Perkalian dan Pembagian Materi Pelajaran Matematika Kelas 2 SD

Perkalian dan Pembagian Materi Pelajaran Matematika Kelas 2 SD

Ayo Belajar
Ayo Belajar

 Matematika Perkalian bilangan Semester 2
A.Perkalian  Bilangan
 1.Arti Perkalian sebagai Penjumlahan  Berulang
Mia memiliki 4 bungkus permen .
Setiap bungkus berisi 5 permen .
Berapa jumlah permen Mia?
Permen Mia ada 5 +5+5+5=20.
Penjumlahan bilangan 5 sebanyak 4 kali dapat  ditulis 4+5= 20.
Dibaca empat kali sama dengan dua puluh
axb=b+b+b+…sebanyak a
2. Sifat perkalian
a. Sifat Pertukaran (komutatif)pada Perkalian
Contoh:
3x6=6+6+6=18
6x3=3+3+3+3+3+3=18
jadi,3x6=6x3.(komutatifa )
Pada perkalian, berlaku sifat pertukaran atau komutatif.
axb=bxa
b. Sifat perkalian dengan Bilangan1
Contoh:
7x1=7
1x10=10
Setiap bilangan yang dilakukan dengan 1, hasilnya adalah bilangan itu sendiri.   ax1=a
c. sifat perkalian dengan Bilangan Nol
contoh:     6x0=0
               0x11=0
Setiap  bilangan  yang dikalikan dengan 0,hasilnya adalah 0
ax0=0
3.Masalah  Sehari -hari yang Berkaitan dengan Perkalian
Contoh:   Igo memiliki 4 ayam .
Berapa banyak semua kaki ayamaa?
Jawab:     Ayam memiliki 2 kaki
               Banyak semua kaki  ayam Igo =4x2=8
B.Pembagian Bilangan
1.Arti pembagian sebagai Pengurangan Berulang sampai habis
Pak Guntur memiliki 15 buku agenda .
Semua buku  tulis itu akan dibagikan  kepada 3 teman-temannya .
Berapa banyak buku tulis  yang diterima  setiap teman Pak Guntur?
jawab : Setiap teman Pak Guntur mendapat 5 buku agenda
Ditulis
15:3=15-3-3-3-3-3=0
15 dikurangi 3 sebanyak5 kali , hasilnya 0.
Jadi,15:3=5
Angka 15 disebut bilangan yang dibagi
Angka 3 disebut pembagian .Angka 5 di sebut   hasil bagi
Tanda :dibaca dibagi
2.Sifat Pembagian dengan Bilangan 1
Contoh:  14:11 = 14
              25: 1 =25
Setiap bilangan  yang di bagi  dengan 1 hasilnya adalah bilangan itu sendiri .
a:1 = a
3.  pembagian sebagai Lawan perkalian
Contoh :   3 x 4 = 12 maka 12 : 3 = 4
                                           12 : 4 = 3
4. Masalah Sehari-hari yang  berkaitan dengan Pembagian
  Contoh : Riska  membeli 24 buah jeruk .jeruk itu  di masukkan  ke dalam 3
                kantong  plastik sama banyak . Berapa banyak  jeruk dalam setiap  kantong plastik ?
             Jadi, banyak jeruk dalam setiap kantong plastik adalah  8 buah .
C. Operasi  Hitung Campuran
Aturan- aturan operasi hitung campuran .
1. Penjumlahan dan pengurangan sama kuat , pengerjaan dilakukan berurutan  dari kiri.
 2. Perkalian dan pembagian  sama kuat ,pengerjaan dilakukan  berurutan   dari kiri .
3. Perkalian dan pembagian lebih kuat  daripada  penjumlahan  dan pengurangan . Operasi hitung  yang  lebih kuat  didahulukan  pengerjaannya .
Contoh :      1. 12 + 5- 7 = 17-7 =10
                   2. 3 x 6 : 2    = 18 : 2 = 9
                   3. (3 x5 ) + 17 = 15 + 17 = 32
Lengkapilah soal berikut  dengan jawaban  yang tepat .
1. a. 4 x 6 = ...+... +... +... =...
   b. 7 x 5 = ... +... +... +... +... +... +... =...
2. Nyatakan pembagian  berikut sebagai pengurangan  berulang  sampai  habis .
 a. 27 : 3 = ...                     b. 36: 9 =...
 c. 42 : 7 =  ...                    d. 54 : 9 =...
3. Tentukan hasil  perkalian  berikut .
 a.  6 x 6 = ...                       c. 5 x 8 = ...
 b. 9 x 3 = ...                        d. 7 x 9 = ...

Untuk lebih Jelasnya lihat vidio berikut ini : 

