak. Dan sebagainya
  4.     
      Pada jenjang SMA materi suku banyak terdiri dari beberapa bagian, yaitu
    1. Pengertian suku banyak
    2.Nilai suku banyak
    3. Pembagian Suku Banyak
    4. Teorema sisa
    5. Teorema faktor
    6. Penyelesaian(akar-akar) persamaan suku banyak
     
    Kesulitan yang sering dihadapi siswa dalam mempelajari materi suku banyak adalah kurang terampilnya siswa dalam melakukan pembagian bilangan bulat, memfaktorkan bentuk kuadrat, dan operasi aljabar. sehingga salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan memberikan soal latihan yang bervariasi disertai dengan pembahasannya. 
    Contoh soal dan Pembahasan menentukan koefisien dari kesamaan suku banyak, menghitung nilai suku banyak
     Untuk soal dan pembahasan yang lebih lengkap mulai dari nilai suku banyak sampai akar-akar persamaan suku banyak, yang penulis ambil dari soal ujian nasional , Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Olimpiade Kab/Kota, Provinsi. Silahkan download di sini: Kupas Tuntas Suku Banyak
    Baca juga 
Blogger
Disqus

No comments