  Uji kompetensi
 A. Pilihlah salah satu  jawaban  soal berikut dengan tepat .
1.   3 x 3  = 6    Perkalian yang menunjukkan  penjumlahan  di atas  adalah ....
  a. 2 x 2
  b. 2 x 3                 c.  3 x 3
2. 6 x 5  dapat di tulis  sebagai sebagai  penjumlahan .....
 a. 5 + 5 + 5  + 5 + 5 + 5
 b. 6+ 6+ 6 + 6 + 6
 c. 6 +5 + 6 + 5 + 6
3. 5 x 7 =...
a. 30                      b. 35                          c. 40
4. Perkalian yang hasilnya  54 adalah ....
a. 7 x 7                            b. 7 x 8               c. 9 x 6
5. Operasi  hitung di  bawah  ini yang hasilnya  benar  adalah ..
a. 3 x 3 = 12                   b. 6 x 7 = 42              c. 8 x 4 = 34
6. Mila  membeli  3 dus  donat . Setiap dus berisi 6 donat . Banyak donat yang di beli Mila  adalah ....
a. 12                                 b. 18                                c. 24
7. 40 -8- 8 - 8 -8 -8 = 0
 Bentuk  pembagian  dari pengurangan  berulang di atas  adalah .....
a. 40 : 8 = 5               b. 40 : 5 = 5                          c. 40 : 6 = 6
8. 72:  9  = ....
a. 6.                               b. 7                                    c. 8
9. Pembagian yang hasilnya 6  adalah ....
a. 24 : 6                      b.28: 7                                     c. 42:  7
10 . sebuah kantong plastik  diisi  5 telur. Kantong  plastik yang  diperlakukan untuk membungkus 45  telur  adalah ....buah
a. 8                          b.9                                             c. 10
11. Linda memiliki 48  buah rambutan . Rambutan itu di masukkan  ke dalam 6 kantong plastik  sama banyak . Isi  setiap kantong plastik  ada....
a. 8                          b.9                                                 c. 10
12. Hasil pembagian di  bawah ini yang benar adalah ....
a. 27 : 3 = 8                      b. 25 : 1 = 25                             c. 30 : 5 = 5
13. 5+ 4 x 5 =....
a. 20                                        b. 22                                      c. 25
14.  15 : 3 x 6 = ....
a. 30                                             b. 32                             c. 34
15. Arfa memiliki 4 rambutan. Ayah memberinya 2 ikat rambutan . Setiap ikat berisi 9 rambutan . Rambutan  yang dimiliki Arfa  sekarang...buah
a. 18                                            b. 20                               c. 22    
Lengkapilah soal berikut dengan jawaban yang tepat.
1. 8 x 3 = ...+ ...+ ...+ ...+ ...+...+ ...+ ...= ...
2. 5 x 9 = ...+ ...+ ...+ ...+... = ...
3. 15 x 0 = ...
4. 8 x 7 = ... x 8
5. Di sebuah meja terdapat 3 piring . Setiap piring berisi 8 pisang goreng . Banyak pisang goreng
 yang ada di meja  adalah ............................
6. 16 : 4 sama artinya  dengan
    16 - ....-.....-....-= 0
7. 42 : 7 = ...................................................
8. Edo membawa 25 kelereng. Kelereng itu di masukkan  dalam  5 kantong  plastik. Banyak kelereng  dalam setiap kantong adalah ..........................................butir
9. 7 - 5 + 9 =..............................
10 . 30 : 6 x 8 =...............................................
 Jawablah soal - soal berikut  dengan singkat dan tepat.
 1. Tulislah bentuk penjumlahan  berulang dari 7 x 8
    Jawab :......................................................................
2. Tulislah bentuk  pengurangan  berulang sampai habis dari  64 : 8 .
 Jawab :........................................................................
3. Sebuah rak memiliki 6 bagian  tempat buku . Setiap bagian dapat diisi 8 buku. Berapa banyak buku  yang dapat di masukkan  dalam rak tersebut  ?
Jawab:...............................................................................
4. Pak jamal mempunyai 24 buku  . Semua buku  akan dibagikan kepada 4 anak  . Setiap  anak mendapat bagian  yang sama. Berapa jumlah buku yang diterima  setiap anak ?
 Jawab :....................................................................................
5. Di meja  ada 3 ikat rambutan . Setiap ikat terdapat 8 buah rambutan . Irma memakan 6 buah .
 Berapa  buah rambutan sisanya?
Jawab:.......................................................................................
Pilihlah  salah satu jawaban soal berikut dengan tepat.
1. 8 + 8+ 8+ 8 + 8+ 8 = 48
Bentuk perkalian dari penjumlahan berulang  di atas adalah ....
a. 8 x 6 = 48                       b. 6 x 8 = 48                               c. 7 x 8 = 48
2. 11x 1 = ...
a. 11                                   b. 10                                           c. 0
3. 9 x 9 = ....
a. 54                                    b. 64                                           c. 81
4. Operasi hitung di bawah ini yang hasilnya 28 adalah .....
a. 4 x7                                     b.  4x 6                                         c. 3 x 8
5. Operasi hitung di bawah ini yang menggunakan sifat pertukaran  adalah ....
a. 5 x 4 = 4 x 5                       b.7 x ( 4 + 2 ) =  7 x 4 + 7 x 2               c. 2 + 3 + 5 = 5 + 5
6. Ayah membawa 4 tangkai mangga. Setiap tangkai terdapat 3 mangga. Banyak mangga Ayah adalah ....
a. 12                                        b.14                                                       c. 16
7. Rara mempunyai 6 album prangko . Setiap album berisi 4 prangko .Banyak prangko  Rara  seluruhnya adalah .....
a. 24                                             b. 26                                          c. 28
8. Di kandang ada 10 sapi . Banyak kaki sapi seluruhnya adalah....
 a. 40                              b. 42                              c.45
9. Bentuk pengurangan berulang  sampai habis dari 28 : 7 adalah ....
a. 28 -7 -7 - 7 -7 = 0           b.28 - 4 - 4- 4 -4 -4 - 4- 4 = 0              c.28  - 7 - 4 - 7 - 4 -7 = 0
10. Hasil dari 27 : 3 adalah ....
a. 9.                        b. 8                         c.7
11. 64 : 8 = ....
a.6                     b.7                               c.8
12. Hasil operasi  hitung berikut yang  hasilnya  7 adalah ....
a. 48 : 6                  b.49                        c. 81 : 9
13. 6 x 5 = 30 maka  30 : 5 =....
a. 5                        b.6                            c.7
14.Asna mempunyai 24 jepit rambut . Jepit - jepit  rambut  itu ci masukkan dalam 3 kotak . Setiap kotak berisi jepit rambut  sama banyak . Banyak jepit  rambut  dalam setiap kotak adalah ....
a. 6                              b.7                          c.8
15. Sebuah mobil dapat diisi 8 orang . Jika ada 40 orang, mobil yang di perlukan  sebanyak ....buah
a. 5                         b.6                                  c.7
  Jawablah soal-soal berikut dengan singkat  dan tepat.
1. Berapakah hasil pembagian berikut ?
 a.35 : 7 = .........b.48 : 6   = ....                  c.   54 : 9 = ....        d.64 : 8 =....
Jawab:...................................................................
2.Tentukan  hasil operasi hitung berikut.
a.  6 x3 : 2 = ....            b. 8 x3 : 4 = ....      c.4x 5 + 5 = ....     d. ( 29 - 8 ) : 3 = ....
3. Apakah hasil  dari 6 x 3 sama dengan  3x 6 ?
Sifat apakah  yang berlaku pada perkalian  tersebut ?
Jawab :..................................................................
4. Ada 9 kotak pensil . Setiap kotak berisi  5 pensil. Berapa  banyak pensil seluruhnya?
Jawab ;..............................................................
5. Pak Rustam memiliki 15 kambing . Semua kambing itu  di berikan  kepada  satu  orang anaknya. Berapa  kambing yang dimiliki  anak tersebut ?
Jawab :......................................................
6. Siska membeli  36 apel . Apel -apel tersebut diletakkan dalam 6 piring .Setiap piring berisi apel  yang  sama banyak . Berapa banyak apel dalam setiap piring?
Jawab :............................................................
7. Di lemari ada 9 kemeja . Dalam setip kemeja terdapat 9 kancing baju . Berapa banyak  kancing  baju seluruhnya ?
Jawab :..................................................................
8. Ibu mempunyai  40 buah apel . Apel tersebut dibagikan kepada 8 anak . Setiap anak  mendapat bagian yang sama . Berapa banyak  apel yang di terima setiap  anak?
Jawab : ........................................................................
9. Pak johan  memiliki  5 pohon  pepaya .  Setiap  pohon berbuah 6 pepaya . Pak Johan membagikan 12 pepaya  kepada tetangga  dekatnya . Berapa pepaya sisanya ?
Jawab ;........................................................................
10 .Ibu  membeli 40 telur, 10 telur di goreng untuk lauk dan sisanya di  bagikan  kepada  6 tetangga dekatnya . Berapa  butir telur yang   di terima  masing - masing tetangga ?
Jawab:..............................................................................
Rangkuman Materi Rumus Matematika kelas 5 Lengkap

Rangkuman Materi Rumus Matematika kelas 5 Lengkap

Rumus Matematika kelas 5 - Dalam pelajaran Matematika banyak sekali bentuk bilangan pecahan, mulai dari pecahan biasa, pecahan campuran, sampai pecahan desimal. Artikel kali ini admin akan menjelaskan materi mengenai bilangan pecahan. Materi ini merupakan materi matematika ditingkat SD terutama kelas 5. Untuk lebih jelasnya, perhatikan baik - baik penjelasan di bawah ini.

Bilangan Pecahan

A. Pecahan desimal

1. Pecahan Desimal
Pecahan desimal merupakan pecahan yang penyebutnya 10, 100, 1.000, 10.000, dan seterusnya.
Contoh pecahan desimal, 0,5 ; 0,05 : 0,005.

2. Mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal dan sebaliknya
Untuk pecahan-pecahan yang penyebutnya 10, 100, 1.000, dan seterusnya, pengubahan ke bentuk pecahan desimal dapat dilakukan secara langsung. Dalam pecahan desimal, banyaknya angka di belakang koma (,) sama dengan banyaknya nol (0) pada penyebut pecahan semula.
Contoh :
5/10 atau bisa dituliskan dengan pecahan desimal 0,8 (penyebutnya 10) dibaca nol koma delapan
5/100 atau bisa dituliskan dengan pecahan desimal 0,05 (penyebutnya 100) dibaca nol koma nol lima
52/1000 atau bisa dituliskan dengan pecahan desimal 0,052 (penyebutnya 1000) dibaca nol koma nol lima dua

3. Pembulatan desimal
- Jika angka yang mengalami pembulatan kurang dari 5, maka angka tersebut dihilangkan.
Contoh :
8,3 dibulatkan menjadi 8 (angka 3 dihilangkan karena kurang dari 5)
- Jika angka yang mengalami pembulatan lebih dari 5, maka angka di depannya ditambah 1.
Contoh :
8,6 dibulatkan menjadi 9 (angka 8 ditambah 1)


B. Pecahan Biasa

=> Perkalian bilangan pecahan biasa dengan pecahan biasa
Untuk mengalikan bilangan pecahan biasa dengan pecahan biasa lainnya yaitu dengan cara mengalikan pembilang dengan pembilang kemudian penyebut dengan penyebut.
Contoh :
3 x 7 = 3 x 7 = 21
4    2    4 x 2    8

17 x 18 = 17 x 18 = 306
 8     10    8  x 10     80

=> Perkalian bilangan pecahan biasa dengan bilangan bulat
Untuk mengalikan pecahan biasa dengan bilangan bulat, cukup mengalikan pembilang dengan bilangan bulat, kemudian dibagi dengan penyebut.
Contoh :
20 x 8 = 20 x 8 = 160 = 16
10             10       10

8 x 9 = 8 x 9 = 72
7            7       7

=> Pembagian bilangan pecahan biasa
Untuk pembagian bilangan pecahan biasa dengan pecahan biasa, cara sederhana yaitu dengan membalik penyebut dan pembilang dari salah satu bilangan pecahan biasa yang ada. Kemudian kedua bilangan pecahan tersebut dikalikan.
Contoh :
2 : 6 = 2 x 4 = 8
7   4    7 x 6    42

8 : 4 = 8 x 3 = 24
5   3    5 x 4    20

C. Persen

Suatu bilangan pecahan bisa ditulis ke dalam bentuk persen. Persen artinya pecahan yang memiliki penyebut 100 atau per seratus.
Contoh :
5/100 dapat ditulis ke dalam persen menjadi 5%
50/100 dapat ditulis ke dalam persen menjadi 50%

Demikianlah penjelasan materi Matematika kelas 5, semoga kalian bisa memahami materi ini dengan mudah.
10 trik Dasar Pintar matematika

10 trik Dasar Pintar matematika

Matematika atau hitung-hitungan bisa membuat banyak orang pusing (termasuk saya). Daftar di bawah ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan umum Anda tentang trik matematika dan kecepatan Anda ketika perlu melakukan perhitungan di dalam kepala.
1. Mengalikan dengan 11
Kita semua tahu trik mengalikan sepuluh – letakkan 0 di ujung angka, tapi apakah Anda tahu bahwa ada trik yang mudah untuk mengalikan angka dua digit dengan 11? Ini dia:
Gunakan bilangan asli dan bayangkan spasi di antara dua digit (kali ini kita gunakan 52):5_2
Sekarang tambahkan dua angka tersebut dan letakkan di tengah:
5_(5+2)_2
Inilah jawabannya: 572.

Bila angka di tengah lebih dari 2 digit (contohnya 18), tambahkan angka pertama (1) dengan angka di depannya:
9_(9+9)_9
9_18_9
(9+1)_8_9
10_8_9
1089, dan jawaban ini selalu benar.
2. Menghitung Kuadrat
Bila Anda perlu menghitung kuadrat dari sebuah angka 2 digit yang berakhiran 5, Anda dapat melakukannya secara mudah. Kalikan angka pertama dengan angka itu sendiri dan ditambah 1, dan letakkan ’25’ di akhir. Itulah dia!
252 = ( 2 x (2 + 1) ) & 25
2 x 3 = 6 & 25
625
3. Mengalikan dengan 5
Banyak orang mengingat tabel perkalian 5 dengan mudah (5, 10, 15, 20…), tapi ketika Anda menemukan jumlah yang lebih besar, maka caranya makin rumit – benarkah?.
Ambil sembarang angka, kemudian dibagi 2. Bila hasilnya utuh (bukan pecahan desimal), letakkan 0 di akhir. Bila berupa pecahan desimal, hilangkan angka di belakang koma dan letakkan 5 di akhir. Sudah terbukti:
2682 x 5 = (2682 / 2) & 5 atau 0
2682 / 2 = 1341 (bilangan utuh, jadi letakkan 0)
13410
Mari coba yang lain:
5887 x 5 = 2943.5 (bilangan pecahan (hilangkan sisanya, letakkan 5)
29435
4. Mengalikan dengan 9
Yang satu ini sederhana- untuk mengalikan angka berapapun antara 1 dan 9 dengan 9, perlihatkan telapak tangan di depan Anda – tutup satu jari yang merupakan angka yang hendak dikalikan (contohnya: 9 x 3 – tutup jari ketiga Anda) – hitung jumlah jari di depan jari yang ditutup (kalau 9 x 3, maka ada 2 jari di depan), kemudian hitung jumlah di belakangnya (kalau 9 x 3, ada 7 jari di belakang) – maka jawabannya 27.
5. Mengalikan dengan 4
Ini merupakan trik yang paling sederhana yang terlihat asing bagi beberapa orang, tapi tidak bagi yang lain. Trik ini hanya mengalikan dengan dua, kemudian melakukannya lagi:
58 x 4 = ( 58 x 2 ) + ( 58 x 2 ) = ( 116 ) + ( 116 ) = 232
6. Menghitung Tip
Bila Anda perlu meninggalkan tip sebesar 15%, inilah cara mudah melakukannya. Hitung 10% (bagi jumlah tersebut dengan 10) – kemudian tambah dengan jumlah tersebut lagi, tapi dibagi dua, dan Anda akan menemukan jawabannya:
15% of $25 = ( 10% dari 25 ) + ( (10% dari 25 ) / 2)
$2.50 + $1.25 = $3.75
7. Perkalian Rumit
Kalau Anda punya jumlah besar untuk dikalikan dan salah satu angkanya genap, Anda dapat membaginya dengan mudah untuk mendapat jawabannya:
32 x 125, sama dengan:
16 x 250 sama dengan:
8 x 500 sama dengan:
4 x 1000 = 4.000
8. Membagi dengan 5
Membagi jumlah besar dengan lima sebenarnya sangat mudah, yang perlu Anda lakukan adalah mengalikannya dengan 2 dan pindahkan pecahan desimalnya:
195 / 5 ?
Tahap 1: 195 * 2 = 390
Tahap 2: Pindahkan desimalnya: 39.0 atau hanya 39
2978 / 5 ?
Tahap 1: 2978 * 2 = 5956
Tahap 2: 595.6
9. Mengurangi dari 1.000
Untuk mengurangi jumlah besar dari 1.000, Anda dapat memakai aturan dasar ini: kurangi semuanya kecuali angka terakhir dari 9, kemudian kurangi angka terakhir dari 10:
1000 – 648 ?
Tahap 1: kurangi 6 dari 9 = 3
Tahap 2: kurangi 4 dari 9 = 5
Tahap 3: kurangi 8 dari 10 = 2
Jawaban: 352
10. Aturan Perkalian Acak
Mengalikan dengan 5: Kalikan dengan 10 dan bagi dengan 2.
Mengalikan dengan 6: Kalikan dengan 3 dan kemudian kalikan dengan 2.
Mengalikan dengan 9: Kalikan dengan 10 dan kurangi dengan jumlah aslinya.
Mengalikan dengan 12: Kalikan dengan 10 dan tambahkan dengan 2 kali lipat jumlah aslinya.
Mengalikan dengan 13: Kalikan dengan 3 dan tambahkan dengan 10 kali lipat jumlah aslinya.
Mengalikan dengan 14: Kalikan dengan 7 dan kemudian kalikan dengan 2
Mengalikan dengan 15: Kalikan dengan 10 dan tambahkan dengan 5 kali lipat jumlah aslinya.
Mengalikan dengan 16: Kalikan dengan 8 dan kemudian kalikan dengan 2.
Mengalikan dengan 17: Kalikan dengan 7 dan tambahkan dengan 10 kali lipat jumlah aslinya.
Mengalikan dengan 18: Kalikan dengan 20 dan bagi dengan 2 kali lipat jumlah aslinya (beda dengan tahap pertama).
Mengalikan dengan 19: Kalikan dengan 20 dan kurangi dengan jumlah aslinya.
Mengalikan dengan 24: Kalikan dengan 8 dan kalikan dengan 3.
Mengalikan dengan 27: Kalikan dengan 30 dan kurangi 3 kali lipat jumlah aslinya (beda dengan tahap pertama).
Mengalikan dengan 45: Kalikan dengan 50 dan kurangi 5 kali lipat jumlah aslinya (beda dengan tahap pertama).
Mengalikan dengan 90: Kalikan dengan 9 (seperti di atas) dan letakkan nol di sebelah kanan.
Mengalikan dengan 98: Kalikan dengan 100 dan kurangi dengan jumlah aslinya.
Mengalikan dengan 99: Kalikan dengan 100 dan kurangi dengan jumlah aslinya.
Bonus: Persentase
Cari 7 % dari 300. Terdengar sulit?
Persen: Pertama, Anda harus paham kata “Persen”. Bagian pertama adalah PER = UNTUK SETIAP. Bagian kedua adalah SEN = 100. Seperti Century (abad) = 100 tahun. 100 SEN adalah 1 dolar… dll. Jadi PERSEN = UNTUK SETIAP 100.
Jadi, pertanyaannya ialah 7 PERSEN dari 100, jawabannya 7. (7 untuk setiap seratus (persen) dari seratus (100)).
8 % dari 100 = 8. 35.73% dari 100 = 35.73
Tapi bagaimana bisa??
Kembali ke pertanyaan 7% dari 300. 7% dari seratus pertama adalah 7. 7% dari seratus kedua juga 7, dan tentunya 7% dari seratus ketiga juga 7. Jadi 7+7+7 = 21.
Bila 8 % dari 100 adalah 8, maka 8% dari 50 adalah setengah dari 8, yaitu 4.
Bagi setiap jumlah yang masuk dalam pertanyaan 100 yang jumlahnya kurang dari 100, kemudian pindahkan titik desimalnya.
CONTOH:
8% dari 200 = 8 + 8 = 16
8% dari 250 = 8 + 8 + 4 = 20
8% dari 25 = 2.0 (pindahkan desimalnya)
15% dari 300 = 15 + 15 + 15 = 45
15% dari 350 = 15 + 15 + 15 + 7.5 = 52.5
Hal ini juga dapat digunakan untuk memutarbalikkan persen, contohnya 3% dari 100 = 100% dari 3.
35% dari 8 = 8% dari 35.
RUMUS MATEMATIKA SD KELAS 5 TRIK SUPER CEPAT

RUMUS MATEMATIKA SD KELAS 5 TRIK SUPER CEPAT

Tampaknya banyak persoalan untuk kelas 5 SD. Berikut adalah beberapa saran Paman APIQ untum membantu anak-anak belajar rumus matematika kelas 5 SD.
1. Gunakan nalar untuk menghitung FPB KPK.
Meski terdapat banyak metode menghitung FPB KPK seperti pohon faktor atau metode sisir atau metode tegak lurus dari APIQ, pemahaman nalar adalah yang terpenting.
Contoh tentukan KPK dari: 12, 30, 40
Langsung saja jawabannya dengan nalar adalah 120. Karena 120 dapat dibagi oleh 12, 30, atau pun 40. (Selesai).
2. Hitung cepat pecahan campuran.
Pisahkan bilangan bulat dengan bilangan pecahannya. (Jangan disatukan dulu).
17\dfrac{1}{2} + 12\dfrac{1}{3} = ...
17 + 12 = 29
1/2 + 1/3 = 5/6
Jadi, 29 \dfrac{5}{6}
3. Perbandingan aljabar sederhana.
Contoh:
Perbandingan banyaknya pohon jambu dan pohon mangga adalah 3 : 5. Jika pohon jambu adalah 51 pohon maka banyaknya pohon mangga adalah….
Jawab:
3a : 5a
51 : ???
85.
Betul, banyaknya pohon mangga adalah 85 pohon.
Bagaimana menurut Anda?
CARA CEPAT MENGITUNG PERKALIAN

CARA CEPAT MENGITUNG PERKALIAN


II Perkalian bersyarat
A. Metode WOW
B. Metode JODOH
C. Metode KEMBAR
D. Metode 99


I. Perkalian “SILANG” (berlaku untuk semua soal, 2 digit X 2 digit)
Contoh. 24×37
Pertama yg kita lakukan, hitung secara silang
24
37
—x
7×2= 14
4×3= 12 , lalu jumlahkan hasil ke dua angka = 26 (atas)
Lalu yg kedua, kalikan secara vertikal
2×3= 6 (depan)
4×7= 28 (belakang)
Lalu susun hasil ketiga angka diatas seperti formasi dibawah ini
Atas
Depan Belakang
26
0628
——+
888 inilah jawabannya, kenapa saya kasih angka nol didepan 6, karena ini memang aturan untuk perkalian 2 digit, jadi untuk angka 26(atas), angka 2 milik depan, dan angka 6 milik belakang. Sekarang saya coba soal yg lbh besar angkanya.
89 x 78= sama seperti atas, lakukan perkalian silang dahulu
9×7= 63
8×8= 64
lalu jumlahkan 63+64= 127 (atas)
Sekarang kalikan secara vertikal
8×7= 56 (depan)
9×8= 72 (belakang)
Untuk angka 127 diatas, 12 milik depan dan 7 milik belakang, sehingga aturannya seperti ini
127
5672
——+
6942 inilah jawabannya, gampang kan, cara ini berlaku untuk semua angka 2 digit. Dan kalau ini dilatih terus menerus, tidak menutup kemungkinan kalau ada soal seperti perkalian diatas, anda tinggal pikir di kepala lalu langsung anda bisa menjawab. Saran saya hitung silang dulu, lalu hafalkan yg “atas” setelah itu lakukan kalian vertikal lalu anda dapat “depan” dan “belakang”
Ucapkan kata depan, atas, belakang dalam pikiran anda, lalu hitung semuanya dipikiran anda, maka hasilnya dgn mudah terjawab. Kalau anda latih terus, untuk mengerjakan 5 soal parkalian diatas, jawab dengan pikiran tanpa buram dan kalkulator. Semuanya bisa dikerjakan dalam waktu bbrp menit saja. Kalau saya waktu tercepat selama ini 1 menit 35 detik untuk 5 soal, menjawab hanya berpikir seperti joe sandi di film the master:)
II. Perkalian dengan soal yang memiliki syarat.
A. Perkalian 2 digit, angka pertama dan kedua sama semua, lalu dibelakangnya kalau dijumlahkan nilainya 10, contoh
24×26, perhatikan angka 24 dan 26, depannya sama2 memiliki angka 2 dan belakangnya kalau masing2 dijumlahkan, nilainya 10 (6+4)
Kalau soalnya seperti ini berarti sudah memasuki kriteria WOW
Cara menghitungnya, tinggal angka 2 didepan ditambah 1, lalu dikalikan angka depan yg kedua. Jadi 3×2= 6
Lalu untuk belakangnya, tinggal kalikan aja dan tulis hasilnya, 6×4= 24
jadi kalau angka 6 dan 24 digabung jadi 624, ini jawabannya.
Sekarang coba lagi, 87 x 83
Jadi tinggal 9×8= 72
dan yg belakang 7×3= 21
jadi jawabannya 7221, gampang banget kan, makanya perkalian jenis ini saya katakan WOW, karena angkanya cocok semua
B. Sekarang yang depan sama, tapi yang belakang kalau dijumlah tidak 10, contoh
18 x 17 = kalau kita lihat, angka depannya sama, tapi yang belakang kalau dijumlahkan bukan 10, nah loh…. kalau ada soal seperti ini, saya sebut JODOH,kenapa, karena depqnnya sama cuma belakangnya dijumlah tidak 10, jd kalau terima soal seperti ini, langkahnya
18×1=18, kenapa dikali 1, karena angka depan 18 dan 17 adalah 1(kedua angka yg depan dua2nya harus sama), lalu
7×1= 7, begitu juga yg ini kenapa dikalikan 1, sama seperti diatas.
setelah itu jumlahkan 18+7=25 (depan)
Lalu kedua 8×7= 56 (belakang) lalu jumlahkan seperti ini
25
56
———+
306
Saya kasih contoh soal JODOH lagi
79 x 76= ingat depan sama, belakang tidak 10 berarti JODOH
79×7= 553, lalu angka kedua yg belakang dikalikan angka 7 karena sama2 tujuh
6×7 = 42
—————+
595 (depan)
Lalu yang belakang 9×6= 54 (belakang) lalu jumlahkan seperti ini
595
54
——-+
6004 inilah jawabannya. Mudah kan
Metode WOW DAN JODOH ini, kalau misalnya dihitung dengan metode “Classic” yang saya jeflaskan pertama kali diatas, hasilnya juga akan SAMA tetapi mungkin memakan waktu lebih lama sedikit.
C. Perkalian KEMBAR
24×24, perkalian kuadrat.
24
24
—-x
Kalau menemukan perkalian seperti ini, amat cepat sekali kalau cara menghitungnya seperti ini
2×4= 8, lalu kalikan 2
8×2= 16 (atas)
Kalikan secara vertikal
2×2= 4 (perkalian antar depan angka) (depan)
4×4= 16 (perkalian antar belakang) (belakang)
Jadi
16
416
————+
576 ini jawabannya
Lagi ya, 68×68=
6×8= 48, lalu dikalikan 2
48×2= 96 (atas)
Lalu 6×6= 36 (depan)
Dan yang belakang 8×8 = 64 (belakang)
Jadi kalau digabungkan dan dijumlah
96
3664
——–+
4624
D. PERKALIAN 99
Perkalian jenis ini adalah perkalian untuk angka yang mendekati 100
Contoh 93×97
Kalau melihat perkalian seperti ini, bisa juga sih pakai metode classic, tapi sedikit lebih susah karena angkanya cenderung besar. Cara yang paling mudah, seperti gini
Angka 93 itu kurangnya berapa supaya menjadi 100, jawabannya kurang 7 kan. Jadi -7
Dan 97 juga begitu, kurang 3, jadi -3, jadi kalau saya tulis seperti ini
-7 x -3
93 x 97 betul kan, lalu cara menghitungnnya
93 – 3 = 90 (depan)
7 x 3 = 21 (belakang)
Jadi digabungkan 9021
Contoh lagi
89×95
-11 x -5
89 x 95
Jadi 89-5 = 84
dan 11×5 = 55
jadi digabungkan 8455, mudah bukan?
Nah, nanti untuk selanjutnya, saya akan jelaskan untuk perkalian yg 3 digit, contoh
345 x 345
123456 x 45
5675467 x 567
3 soal diatas dapat dihitung tanpa menggunakan buram/coret2, semuanya melalui pikiran dan langsung tulis hasilnya. Caranya pun sebenarnya juga hasil dari saya kembangkan sendiri meskipun mirip2 yang 2 digit.
Dan semua tujuan hitung2an diatas, selain untuk cara cepat, saya lebih cenderung untuk mengasah otak kita, kalau anda melakukan hitungan ini setiap hari (seperti les KUMON), saya yakin, begitu anda melihat hitung2an, anda akan senang dan tidak akan menggunakan calculator, alat ini boleh digunakan sekedar untuk check saja, maka otak anda akan dibekali ilmu yang luar biasa dan akan tajam seperti silet.
Tolong saya disupport ya untuk menuliskan yg selanjutnya, karena saya lihat dulu responnya yg ini dulu, kalau sukses saya akan lanjut . Ilmu diatas, saya kutip dari Youtube, lalu ada sebagian yang saya kembangkan sendiri. Jadi kalau ada yang masih bingung tolong jangan ragu untuk tanya ke saya, saya akan bantu jawab sebisa mungkin. Terima kasih
baca juga Rangkuman Materi Matematika SMP Kelas IX
SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA  IPS UN SMA

SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA IPS UN SMA

Kelanjutan dari postingan sebelumnya. Pada kali ini saya akan berbagi soal dan pembahasan matematika IPS UN SMA . Mohon dikoreksi jika ada kekeliruan. Kritik dan saran silahkan di kolom komentar. Untuk mengunduh di tautan ini.

Klik Link di bawah ini untuk mengunduh SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA  IPS UN SMA
Soal dan Pembahasan UN Matematika IPS UN SMA 2016.

baca juga :
Contoh Soal Dan Pembahasan Persamaan Kuadrat Sederhana Matematika
Pembahasan Materi Matematika Rumus Limas Segi Tiga dan Limas Segi Empat
Materi Teori Himpunan Untuk Kalangan Umum
SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA  IPA UN SMA

SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA IPA UN SMA

SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA  IPA UN SMA

Pelaksanaan UN bagi jenjang SMA  . Perbedaan UN tahun ini dengan sebelumnya, materi yang diujikan merupakan irisan antara materi KTSP dengan K-13. Bagi yang berminat untuk mempelajari soal matematika IPA UN SMA . Bisa mengunduh di tautan ini. Soal dan Pembahasan Matematika IPA UN

baca juga
Strategi Mudah Mempelajari Rumus Matematika
Sejarah Matematika Angka Nol
Jurus Matematika Menghitung Kuadrat 40-50
Kisi-Kisi Ujian Sekolah/US Matematika SD/MI

Kisi-Kisi Ujian Sekolah/US Matematika SD/MI

Download Kisi-Kisi US SD/MI 2016- Kisi-Kisi Ujian Sekolah/US Matematika SD Adik-Adik Kelas 6, Ujian Sekolah/US SD/MI Tahun Pelajaran 2015/2016 akan Adik-Adik laksanakan pada tanggal 17 Mei 2016. Adapun US susulannya tanggal 24 Mei 2016. Soal US SD/MI mata pelajaran Matematika terdiri dari 40 soal dengan waktu pengerjaan 120 menit. Kisi-Kisi soal US Matematika SD/MI 2016 terdiri dari 2 bab yang meliputi 11 materi. dari 11 materi  terbagi menjadi 60 indikator sebagai berikut:

Kisi-Kisi Ujian Sekolah/US Matematika SD/MI Tahun 2016

A. BILANGAN

1. Operasi hitung bilangan
  • Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah (minimal tiga angka).
  • Menentukan hasil operasi perkalian dan pembagian pada bilangan cacah atau sebaliknya.
  • Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat (positif dan negatif)
  • Menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan bulat (positif dan negatif)
  • Menyelesaikan masalah penalaran yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat tentang energi.
2. FPB dan KPK
  • Menentukan FPB atau KPK dari tiga bilangan dua angka dalam bentuk faktorisasi.
  • Menentukan FPB atau KPK dari tiga bilangan dua angka.
  • Menyelesaikan masalah penalaran yang berkaitan dengan FPB atau KPK.
3. Pangkat dan akar bilangan
  • Menghitung operasi bilangan suatu bilangan pangkat
  • Menentukan perhitungan bilangan perpangkatan tiga
  • Menghitung operasi bilangan suatu bilangan akar
  • Menentukan hasil akar pangkat tiga.
4. Pecahan
  • Menyederhanakan pecahan
  • Mengurutkan berbagai bentuk pecahan
  • Menentukan hasil operasi penjumlahan atau pengurangan bilangan pecahan
  • Menentukan hasil operasi perkalian atau pembagian bilangan pecahan
  • Menyelesaikan masalah penalaran yang melibatkan operasi hitung bilangan pecahan
  • Mengubah pecahan menjadi bentuk persen atau desimal atau sebaliknya
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berbagai bentuk pecahan.
  • Menyelesaikan masalah tentang perbandingan senilai yang bertema makhluk hidup.
  • Menyelesaikan soal tentang skala yang berkaitan dengan tema makhluk hidup.
B. GEOMETRI DAN PENGUKURAN

5. Satuan ukuran
  • Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan panjang yang berbeda.
  • Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan berat yang berbeda.
  • Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan waktu yang berbeda.
  • Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan kuantitas yang berbeda.
  • Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan luas yang berbeda.
  • Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan volume yang berbeda.
  • Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan jarak, waktu, dan kecepatan.
  • Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan debit.
6. Sifat dan unsur bangun datar (segitiga, segiempat, lingkaran)
  • Menentukan bangun datar berdasarkan sifatnya.
  • Menentukan kesebangunan pada bangun datar.
  • Menentukan keliling segiempat
  • Menentukan keliling lingkaran
  • Menentukan luas segitiga atau segiempat
  • Menentukan luas lingkaran.
  • Menentukan luas bagian lingkaran (setengah, seperempat atau tigaperempat)
  • Menentukan luas atau keliling gabungan dua bangun datar
  • Menyelesaikan masalah penalaran yang berkaitan dengan bangun datar
7. Sifat dan unsur bangun ruang (kubus, balok, tabung)
  • Menentukan bangun ruang berdasarkan sifatnya.
  • Menentukan luas permukaan kubus atau balok.
  • Menentukan volume tabung.
  • Menentukan jaring-jaring dari salah satu bangun ruang.
  • Menentukan volume gabungan dua bangun ruang.
  • Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan bangun ruang.
8. Bidang dan letak Koordinat
  • Menentukan letak titik koodinat
  • Menentukan salah satu koordinat bangun datar yang belum diketahui.
9. Simetri dan pencerminan
  • Menentukan banyaknya sumbu simetri pada salah satu bangun datar.
  • Menentukan hasil pencerminan bangun datar
10. Mengumpulkan dan mengolah data
  • Menyajikan data dalam bentuk tabel.
  • Membaca data dalam bentuk tabel atau data acak/random
11. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data
  • Menentukan diagram batang dari data yang disajikan dalam bentuk tabel.
  • Menentukan diagram lingkaran dari data yang disajikan dalam bentuk tabel.
  • Membaca data yang disajikan dalam bentuk diagram batang.
  • Membaca data yang disajikan dalam bentuk diagram lingkaran
  • Menentukan rata-rata hitung dari data yang disajikan dalam bentuk diagram, tabel, atau data acak
  • Menentukan modus dari data yang disajikan dalam bentuk diagram, tabel, atau data acak.
  • Menentukan median (data tengah) dari data yang diberikan
  • Menyelesaikan masalah bertema makhluk hidup yang berkaitan dengan rata-rata.
  • Menyelesaikan masalah bertema makhluk hidup yang berkaitan dengan modus.
  • Menafsirkan hasil pengolahan data berbentuk diagram, tabel, atau data acak yang bertema makhluk hidup.
Silakan Download Kisi-Kisi US SD/MI 2016
    Demikian tentang Kisi-Kisi Ujian Sekolah/US Matematika SD/MI Semangat belajar, semoga sukses.
    baca juga Matematika SMP Pembagian Bentuk Aljabar
    Menyelesaikan Soal yang Berkaitan dengan Operasi Hitung Konversi Satuan Berat yang Berbeda

    Menyelesaikan Soal yang Berkaitan dengan Operasi Hitung Konversi Satuan Berat yang Berbeda

    Cara dan Contoh Soal Cerita tentang Menyelesaikan Soal yang Berkaitan dengan Operasi Hitung Konversi Satuan Ukuran Berat yang Berbeda- Bagaimana menghitung operasi hitung konversi satuan ukuran berat yang pokok dalam matematika mulai kilogram (kg), hektogram (hg), dekagram (dag), gram (g), desigram (dg), sentigram (cg) dan mili gram (mg) ?, bagaimana juga cara menyelesaikan soal yang berkaitan dengan satuan ukuran berat lainnya seperti kuintal, ton, pon, dan ons?.

    Cara Menyelesaikan Soal yang Berkaitan dengan Operasi Hitung Konversi Satuan Berat yang Berbeda

    Untuk menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan berat yang berbeda, maka kita harus ingat tentang konversi satuan ukuran berat dan/atau kesetaraan antarsatuan ukuran berat.

    Tangga Konversi Satuan Ukuran Berat 

    Menyelesaikan Soal yang Berkaitan dengan Operasi Hitung Konversi Satuan Berat yang Berbeda


    I. Cara mengubah antarsatuan ukuran berat yang berbeda dari level atas ke bawah

    Urutan satuan ukuran berat dari level atas ke bawah = kg - hg - dag - g - dg - cg - mg 
    Kesetaraan antarsatuan ukuran berat:
    1 kg = 10 hg = 100 dag = 1.000 g = 10.000 dg = 100.000 cg = 1.000.000  mg
    1 hg = 10 dag = 100 g= 1.000 dg= 10.000 cg = 100.000 mg
    1 dag = 10 g = 100  dg = 1.000 cg = 10.000 mg
    1 g = 10 dg = 100 cg = 1.000 mg
    1 dg = 10 cg = 100 mg
    1 cg = 10 mg
    A. Jika turun satu level maka dikalikan 10

    Contoh soal dan jawabannya:

    1. Konversi kilogram (kg) ke hektogram (hg)
    Bagaimana cara mengubah kilogram menjadi hektogram?

    Perhatikan contoh di bawah ini:
    • 1 kg = ... hg
    • Dari kg ke hg turun 1 level ( 1 x 10 = 10), jadi 1 kg = 10 hg
    • 2 kg = ... hg ( 2 x 10= 20 ), jadi 2 kg = 20 hg
    2. Konversi satuan hektogram ke dekagram 
    Berikut ini contoh soal dan cara mengubah satuan hektogram menjadi dekagram
    • 1 hg = ...dag
    • Dari hg ke dag turun 1 tingkatan ( 1 x 10 = 10 ), jadi 1 hg = 10 dag
    3. Konversi dekagram ke gram 
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan dekagram menjadi gram:
    • 3 dag = ... g
    • Dari dag ke g turun satu level( 3x 10 = 30 ), jadi 3 dag = 30 g
    4.  Konversi gram ke desigram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan gram menjadi desigram:
    • 4 g = ... dg
    • Dari g ke dg turun 1 level ( 4 x 10 = 40 ), jadi 4 g = 40 dg
    5. Konversi desigram ke sentigram
    Contoh soal dan jawaban yang berkaitan dengan operasi hitung mengubah satuan desigram menjadi sentigram:
    • 5 dg = ...cg
    • Dari dg ke cg turun 1 level ( 5 x 10 = 50 ), jadi 5 dg = 50 cg
    6. Konversi sentigram ke miligram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan desigram menjadi sentigram:
    • 6 cg = ...mg
    • Dari cg ke mg turun satu level ( 6 x 10 = 60 ), jadi 6 cg = 60 mg

    B. Jika turun dua level/tingkatan dikalikan 100

    Contoh soal dan jawaban:

    1. Konversi kilogram ke dekagram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan kilogram menjadi dekagram:
    • 1 kg = ... dag
    • Dari kg ke dag turun 2 level ( 1 x 100 = 100), jadi 1 kg = 100 dag
    2. Konversi hektogram ke gram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan hektogram menjadi gram:
    • 2 hg = ...g
    • Dari hg ke g turun 2 tingkatan ( 2 x 100 = 200 ), jadi 2 hg = 100 g
    3. Konversi dekagram ke desigram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan dekagram menjadi desigram:
    • 3 dag = ... dg
    • Dari dag ke dg turun 2 level ( 3x 100 = 300 ), jadi 3 dag = 300 dg
    4. Konversi gram ke sentigram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan gram menjadi sentigram:
    • 4 g = ... cg
    • Dari g ke cg turun 2 level ( 4 x 100 = 400 ), jadi 4 g = 400 cg
    5. Konversi desigram ke miligram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan desigram menjadi miligram:
    • 5 dg = ...mg
    • Dari dg ke mg turun 2 level ( 5 x 100= 500 ), jadi 5 dg = 500 mg

    C. Jika turun 3 level/tingkatan dikalikan 1.000 ( seribu )

    Contoh soal dan jawaban :

    1. Konversi kilogram ke gram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan kilogram menjadi gram:
    • 1 kg = ... g
    • Dari kg ke g turun 3 level ( 1 x 1.000 = 1.000), jadi 1 kg = 1.000 g
    • 2 hg = ... dg
    • Dari hg ke dg turun 3 level  ( 2 x 1.000 = 2.000 ), jadi 2 hg = 1.000 dg
    2. Konversi dekagram ke sentigram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan dekagram menjadi sentigram:
    • 3 dag = ... cg
    • Dari dag ke cg turun 2 level ( 3 x 1.000 = 3.000 ), jadi 3 dag = 3.000 cg
    3. Konversi gram ke miligram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan gram (g) menjadi miligram (mg):4 g = ... mg
    Dari g ke mg turun 2 level ( 4 x 1.000 = 4.000 ), jadi 4 g = 4.000 mg


    D. Jika turun 4 level dikalikan 10.000 ( sepuluh ribu )

    Contoh soal dan jawabannya:

    1. Konversi kilogram ke desigram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan kilogram (kg) menjadi desigram (dg):
    • 1 kg = ... dg
    • Dari kg ke dg turun 4 level ( 1 x 10.000 = 10.000), jadi 1 kg = 10.000 dg

    2. Konversi hektogram ke sentigram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan hektogram (hg) menjadi sentigram (cg):
    • 7 hg = ... cg
    • Dari hg ke cg turun 4 level  ( 7 x 10.000 = 70.000 ), jadi 7 hg = 70.000 cg
    3. Konversi dekagram ke miligram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan dekagram (dag) menjadi miligram (mg):
    • 8 dag = ... mg
    • Dari dag ke mg turun 4 level ( 8 x 10.000 = 80.000 ), jadi 8 dag = 80.000 mg

    E. Jika turun 5 level dikalikan 100.000 ( seratus ribu )

    Contoh soal dan jawabannya:
    1. Konversi kilogram ke sentigram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan kilogram (kg) menjadi sentigram (cg):
    • 1 kg = ... cg
    • Dari kg ke cg turun 5 level ( 1 x 100.000 = 100.000), jadi 1 kg = 100.000 cg
    2. Konversi hektogram ke miligram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan hektogram (hg) menjadi miligram (mg):
    • 9 hg = ... mg
    • Dari hg ke mg turun 5 level  ( 9 x 100.000 = 900.000 ), jadi 9 hg = 900.000 mg

    F. Jika turun 6 level dikalikan 1.000.000 ( satu juta )

    Contoh soal dan jawabannya:

    Konversi kilogram ke miligram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan kilogram (kg) menjadi miligram (mg):
    • 1 kg = ... mg
    • Dari kg ke mg turun 6 level ( 1 x 1.000.000 = 1.000.000), jadi 1 kg = 1.000.000 mg
    • 6 kg = ... mg ( 6 x 1.000.000 = 6.000.000 ), jadi 6 kg = 6.000.000 mg


    II. Cara mengubah antarsatuan ukuran berat yang berbeda dari level atas ke bawah

    Urutan satuan ukuran berat dari level bawah ke atas = mg - cg - dg - g - dag - hg - kg
    Kesetaraan antar satuan ukuran berat:

    1 mg = 0,1 cg = 0, 01 dg = 0,001 g = 0,0001 dag =  0,00001 hg = 0,000001 kg
    1 cg = 0,1 dg = 0,01 g= 0,001 dag= 0,0001 hg = 0,00001 kg
    1 dg = 0,1 g = 0,01 dag = 0,001 hg = 0,0001 kg
    1 g = 0,1 dag = 0,01 hg = 0,001 kg
    1 dag = 0,1 hg = 0,01 kg
    1 hg = 0,1 kg
    A. Jika naik satu level maka dibagi 10

    Contoh soal dan jawabannya:

    1. Konversi miligram ke sentigram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan miligram (mg) menjadi sentigram (cg):
    • 10 mg = ... cg
    • Dari mg ke cg naik1 level ( 10 : 10 = 1 ), jadi 10 mg = 1 cg
    • 20 mg = ... cg ( 20 : 10 = 2 ), jadi 2 mg = 2 cg
    2. Konversi sentigram ke desigram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan sentigram (cg) menjadi desigram (dg):
    • 30 cg = ...dg
    • Dari cg ke dg naik 1 level  ( 30 :  10 = 3 ), jadi 30 cg = 3 dg
    3. Konversi desigram ke gram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan desigram (dg) menjadi gram (g):
    • 40 dg = ... g
    • Dari dg ke g naik 1 level ( 40 : 10 = 4 ), jadi 40 dg = 4 g
    4. Konversi gram ke dekagram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan gram (g) menjadi dekagram (dag):
    • 50 g = ... dag
    • Dari g ke dag naik 1 level ( 50 : 10 = 5 ), jadi 50 g = 5 dag
    5. Konversi dekagram ke hektogram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan dekagram (dag) menjadi hektogram (hg):
    • 60 dag = ... hg
    • Dari dag ke hg naik 1 level ( 60 : 10 = 6 ), jadi 60 dag = 6 hg
    6. Konversi hektogram ke kilogram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan hektogram (hg) menjadi kilogram (kg):
    • 70 hg = ... kg
    • Dari hg ke kg naik 1 level ( 70 : 10 = 7 ), jadi 70 hg = 7 kg

    B. Jika naik dua level maka dibagi 100

    Contoh soal dan jawabannya:

    1. Konversi miligram ke desigram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan miligram (mg) menjadi desigram (dg):
    • 100 mg = ... dg
    • Dari mg ke dg naik 2 level ( 100 : 100 = 1 ), jadi 100 mg = 1 dg
    • 200 mg = ... dg ( 200 : 100 = 2 ), jadi 200 mg = 2 dg
    2. Konversi sentigram ke gram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan sentigram (cg) menjadi gram (g):
    • 300 cg = ...g
    • Dari cg ke g naik 2 level  ( 300 :  100 = 3 ), jadi 300 cg = 3 g
    3. Konversi desigram ke dekagram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan desigram (dg) menjadi dekagram (dag):
    • 400 dg = ... dag
    • Dari dg ke dag naik 2 level ( 400 : 100 = 4 ), jadi 400 dg = 4 dag
    4. Konversi gram ke hektogram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan gram (g) menjadi hektogram (hg):
    • 500 g = ... hg
    • Dari g ke hg naik 2 level ( 500 : 100 = 5 ), jadi 500 g = 5 hg
    5. Konversi dekagram ke kilogram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan dekagram (dag) menjadi kilogram (kg):
    • 600 dag = ... kg
    • Dari dag ke kg naik 2 level ( 600 : 100 = 6 ), jadi 600 dag = 6 kg

    C. Jika naik tiga level maka dibagi 1.000 ( seribu )

    Contoh soal dan jawabannya:

    1. Konversi miligram ke gram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan miligram (mg) menjadi gram (g):
    • 1.000 mg = ... g
    • Dari mg ke g naik 3 level ( 1.000 : 1.000 = 1 ), jadi 1.000 mg = 1 g
    • 2.000 mg = ... g ( 2.000 : 1.000 = 2 ), jadi 2.000 mg = 2 g
    2. Konversi sentigram ke dekagram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan sentigram (cg) menjadi dekagram (dag):
    • 3.000 cg = ...dag
    • Dari cg ke dag naik 3 level  ( 3.000 :  1.000 = 3 ), jadi 3.000 cg = 3 dag
    3. Konversi desigram ke hektogram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan desigram (dg) menjadi hektoram (hg):
    • 4.000 dg = ... hg
    • Dari dg ke hg naik 3 level ( 4.000 : 1.000 = 4 ), jadi 4.000 dg = 4 hg
    4. Konversi gram ke kilogram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan gram (g) menjadi kilogram (kg):
    • 5.000 g = ... kg
    • Dari g ke kg naik 3 level ( 5.000 : 1.000 = 5 ), jadi 5.000 g = 5 kg

    D. Jika naik empat level maka dibagi 10.000 ( sepuluh ribu )

    Contoh soal dan jawabannya:

    1. Konversi miligram ke dekagram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan miligram (mg) menjadi dekagram (dag):
    • 10.000 mg = ... dag
    • Dari mg ke dag naik 4 level ( 10.000 : 10.000 = 1 ), jadi 10.000 mg = 1 dag
    • 20.000 mg = ... dag ( 20.000 : 10.000 = 2 ), jadi 20.000 mg = 2 dag
    2. Konversi sentigram ke hektogram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan sentigram (cg) menjadi hektogram (hg):
    • 30.000 cg = ...hg
    • Dari cg ke hg naik 4 level  ( 30.000 :  10.000 = 3 ), jadi 30.000 cg = 3 hg
    3. Konversi desigram ke kilogram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan desigram (dg) menjadi kilogram (kg):
    • 40.000 dg = ... kg
    • Dari dg ke kg naik 4 level ( 40.000 : 10.000 = 4 ), jadi 40.000 dg = 4 kg

    E. Jika naik lima level maka dibagi 100.000 ( seratus ribu )

    Contoh soal dan jawabannya:

    1. Konversi miligram ke hektogram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan miligram (mg) menjadi hektogram (hg):
    • 100.000 mg = ... hg
    • Dari mg ke hg naik 5 level ( 100.000 : 100.000 = 1 ), jadi 100.000 mg = 1 hg
    • 200.000 mg = ... hg ( 200.000 : 100.000 = 2 ), jadi 200.000 mg = 2 hg
    2. Konversi sentigram ke kilogram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan sentigram (cg) menjadi kilogram (kg):
    • 300.000 cg = ...kg
    • Dari cg ke kg naik 5 level  ( 300.000 :  100.000 = 3 ), jadi 300.000 cg = 3 kg

    F. Jika naik enam level maka dibagi 1.000.000 ( sejuta )

    Contoh soal dan jawabannya:

    Konversi miligram ke kilogram
    Contoh soal dan jawaban tentang operasi hitung mengubah satuan miligram (mg) menjadi kilogram (kg):
    • 1.000.000 mg = ... kg
    • Dari mg ke kg naik 6 level ( 1.000.000 : 1.000.000 = 1 ), jadi 1.000.000 mg = 1 kg
    • 2.000.000 mg = ... kg ( 2.000.000 : 1.000.000 = 2 ), jadi 2.000.000 mg = 2 kg


    III. Satuan Ukuran Berat Lainnya
    Kesetaraan antarsatuan berat lainnya

    1 kuintal = 100 kg = 100.000 gram
    1 ton = 10 kuintal = 1.000 gram
    1 pon = 0, 5 kg = 5 hg = 5 ons = 500 gram
    1 ons = 1 hg = 0,1 kg = 100 gram
    1 kg = 10 hg = 10 ons = 2 pon
    Cara dan Contoh Soal Cerita dan Jawabannya tentang Menyelesaikan Soal yang Berkaitan dengan Operasi Hitung Konversi Satuan Berat yang Berbeda

    1. Bu Sari membeli 10 kuintal terigu, 5 ton gula pasir dan 450 kg mentega. Berat seluruh barang yang dibeli oleh bu Sari adalah ....
     a. 1.050 kg
     b. 1.950 kg
     c. 5.550 kg
     d. 6.450 kg

    Langkah-langkah penyelesaian:
    Karena semua item/opsi pilihan gandanya semua menggunakan satuan kilogram, maka konversikan satuan kuintal dan ton menjadi satuan kilogram.
    • 10 kuintal = 10 x 100 kg = 1.000 kg
    • 5 ton = 5 x 10 kuintal ( 50 kuintal ) = 50 x 100 kg = 5.000 kg
    • 450 kg
    Jadi, berat barang yang dibeli bu Sari adalah 1.000 kg + 5.000 kg + 450 kg = 6.450 kg

    Jawaban yang benar adalah yang D.

    2. Bu Reva membeli 2 kg bawang merah, 5 ons bawang putih, dan 50 gr kentang. Berat seluruh barang bu Reva adalah ....
    a. 2.550 gr
    b. 2.100 gr
    c. 750 gr
    d. 300 gr

    Pembahasan:
    • 2 kg = 2 x 1.000 gram = 2.000 gr
    • 5 ons = 5 hg = 5 x 100 gram = 500 gr
    • 50 gr
    Jadi, berat seluruh barang bu Reva adalah 2.000 gr + 500 gr + 50 gr = 2.550 gr ( jawaban yang benar A )

    3. Di suatu gudang terdapat beras 2,4 ton, gula 240 kg, jagung 14 kuintal. Berat seluruh barang dalam gudang tersebut adalah ... kg
    a. 278
    b. 404
    c. 2.780
    d. 4.040

    Pembahasan:
    • 2,4 ton = 24 kuintal = 24 x 100 kg = 2.400 kg
    • 240 kg
    • 14 kuintal = 14 x 100 kg = 1.400 kg
    Jadi, berat seluruh barang yang ada di dalam gudang tersebut adalah 2.400 kg + 240 kg + 1.400 kg = 4.040 kg ( jawaban yang benar D )

    4. Bu Raya seorang pedagang beras. Setiap menimbang beras, ia selalu menggunakan pemberat dari besi dengan berat yang sama. Ia menimbang beras sebanyak 7 kg 5 ons. Jika ia menggunakan besi pemberat sebanyak 5 buah, maka berat tiap besi adalah ....
    a. 2,5 ons
    b. 15 ons
    c. 18 ons
    d. 2,5 kg

    Pembahasan:
    • 7kg = 70 ons
    • 5 ons
    • 70 + 5 = 75 ons = 7,5 kg
    Jadi, berat tiap besi adalah 7,5 kg : 5 = 2,5 kg ( jawaban yang benar D )

    5. Ibu berbelanja minyak goreng, beras, dan terigu. Berat minyak goreng 3 kg, beras 0,8 kuintal, dan terigu 35 ons. Berat barang belanjaan ibu seluruhnya adalah ... kg.
    a. 145
    b. 86,5
    c. 46
    d. 43

    Pembahasan:
    • 3kg
    • 0,8 kuintal = 0,8 x 100 kg = 80 kg
    • 35 ons = 35 hg = 3, 5 kg
    Jadi, berat barang belanjaan ibu adalah 3 kg + 80 kg + 3,5 kg = 86,5 kg ( jawaban yang benar B ).

    Baca juga:

    Demikian Cara, Contoh, dan Pembahasan tentang Menyelesaikan Soal yang Berkaitan dengan Operasi Hitung Konversi Satuan Berat yang Berbeda. Semoga bermanfaat.